18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com – Buah buahan telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Meskipun begitu, tidak semua jenis buah memiliki kandungan gizi yang setara. Oleh karena itu terdapat beberapa buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya. Lalu apa saja buah buahan tersebut?

gambar buah buahan tersehat
Trang Doan/Pexels

Buah Buahan Paling Menyehatkan

Berikut macam-macam buah buahan tersehat untuk dikonsumsi:

1. Buah Nanas

gambar buah buahan nanas
Anastasia Gepp/Pixabay

Diantara buah tropikal, nanas termasuk salah satu buah buahan yang kandungan gizinya paling tinggi. Diantaranya adalah vitamin C dan mangan.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan bromelain, yaitu campuran enzim yang dikenal memiliki sifat anfi inflamasi dan kemampuannya untuk mengurangi risiko kanker.

2. Buah Grapefruit

gambar buah buahan grapefruit
ExplorerBob/Pixabay

Buah grapefruit adalah salah satu buah jenis citrus yang paling sehat.

Disamping menjadi sumber vitamin dan mineral, buah ini dikenal akan kemampuannya dalam membantu menurunkan berat badan dan menurunkan resistensi insulin.

Hal tersebut didukung dengan sebuah studi yang menunjukkan bahwa buah grapefruit memiliki hasil yang signifikan dalam penrurunan level insulin dan penurunan resistensi insulin.

3. Buah Blueberry

gambar buah buahan blueberry
Couleur/Pixabay

Buah blueberry sangat kaya akan gizi. Diantara kandungan gizi tersebut adalah serat, vitamin K, vitamin C, dan juga mangan.

Dikutip dari sebuah studi, buah ini juga tinggi antioksidan yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan alzheimer.

4. Buah Alpukat

gambar buah buahan alpukat
Steve Buissinne/Pixabay

Alpukat sedikit berbeda dari kebanyakan jenis buah buahan lainnya. Hal ini karena buah ini tinggi akan lemak, namun lebih tepatnya adalah lemak sehat asam oleat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Selain lemak sehat, alpukat juga mengandung serat, kalium, dan magnesium.

5. Buah Delima

gambar buah buahan delima
Steve Buissinne/Pixabay

Delima menjadi salah satu buah buahan sehat yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Bahkan terdapat suatu penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat antioksidan buah ini tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau dan minuman anggur merah.

Selain itu, sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa delima memiliki efek anti inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko kanker.

6. Buah Apel

gambar buah buahan apel
pasja1000/Pixabay

Apel adalah satu satu jenis buah buahan yang paling populer di dunia. Disamping fakta tersebut, buah ini sangat bergizi karena tinggi akan serat, vitamin C, vitamin K, dan kalium.

Sebuah studi menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah apel dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengurangi risiko diabetes, kanker, dan alzheimer.

7. Buah Mangga

gambar buah buahan mangga
Sandeep Handa/Pixabay

Mangga memiliki kandungan vitamin C dan serat larut yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini juga tinggi akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko terkena suatu penyakit.

8. Buah Stroberi

gambar buah buahan stroberi
pasja1000/Pixabay

Buah yang tumbuh subur di dataran tinggi ini ternyata kaya akan nutrisi. Nutrisi tersebut diantaranya yaitu vitamin C, mangan, folat, dan kalium.

Dibandingkan buah buahan lainnya, stroberi memiliki indeks glikemik yang relatif rendah. Sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang berlebih jika dikonsumi.

9. Buah Cranberry

gambar buah buahan cranberry
Waldrebell/Pixabay

Siapa sangka bahwa buah ini sangat kaya akan vitamin C, mangan, vitamin E, dan vitamin K1 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Berdasarkan sebuah studi, salah satu hal keunikan dari buah cranberry dibandingkan buah lainnya adalah sari dan ekstraknya dapat membantu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

10. Buah Lemon

gambar buah buahan lemon
Steve Buissinne/Pixabay

Lemon adalah salah satu jenis buah citrus yang palinh menyehatkan karena tinggi akan vitamin C. Vitamin tersebut dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu penurunan berat badan, dan mencegah terjadinya batu ginjal.

11. Buah Durian

gambar buah buahan durian
PublicDomainPictures/Pixabay

Durian memiliki julukan “rajanya buah” karena memiliki rasa enak yang banyak digemari banyak orang.

Disamping hal tersebut, buah ini kaya akan berbagai nutrisi seperti mangan, vitamin B, folat, dan magnesium yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

12. Buah Blackberry

gambar buah buahan blackberry
S. Hermann & F. Richter/Pixabay

Buah lainnya yang sangat menyehatkan yaitu buah blackberry. Hal ini karena adanya kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya.

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dari buah blackberry dapat mengurangi peradangan (inflamasi) dan juga penuaan arteri.

13. Buah Jeruk

gambar buah buahan jeruk
S. Hermann & F. Richter/Pixabay

Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah buahan yang sangat populer di dunia. Terlepas dari fakta tersebut, buah ini merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk memperoleh vitamin C, vitamin B, dan kalium.

Buah jeruk ini sangat mirip dengan buah lemon dalam hal kandungan vitamin C dan asam sitratnya, yang dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan mencegah anemia.

14. Buah Jambu Biji

gambar buah buahan jambu biji
Suanpa/Pixabay

Buah jambu biji memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, hanya dengan mengonsumsi sekitar 28 gram dari buah ini dapat memberikan Anda 107% vitamin C dari asupan harian yang dianjurkan untuk tubuh.

Tidak hanya itu saja, buah ini juga juga kaya akan serat, folat, vitamin A, kalium, mangan, dan juga beberapa mineral lainnya.

15. Buah Pisang

gambar buah buahan pisang
Steve Buissinne/Pixabay

Buah pisang kaya akan vitamin dan mineral, terutama akan kandungan kaliumnya. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah ini memiliki kandungan karbohidrat dan mineral yang cukup tinggi, sehingga menjadikannya sebagai sumber energi yang tepat dikonsumsi sebelum berolahraga.

16. Buah Anggur

gambar buah buahan anggur
Pexels/Pixabay

Buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama pada anggur merah dan anggur ungu. Hal inilah yang membuat buah anggur menjadi salah satu buah buahan paling menyehatkan di dunia.

17. Buah Pepaya

gambar buah buahan pepaya
3centista/Pixabay

Buah pepaya tinggi akan vitamin C, vitamin A, kalium, dan folat. Buah ini juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker.

18. Buah Ceri

gambar buah buahan ceri
Couleur/Pixabay

Buah ceri kaya akan nutrisi seperti kalium, serat, dan vitamin C. Tidak hanya itu saja, buah ini juga memiliki kandungan melatonin.

Terdapat sebuah studi yang menyimpulkan bahwa kandungan melatonin pada buah ceri dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.


Hal yang perlu diperhatikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsumsi buah buahan secara teratur berperan penting untuk kesehatan tubuh, hal ini karena buah buahan menyediakan sejumlah vitamin dan mineral yang berperan penting dalam melawan berbagai serangan penyakit.

Beberapa jenis buah buahan yang disebutkan dalam artikel ini telah dipelajari secara luas. Meskipun begitu, masih terdapat banyak jenis buah lainnya yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Selain itu, pastikan bahwa buah buahan telah di cuci secara bersih sebelum Anda konsumsi agar manfaat buah buahan untuk kesehatan dapat Anda peroleh secara maksimal.

Baca juga:

sumber:
www.healthline.com/nutrition/20-healthiest-fruits#TOC_TITLE_HDR_7

Ringkasan
18 Jenis Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi - KhasiatSehat.com
Judul Artikel
18 Jenis Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho. Lalu apa saja buah buahan tersebut? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.
Penulis