8 Khasiat Buah Cranberry untuk Kesehatan

Cranberry atau kranberi memiliki rasa yang tajam dan cenderung asam, oleh karena itu buah cranberry jarang dikonsumsi secara mentah. Buah cranberry kaya akan berbagai vitamin dan senyawa menyehatkan, yang beberapa diantaranya terbukti efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan pada artikel ini akan membahas tentang berbagai manfaat cranberry untuk kesehatan beserta efek sampingnya.

Manfaat Cranberry

Nama latin untuk tanaman cranberry adalah Vaccinium macrocarpon dan merupakan salah satu buah asli dari Amerika Utara. Cranberry memiliki kapasitas antioksidan yang luar biasa yang dapat dibandingkan dengan buah-buahan seperti buah blueberry dan buah strawberry, serta sayuran seperti brokoli dan bayam.

Manfaat Cranberry

Berikut 8 manfaat cranberry bagi kesehatan :

1. Anti Peradangan

Buah cranberry telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi, yang berpotensi dapat memberikan manfaat pada kondisi seperti rematik atau rheumatoid arthritis, gangguan pencernaan dan perut, dan sistem kardiovaskular, terutama pada lapisan dinding pembuluh.

2. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Buah cranberry telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan tingkat tinggi akan antioksidan pada buah cranberry yang disebut proanthocyanidins yang dapat membantu dalam mengurangi adhesi bakteri tertentu ke dinding saluran kemih, yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi terjadinya infeksi saluran kemih (ISK).

3. Kesehatan Gigi

Fitonutrien yang terdapat pada cranberry juga dapat bermanfaat bagi kesehatan gigi, dengan mencegah bakteri menempel pada lapisan gigi. Sebagai tambahan, efek anti inflamasi dari fitonutrien ini juga dapat membantu mengurangi peradangan di dalam dan sekitar gusi, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit periodontal.

4. Membantu dalam Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa zat pencegah kanker yang ditemukan di cranberry dapat membantu dalam mencegah beberapa jenis kanker umum. Hal ini terkait dengan antioksidan dan efek anti-inflamasi pada cranberry yang dapat membantu dalam memperlambat perkembangan tumor.

5. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Menurut beberapa penelitian, ekstrak buah cranberry dapat memperbaiki banyak aspek pada fungsi kekebalan tubuh, dan dapat menurunkan frekuensi terserangnya penyakit. Hal ini dikarenakan kadar tinggi akan senyawa proanthocyanidins pada cranberry yang dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk menangkal berbagai penyakit.

6. Kesehatan Pencernaan yang Lebih Baik

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa manfaat buah cranberry dapat membantu dalam mengoptimalkan keseimbangan bakteri di seluruh saluran pencernaan, yang bertindak serupa dengan probiotik yang dapat ditemukan pada kefir atau yoghurt, yang dapat membantu Anda dalam memperoleh kesehatan pencernaan yang lebih baik.

7. Manfaat Anti Penuaan Dini

Cranberry memiliki efek terapeutik yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang tidak stabil yang disebut dengan radikal bebas, yang bertanggung jawab terhadap terjadinya penuaan. Dengan begitu cranberry dapat membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan muda.

8. Mencegah dan Membantu dalam Pengobatan Penyakit Jantung

Manfaat cranberry terhadap kesehatan kardiovaskular berasal dari kombinasi efek antioksidan dan fitonutrien anti inflamasi. Manfaat antioksidan dari cranberry dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penanda penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang tidak sehat.

Ekstrak cranberry dapat membantu dalam mencegah penyempitan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau bentuk penyakit jantung lainnya. Tidak seperti penggunaan obat-obatan tekanan darah atau jantung lainnya yang dapat menyebabkan komplikasi pada beberapa orang, cranberry hampir tidak memiliki efek samping berisiko.


Tips Memilih dan Mengkonsumsi Cranberry

Buah cranberry dapat disimpan dalam kulkas hingga dua bulan sebelum dikonsumsi dan juga dibekukan untuk digunakan saat diperlukan. Pilihlah buah cranberry yang masih terlihat segar, kencang, dan tidak berkerut. Selain dapat dinikmati saat masih segar, buah ini juga tersedia dalam bentuk cranberry kering dan kalengan.

Dalam hal mem-beli cranbery kering atau kalengan, periksalah label bahan yang digunakan dan pastikan produk tersebut menggunakan cranberry alami, dan tidak mengandung gula tambahan. Selain itu, jika Anda membeli jus cranberry, pastikan Anda memperhatikan dalam pembuatannya, karena jus buah cranberry kadangkala di jual dengan dicampur buah lain dan ditambah pemanis, yang membuatnya menjadi kurang menyehatkan.


Efek Samping Buah Cranberry

Jika cranberry dikonsumsi dalam jumlah sedang, buah cranberry maupun jus cranberry dapat dianggap aman bagi kebanyakan orang-orang. Namun, jika konsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada perut dan diare, dan juga dapat meningkatkan risiko batu ginjal pada beberapa individu.

Cranberry dapat meningkatkan risiko ekskresi urin oksalat, yang dapat mendorong pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat batu ginjal perlu berkonsultasi dengan petugas kesehatan atau dokter sebelum mulai mengkonsumsi buah cranberry untuk menghindari terjadinya efek samping ini.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah cranberry memiliki banyak manfaat, terkhususnya 8 manfaat cranberry untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jogging serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat cranberry untuk kesehatan :

www.nola.com/healthy-eating/2015/11/six_health_benefits_of_cranber.html

draxe.com/cranberries/

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-cranberry-juice.html

authoritynutrition.com/foods/cranberries/

www.medicalnewstoday.com/articles/269142.php

image by : www.whitesbog.org