19 Macam Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui

Ibu yang sudah menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kualitas ASI bagi si buah hati. Oleh karena itu, Bunda wajib memperhatikan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk memilih buah yang tepat. Lalu apa saja buah untuk ibu menyusui yang tepat untuk dikonsumsi? Berikut ulasannya.

buah untuk ibu menyusui
via zliving.com

Salah satu sumber makanan yang bergizi tinggi adalah buah-buahan. Dimana buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi seperti antioksidan, vitamin, mineral, serta serat yang sangat penting untuk tubuh. Selain itu, ada beberapa buah yang juga mengandung asam folat.

Memakan buah-buahan segar semasa menyusui si kecil merupakan hal yang sangat disarankan, karena buah-buahan bisa membantu proses menyusui, meningkatkan kualitas ASI menjadi lebih baik, sekaligus meningkatkan produksi ASI. Pada dasarnya, buah yang dibutuhkan oleh ibu menyusui setidaknya mencakup beberapa hal, seperti:

  • Buah yang memiliki banyak kalori
  • Buah dengan banyak cairan
  • Buah yang kaya akan gizi

Macam-Macam Buah untuk Ibu Menyusui

Berikut beberapa pilihan buah untuk ibu menyusui yang tepat untuk dikonsumsi:

1. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah yang paling baik untuk ibu menyusui. Hal ini dikarenakan blueberry mengandung segudang nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin K, dan mineral seperti kalsium dan kalium. Buah ini juga mengandung karbohidrat yang sehat untuk menjaga energi Anda. Selain itu, blueberry memiliki antioksidan yang membantu Anda terhindar dari radikal bebas.

Baca juga: manfaat buah blueberry

2. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis makanan untuk ibu menyusui yang baik untuk menambah tenaga. Buah yang sudah terkenal akan kandungan vitamin C-nya ini sangat baik untuk ibu menyusui, karena ibu menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin C jika dibandingkan dengan ibu hamil.

Vitamin C berfungsi dalam pembentukan tulang, gigi, dan otot yang sehat pada semua anak, termasuk bayi yang baru lahir. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui. Vitamin C ini juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, menjaga kesegaran & mempercantik kulit, serta terhindar dari anemia.

Baca juga: manfaat buah jeruk

3. Pepaya Hijau

Pepaya hijau merupakan pepaya yang belum matang sempurna. Pepaya hijau merupakan salah satu sumber galactagogue terbaik, yang mampu melancarkan produksi ASI. Enzim dalam pepaya hijau meningkatkan produksi susu dan juga memberi Anda vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Disamping hal tersebut, pepaya ini juga mengandung kalium 50% lebih banyak daripada buah jeruk, yang dibutuhkan pada masa menyusui. Cara mengonsumsinya adalah merebusnya agar tekstur buahnya yang belum sepenuhnya matang menjadi lebih lunak.

Baca juga: manfaat buah pepaya

4. Aprikot

Aprikot adalah sumber makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin A, kalsium, dan kalium yang berperan dalam pengoptimalan kebugaran dan kesehatan tubuh Anda dan bayi Anda. Aprikot mengandung fitoestrogen, yaitu zat yang kinerjanya mirip dengan fungsi estrogen dalam tubuh. Dimana fitoestrogen membantu mengatur produksi hormon susu di dalam tubuh dan bisa melancarakan produksi ASI.

Baca juga: manfaat buah aprikot

5. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki gizi lengkap bagi ibu menyusui. Kadang-kadang, ibu menyusui mengalami beberapa keluhan, salah satunya adalah mereka sering merasa lapar karena meningkatnya kebutuhan ankan menyusui dan hanya memiliki sedikit waktu untuk persiapan dan makan.

Alpukat kaya akan asam lemak yang esensial seperti asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, dan asam lemak omega 9. Anda pun bisa merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan tersebut sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh dan membantu Anda memproduksi ASI lebih banyak. Alpukat juga mengandung potasium yang lebih banyak daripada pisang.

Alpukat juga dapat menjaga kadar gula darah dan kolesterol Anda tetap terkontrol sekaligus memenuhi asupan vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, dan kalium harian Anda. Berbagai kandungan tersebut juga dapat membantu tumbuh kembang anak agar lebih optimal.

Baca juga: manfaat buah alpukat

6. Stroberi

Stroberi termasuk makanan sehat untuk ibu menyusui yang sangat baik karena mengandung zat besi yang tinggi dan berbagai nutrisi seperti vitamin C, kalsium, kalium, dan magnesium.

Baca juga: manfaat buah stroberi

7. Pisang

Pisang membantu Anda menggantikan kalori yang hilang saat menyusui si bayi. Pisang juga mengandung vitamin B6 dan asam folat yang tinggi. Vitamin B6 membantu membentuk sel darah merah bayi, memecah protein, lemak, dan karbohidrat. Nutrisi ini termasuk dibutuhkan dalam perkembangan dan fungsi otak yang optimal.

Sementara itu, asam folat membantu perkembangan otak bayi dan sumsum tulang belakang yang sehat dimana sumsum tulang belakang ini diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Pisang ini juga mengandung potasium yang mampu menjaga cairan dan elektrolit dalam tubuh agar tetap seimbang. Buah ini bebas dari lemak, kolesterol, dan sodium.

Baca juga: manfaat buah pisang

8. Blewah

Blewah mengandung vitamin C yang cukup besar dan mengandung kadar air yang tinggi, sehingga buah blewah ini bisa membantu ibu menyusui untuk menjaga keseimbangan cairan tubuhnya.

Baca juga: manfaat buah blewah

9. Sawo

Ibu menyusui membutuhkan energi untuk memberi makan si bayi dan menyusui adalah aktivitas yang melelahkan. Sawo merupakan buah yang dapat memberi ibu menyusui suatu energi tambahan yang dibutuhkan untuk merawat bayi Anda sehingga bisa mencegah mual, muntah, atau pingsan. Sawo juga kaya akan vitamin A dan C, serta membantu proses pencernaan dan mengandung antioksidan.

Baca juga: manfaat buah sawo

10. Mangga

Mangga ini kaya akan antioksidan dan vitamin K. Kandungan serat dan kalium juga membantu ibu menyusui untuk menambah gizi.

Baca juga: manfaat buah mangga

Selain berbagai buah untuk ibu menyusui yang telah disebutkan. Masih terdapat beberapa jenis buah lainnya yang dapat Anda konsumsi. Beberapa buah yang baik untuk ibu menyusui lainnya yaitu:

11. Melon

12. Grapefruit

13. Persik

14. Apel

15. Pir

16. Kiwi

17. Jambu biji

18. Kelapa

19. Kurma


Demikian artikel kesehatan mengenai macam-macam buah untuk ibu menyusui. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu macam-macam buah pengusir tikus atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
19 Buah untuk Ibu Menyusui yang Menyehatkan - KhasiatSehat.com
Judul Artikel
19 Buah untuk Ibu Menyusui yang Menyehatkan - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Bunda wajib memperhatikan nutrisi makanan yang masuk ke dalam, termasuk memilih buah yang tepat. Lalu apa saja buah untuk ibu menyusui yang ideal? Berikut ulasannya.
Penulis
Penerbit
KhasiatSehat.com
Logo Penerbit