13 Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat kaya akan berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral. Buah alpukat juga merupakan sumber yang baik dari asam lemak tak jenuh tunggal, dan memiliki kadar gula yang rendah. Secara keseluruhan, banyak khasiat buah alpukat untuk kesehatan yang bisa diperoleh, akan dijelaskan berikut ini.

13 Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Buah alpukat yang kaya akan nutrisi memliki banyak manfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah penuaan dini, mengontrol berat badan, serta untuk kesehatan mulut, hati, jantung, mata, ginjal, dan lain-lain yang akan dijelaskan pada berikut ini.

1. Kaya akan Nutrisi

Alpukat merupakan buah-buahan yang sarat dengan lemak sehat, serat, dan berbagai nutrisi penting termasuk vitamin dan mineral. Seperti kandungan: vitamin K, folate, vitamin C, kalium, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, magnesium, mangan, zinc, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan lain-lain.

2. Melancarkan Pencernaan

Alpukat mengandung serat larut dan serat tidak larut yang dapat membantu untuk menjaga sistem pencernaan agar berjalan lancar seperti pada manfaat pepaya . Selain itu, kedua serat tersebut merangsang lambung dan pencernaan sehingga nutrisi terserap secara efisien. Sehingga dapat mengurangi gejala dari kondisi seperti sembelit dan diare.

3. Kesehatan Mulut

Konsumsi alpukat dan daun sirih dapat membantu mencegah bau mulut, terutama yang disebabkan karena gangguan pencernaan atau sakit perut. Halitosis bisa dihilangkan dengan meningkatkan kesehatan pencernaan, dan antibakteri serta antioksidan flavonoid yang terkandung dalam alpukat juga dapat membunuh bakteri pada mulut yang dapat mengakibatkan bau mulut. Alpukat juga dapat mencegah kanker mulut.

Catatan:
Halitosis adalah bau nafas yang tidak sedap. (wikipedia)

4. Kesehatan Hati

Alpukat sangat baik untuk mengurangi kerusakan hati. Hal ini karena alpukat memiliki senyawa organik tertentu yang membantu dalam meningkatkan kesehatan hati. Kerusakan hati biasanya disebabkan karena hepatitis C. Sebuah penelitian studi terbaru menunjukkan bahwa alpukat dapat memainkan peran utama dalam melindungi hati dari berbagai kondisi.

5. Kesehatan Mata

Khasiat alpukat dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Buah alpukat mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu melindungi mata terhadap katarak, yaitu penyakit mata yang berkaitan dengan usia, dan degenerasi makula. Kondisi tersebut sering disebabkan oleh radikal bebas yang menumpuk dalam jaringan mata. Aktivitas antioksidan dari karotenoid dapat menetralisir efek radikal bebas yang berbahaya.

6. Kesehatan Jantung

Beta sitosterol yang ditemukan dalam buah alpukat dapat menjaga kadar kolesterol. Tingkat signifikan dari kalium juga membuat buah alpukat efektif dalam memerangi hipertensi. Dimana kalium merupakan vasolidator yang dapat merenggangkan ketegangan pembuluh darah dan arteri, sehingga mengurangi kemungkinan terjadi pembekuan, serangan jantung, dan stroke.

7. Kesehatan Ginjal

Alpukat berperan penting dalam memastikan bahwa kadar kalium tidak terlalu tinggi yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Kalium merupakan aspek penting dari terjaganya keseimbangan cairan melalui saluran kimia untuk sel dan organ. Keseimbangan cairan disini penting untuk fungsi ginjal.

8. Mengatasi Arthritis

Alpukat merupakan salah satu makanan terbaik untuk mengurangi peradangan pada jaringan sendi dan otot karena sifat anti inflamasinya seperti pada manfaat daun sirsak . Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi alpukat dalam jumlah yang tepat dapat mengurangi gejala dan rasa sakit yang terkait dari arthritis secara efisien.

9. Mengontrol Berat Badan

Alpukat merupakan buah-buahan yang memberikan nilai gizi yang baik untuk tubuh dan menunjang pengendalian berat badan. Temuan dari penelitian terbaru menunjukkan sejumlah efek baik dari alpukat dalam mengontrol berat badan diimbangi dengan olahraga teratur dan diet sehat.

10. Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi alpukat juga terkait dengan penuaan yang sehat. Hal ini karena buah alpukat mengandung senyawa seperti xantofil (karotenoid yang membawa atom oksigen), yang memiliki sifat antioksidan. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan xantofil dapat menurunkan tanda-tanda proses penuaan pada berbagai bagian tubuh anda.

11. Kesehatan Tulang

Buah alpukat mengandung karotenoid yang berhubungan dengan penurunan risiko cacat tulang rawan ( gejala osteoarthritis ). Asupan makanan seperti alpukat dan kedelai dapat membantu dalam perbaikan dalam kepadatan mineral tulang dan mengurangi risiko osteoarthritis.

12. Kesehatan Kulit

Buah alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu dalam menjaga kulit tetap sehat, melembabkan kulit kering, dan pecah-pecah atau rusak. Karotenoid yang terkandung dalam alpukat berhubungan dengan mengurangi peradangan yang disebabkan karena paparan matahari.

13. Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Alpukat merupakan makanan yang sangat penting bagi wanita yang sedang hamil, karena konsentrasi tinggi folat nya (juga dikenal sebagai asam folat). Vitamin B yang terkandung dalam alpukat diperlukan untuk mencegah cacat lahir seperti spina bifida, dan dokter menyarankan bagi perempuan untuk mencukupi kebutuhan asam folat sebelum dan selama kehamilan.

Vitamin K merupakan nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam alpukat yang bermanfaat bagi perempuan selama kehamilan dan masa depan bayi. Terpenuhinya kebutuhan vitamin K selama masa kehamilan dapat membantu mencegah pendarahan saat kelahiran bayi.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa alpukat memiliki banyak manfaat, terkhususnya khasiat buah alpukat untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Buah Naga Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

8 Comments