15 Buah Buahan untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan

Buah buahan untuk ibu hamil yang bila dikonsumsi maka sangat baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil itu sendiri ternyata sangat beragam. Seperti yang telah diketahui bahwa mengkonsumsi buah buahan bagi ibu hamil merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi ibu hamil. Lalu apa saja buah buahan yang baik untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

Buah Buahan untuk Ibu Hamil
Buah untuk ibu hamil via gourmetnutsanddriedfruit.com

Buah Buahan untuk Ibu Hamil

Berikut 11 pilihan buah yang baik untuk ibu hamil berserta khasiat dan manfaatnya:

1. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung asam folat yang cukup tinggi, sehingga membuatnya menjadi pilihan buah yang baik untuk ibu hamil. Disamping itu, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, dan beragam zat mineral lainnya yang penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

2. Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung asam folat, serat, vitamin C, serta dapat memenuhi kebutuhan akan cairan bagi tubuh yang dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil. Selain jeruk, buah lemon juga dapat menjadi pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil karena kaya akan vitamin C.

3. Buah Pisang

Buah pisang mengandung kalium yang cukup tinggi dan dapat menjadi sumber energi yang baik untuk ibu hamil. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C, serat, dan vitamin B6. Oleh karena itu, mengkonsumsi pisang juga dapat menjadi pilihan buah yang baik untuk ibu hamil.

4. Buah Apel

Kandungan vitamin A, serat, vitamin C, dan kalium yang terdapat dalam buah apel merupakan nutrisi yang sangat menyehatkan untuk ibu hamil. Selain itu, terdapat suatu penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi apel secara teratur pada saat kehamilan dapat menurunkan risiko asma dan alergi.

5. Buah Mangga

Buah mangga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Dimana vitamin A sangat dibutuhkan untuk menghindari gangguan dan penurunan sistem pertahanan tubuh pada bayi di kemudian hari. Selain itu, dengan mengkonsumsi satu mangkuk buah mangga juga dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C.

6. Buah Kurma

Buah buahan untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu buah kurma. Hal ini dikarenakan kurma mengandung banyak gizi. Disamping itu, buah kurma juga mengandung zat besi, vitamin B komplek, kalium, dan berbagai macam nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

7. Buah Anggur

Buah anggur merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Dimana antioksidan ini dapat berperan untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu, anggur juga dapat berfungsi sebagai sumber energi serta mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh dengan memberi asupan zat besi.

8. Buah Naga

Buah naga juga dapat menjadi pilihan buah untuk ibu hamil yang tepat. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung berbagai khasiat. Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil adalah dapat mengeluarkan dahak yang biasa dialami oleh ibu hamil.

9. Buah Pir

Buah pir mengandung asam folat dan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang telah diketahui bahwa asam folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, buah pir juga kaya akan serat yang dapat mencegah sembelit.

10. Buah Jambu Air

Seperti kandungan pada buah apel, kandungan nutrisi pada buah jambu air juga sangat beragam. Selain itu, jambu air mengandung kadar air yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya dehidrasi.

11. Buah Manggis

Buah manggis mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan vitamin C dan asam folat yang terdapat pada manggis juga cukup tinggi sehingga menjadikannya sebagai pilihan buah buahan untuk ibu hamil yang tepat.

Selain 11 buah buahan untuk ibu hamil yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil lainnya. Berikut buah yang lainnya:

12. Buah Kiwi

13. Buah Semangka

14. Buah yang Dikeringkan (Aprikot atau Buah Beri)

15. Buah Strawberry


Pertimbangan dalam Mengkonsumsi Buah Buahan untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, mengkonsumsi buah-buahan sangat menyehatkan jika dikonsumsi secara secukupnya atau tidak berlebihan. Terutama ketika mengkonsumsi buah yang mengandung alkohol. Selain itu, beberapa buah lainnya juga memiliki risiko menimbulkan efek samping jika dikonsumsi, seperti buah pepaya, buah nanas, dan buah salak. Oleh karena itu, berkonsultasi dengan dokter mengenai apa saja buah yang baik untuk ibu hamil merupakan langkah yang tepat.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah buahan memiliki banyak manfaat, terkhususnya buah buahan untuk ibu hamil yang menyehatkan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Sambiloto atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

3 Comments