8 Manfaat Sarapan Buah untuk Kesehatan

Sarapan merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu menu sarapan yang sangat baik adalah buah-buahan. Dimana di dalam buah-buahan terkandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Lalu apa saja manfaat sarapan buah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Sarapan Buah
Gambar buah buahan via happyeatingbyssj.com

Manfaat Sarapan Buah

Berikut 8 manfaat sarapan buah bagi kesehatan:

1. Mengatasi Stres

Manfaat sarapan buah yang pertama yaitu dapat membantu mengatasi stres. Hal ini karena buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat membantu menurunkan stres. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah juga apat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh stres fisik maupun mental.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Buah-buahan yang Anda konsumsi di pagi hari dapat membantu menyediakan glukosa alami untuk tubuh, yang elanjutnya dapat membantu Anda merasa bersemangat dan lebih aktif. Oleh karena itu, jenis buah-buahan yang mengandung gula dan serat alami dapat memperbaiki suasana hati atau meningkatkan mood Anda.

3. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Khasiat sarapan buah yang selanjutnya adalah adanya kandungan enzim yang sangat baik untuk kesehatan. Enzim ini dapat membantu meningkatkan beberapa fungsi dalam tubuh, yang juga dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, senyawa ini juga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi agar lebih optimal.

4. Detoksifikasi

Selain dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, sarapan buah juga sangat baik untuk detoksifikasi. Hal ini dikarenakan buah merupakan salah satu makanan yang dapat berfungsi sebagai pembersih tubuh. Oleh karena itu, makan buah di pagi hari dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

5. Sebagai Sumber Energi

Beberapa jenis buah-buahan sangat baik dalam menyediakan energi untuk tubuh. Beberapa jenis buah tersebut seperti buah apel, buah jeruk, buah pisang, buah beri, dan buah melon merupakan pilihan terbaik untuk sarapan sehat Anda karena mereka memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Anda juga dapat menikmatinya bersama oatmeal.

6. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Mengonsumsi buah di waktu pagi hari merupakan salah satu hal penting untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Beberapa jenis buah-buahan yang kaya akan air seperti buah jeruk dan buah semangka merupakan pilihan yang tepat untuk membantu tubuh Anda terhindari dari dehidrasi.

7. Mencegah Obesitas

Buah-buahan dapat membantu Anda dalam menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan, terkhususnya makanan manis. Sehingga hal ini dapat membantu Anda terhindar dari keinginan untuk makan ataupun ngemil secara berlebihan yang dapat membuat Anda terkena obesitas.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Terkait dengan mencegah obesitas, sarapan dengan buah merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang cukup tepat. Hal ini karena beberapa jenis buah hanya mengandung sedikit kalori tetapi kaya akan serat, yang selanjutnya dapat membantu menurunkan berat badan atau diet Anda karena dapat menekan keinginan makan berlebih.


BUAH UNTUK SARAPAN YANG PALING BAIK

Berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang dapat Anda konsumsi saat makan pagi:


BUAH YANG SEBAIKNYA DIHINDARI SAAT SARAPAN

Berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan pagi:

Buah salak mengandung tanin yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan iritasi lambung, mual, muntah, dan masalah pada hati. Oleh karena itu Anda perlu menghindarinya jika memiliki ulkus lambung.

Buah persik mengandung sorbitol yang sulit dicerna sehingga dapat mengakibatkan produksi gas. Oleh karena itu jika Anda mengonsumsinya pada pagi hari, dapat menyebabkan Anda kembung.

Sama seperti buah persik, buah apel juga dapat menimbulkan perut kembung. Kandungan fruktosa dan tinggi serat menjadikannya sulit dicerna, sehingga harus difermentasi pada usus besar, yang selanjutnya menimbulkan gas dan perut kembung.

Buah mangga memiliki kandungan fruktosa yang lebih besar daripada glukosa. Ketidakseimbangan ini membuat buah ini sulit diserap oleh tubuh. Hal ini kemudian menimbulkan gas dan perut kembung yang tidak bisa dihindari.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat sarapan buah untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Plum Merah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: