10 Khasiat Jus Apel Untuk Kesehatan dan Nilai Gizinya

Apel adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Ada berbagai cara untuk mengkonsumsi apel, yaitu dapat dimakan mentah atau ditambahkan kedalam salad buah maupun dibuat menjadi jus apel. Beberapa khasiat apel yaitu meningkatkan kesehatan jantung, mencegah asma, mengurangi kolesterol, dan lain lain yang akan dibahas di bawah ini.

10 Manfaat dan Khasiat Apel Untuk Kesehatan dan Nilai Gizinya

Khasiat Apel Untuk Kesehatan

Beberapa studi penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa apel mungkin menjadi salah satu makanan paling sehat yang cocok untuk diet harian. Berikut khasiat apel untuk kesehatan yang dapat diperoleh jika dikonsumsi:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Apel adalah salah satu sumber antioksidan ( polifenol dan flavonoid ) yang memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, apel dan manfaat tomat menyediakan kalium, yaitu mineral penting yang juga baik untuk jantung. Jadi, dengan meminum satu porsi jus apel setiap hari dapat membuat jantung untuk berfungsi dengan lebih baik.

2. Mencegah Asma

Apel mengandung flavonoid, dimana flavonoid merupakan nutrisi penting yang terkenal untuk mencegah serangan asma. Selain itu, flavonoid memainkan peran penting dalam membuat paru-paru lebih sehat. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian terbaru bahwa seseorang yang mengkonsumsi jus apel secara teratur memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada yang tidak mengkonsumsi apel.

3. Membersihkan Hati

Alkalinitas dalam apel membantu dalam membersihkan racun yang dapat merusak hati, selain untuk menjaga tingkat pH tubuh. Pektin, yang terkandung dalam kulit apel juda baik untuk meningkatkan sistem pencernaan.

Catatan:
Alkalinitas adalah kapasitas air untuk menetralkan tambahan asam tanpa penurunan nilai pH larutan. (wikipedia)

4. Mengurangi Kolesterol

Seiring dengan beberapa khasiat apel lainnya, apel juga dapat menurunkan kadar kolesterol seperti pada manfaat daun salam. Kadar kolesterol berlebih dalam tubuh merupakan penyebab utama di balik berbagai penyakit kardiovaskular. Dengan demikian, dengan mengkonsumsi apel atau jus setiap hari dapat melindungi diri terhadap penyakit yang disebabkan karena kolesterol.

Catatan:
Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. (wikipedia)

5. Membuat Tulang Kuat & Sehat

Apel memberikan sejumlah nutrisi sehat, termasuk vitamin C, zat besi, boron, dll. Nutrisi ini memberikan manfaat untuk membuat struktur tulang Anda lebih sehat dan kuat.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan yang baik dari vitamin C dalam apel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu tubuh dalam memerangi kuman dan bakteri yang merugikan.

7. Mencegah Kanker

Jus apel memberikan perlindungan terbaik terhadap tumor dan kanker, terutama kanker paru-paru. Flavonoid dan asam fenolat telah terbukti efektif dalam mencegah perkembangan tumor dan sel kanker. Senyawa ini ditemukan dalam khasiat apel.

8. Mengatasi Sembelit

Apel mengandung sorbitol seperti pada manfaat pisang yang dapat mengatasi untuk masalah sembelit. Ketika zat ini mencapai usus besar, sorbitol menarik air ke dalam usus besar. Dengan cara ini, dapat membuat tinja lebih lunak dan mudah untuk keluar.

9. Mengatasi Masalah Rambut & Kulit

Apel banyak digunakan dalam pengobatan alami untuk mengobati masalah terkait kulit seperti peradangan, gatal-gatal, kulit pecah-pecah dan keriput. Penerapan jus apel selama beberapa menit untuk kulit kepala rambut juga dapat mencegah ketombe dan gangguan kulit kepala lainnya.

10. Meningkatkan Kesehatan Mata

Sejumlah Vitamin A yang cukup tersedia dalam jus apel. Vitamin A ini dapat membantu dalam meningkatkan penglihatan mata dan mencegah gangguan mata.

Nilai Gizi Jus Apel

Apel mengandung sejumlah nutrisi sehat yang penting dan itulah sebabnya kebanyakan para ahli kesehatan merekomendasikan makan satu buah apel setiap hari. Ada banyak orang yang suka minum jus apel daripada makan dalam bentuk mentah.

Nilai gizi jus apel yaitu sama dengan buah apel mentah, asalkan telah diekstraksi dari apel yang segar. Jus apel yang tersedia secara komersial biasanya mengandung pengawet yang mengurangi nilai gizi jus apel. Oleh karena itu, membuat jus apel sendiri di rumah adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dan gizi yang maksimal.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa apel memiliki banyak manfaat / khasiat, terutama manfaat apel untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 12 Khasiat Pepaya Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

4 Comments