5 Macam Buah-Buahan Pengusir Tikus

Buah pengusir tikus – Tikus merupakan salah satu jenis hewan pengerat. Jika tidak segera diatasi, dalam kondisi tertentu hewan ini bisa sangat mengganggu. Di rumah, biasanya mereka akan menempati atap-atap dan terkadang di beberapa sudut rumah. Selain mengganggu, hewan ini juga bisa membawa berbagai jenis penyakit, seperti Murine Thypus, Hantavirus, Pulmonary Syndrome, Rat-bite fever, Salmonella enteric serovar Typhimurium, dan Leptospirosis.

buah pengusir tikus
via shutterstock.com

Kenapa Tikus Bisa Membawa Penyakit?

Tikus biasa hidup di tempat-tempat kotor, seperti got, pipa, sawah, dan tempat sampah. Bahkan, air kencing tikus memiliki bau menyengat dan mengandung bakteri berbahaya. Oleh karena itu, keberadaan tikus seringkali dianggap sebagai hal yang menjijikan dan harus dibasmi. Kebanyakan orang, mengusir tikus dengan cara memasang jepretan (jebakan tikus), obat atau racun tikus kimiawi.

Meskipun begitu, tikus yang mati karena memakan racun biasanya akan mati di area yang susah di jangkau dan menimbulkan bau bangkai serta penyebaran kuman. Penggunaan racun ini malah memberikan ‘efek samping’ bagi manusia dan lebih merepotkan. Oleh karena itu, salah satu cara mengusir tikus secara alami adalah dengan menggunakan buah-buahan.


BUAH PENGUSIR TIKUS

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa macam buah pengusir tikus:

Buah Durian

Buah pengusir tikus yang pertama yaitu buah durian, yang memiliki sebutan sebagai raja buah. Hal ini dikarenakan ukurannya yang besar, memiliki kulit buah yang tidak biasa, serta banyak digemari oleh banyak orang karena kelezatannya dan tekstur buahnya yang lembut. Buah ini seakan menjadi ‘primadona’ yang selalu dicari-cari oleh banyak orang.

Selain enak, buah ini bisa digunakan untuk pembasmi tikus. Buah durian tidak disukai oleh tikus karena aromanya yang sangat menyengat. Tikus juga tidak menyukai benda-benda tajam. Cara menggunakan buah ini untuk mengusir tikus adalah meletakkan kulit durian di tempat yang biasa dilalui tikus.

Baca juga manfaat buah durian untuk kesehatan

Buah Mengkudu

Buah mengkudu juga biasa disebut sebagai buah pace. Buah ini terkenal dengan baunya yang menyengat dan tidak sedap. Cara ampuh mengusir tikus dengan menggunakan buah ini adalah dengan meletakkan daging buah mengkudu di tempat-tempat yang sering dilewati oleh tikus. Jika potongan buah mengkudu sudah mulai mengering, segera ganti dengan yang masih segar.

Baca juga manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

Buah Bintaro

Buah bintaro merupakan buah yang sering ditemukan di daerah pesisir pantai, yang biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh. Tanaman bintaro sendiri memiliki sifat tidak bisa tumbuh dengan sendirinya, yang berarti harus sengaja ditanam. Buah dari tanaman ini juga ada yang menyebutnya sebagai mangga laut, karena bentuk buahnya hampir mirip dengan buah mangga.

Meski tampak halus dari luar, buah bintaro tidak mempunyai daging buah. Didalamnya hanya berisi lapisan berupa serat seperti sabut kelapa dan didalamnya terdapat biji. Beberapa bagian dari tanaman ini sangat beracun, seperti daun, getah, serta buahnya, dan racunnya cukup kuat untuk mengganggu fungsi jantung manusia dan bisa sampai meninggal.

Sejak dulu, getah pohon bintaro ini digunakan sebagai racun panah untuk berburu. Racun ini juga bisa digunakan untuk membunuh orang atau bahkan bunuh diri. Racun yang terdapat pada tumbuhan bintaro disebut cerberin. Cerberin ini merupakan senyawa glikosida yang dapat menghambat saluran ion kalsium dalam otot jantung manusia sehingga membuat detak jantung yang tidak stabil yang bisa menyebabkan kematian. Bahkan, asap dari hasil pembakaran kayu bintaro pun dapat menyebabkan keracunan.

Buah bintaro merupakan salah satu buah yang sangat efektif jika digunakan untuk mengusir tikus karena buah ini mengandung racun yang dapat membunuh tikus dalam waktu singkat. Cara menggunakan buah ini sebagai racun tikus paling ampuh adalah dengan meletakkan potongan buah bintaro di tempat yang sering dilalui tikus. Bau racun yang sangat menyengat membuat tikus tidak akan kembali lagi. Meksipun ada tikus yang berani mendekati buah ini, bahkan memakannya, tikus itu akan keracunan dan mati.

Buah Simpalak

Buah ini berbeda dengan buah bintaro, karena buah ini bisa mengusir tikus walaupun tidak beracun. Buah ini hanya membuat tikus enggan memasuki rumah. Cara menggunakan buah ini untuk mengusir tikus adalah meletakkan buah ini di tempat-tempat yang sering didatangi tikus.

Cabe Rawit

Tikus sangat membenci aroma dan rasa dari buah cabe rawit. Penggunaan buah ini sebagai alat pengusir tikus adalah dengan memblendernya dan disebar di tempat yang biasa dilewati oleh tikus.


Demikian artikel kesehatan mengenai macam-macam buah pengusir tikus. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu cara menurunkan gula darah atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
5 Macam Buah Pengusir Tikus yang Paling Ampuh - KhasiatSehat.com
Judul Artikel
5 Macam Buah Pengusir Tikus yang Paling Ampuh - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Daripada menggunakan racun kimiawi, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan buah-buahan.. Berikut macam-macam buah pengusir tikus yang paling ampuh..
Penulis
Penerbit
KhasiatSehat.com
Logo Penerbit