12 Khasiat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Kolang kaling merupakan salah satu bahan makanan yang mudah dijumpai ketika bulan Ramadhan atau bulan puasa. Hal ini dikarenakan manisan kolang kaling biasa digunakan sebagai campuran dalam membuat minuman yang menyegarkan. Disamping hal tersebut, manfaat kolang kaling juga ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

Manfaat Kolang Kaling
Kolang kaling via wikipedia.org

Memiliki rasa yang menyegarkan, terutama jika disajikan dalam kondisi dingin, kolang kaling juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dimana dalam 100 gr kolang kaling terdapat 6 gr karbohidrat, 91 mg kalsium, 243 mg fosfor, 0.4 gr protein, 1.6 gr serat, 0.2 gr lemak, 0.5 mg zat besi, 27 kkal kalori, serta kadar airnya yang cukup tinggi. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tidak mengherankan jika kolang kaling memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kolang Kaling

Berikut ini adalah 12 manfaat kolang kaling bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kolang kaling yang pertama adalah untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan kolang kaling mengandung serat yang cukup tinggi, dimana kandungan serat yang tinggi tersebut sangat baik untuk melancarkan pencernaan, sehingga dapat mencegah penyakit yang terkait dengan pencernaan seperti sembelit.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh

Khasiat kolang kaling yang mengandung berbagai macam mineral, seperti kalsium, zat besi, dan fosfor yang cukup tinggi, dapat membantu Anda dalam menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang sehat, bugar, dan meningkatkan stamina tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kolang kaling untuk tulang juga dapat Anda rasakan. Hal ini dikarenakan kolang kaling mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Selain itu, karena kadar kalsium yang cukup tinggi, kolang kaling dapat dijadikan alternatif sebagai sumber kalsium selain susu atau produk olahan susu lainnya, terkhususnya bagi Anda yang mempunyai kondisi intoleransi laktosa. Baca juga artikel terkait yaitu manfaat susu.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain mengandung serat, kolang kaling juga mengandung gelatin yag dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama ketika mengkonsumsinya, yang selanjutnya dapat mencegah keinginan makan berlebih sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

5. Meredakan Radang Sendi

Khasiat kolang kaling juga dapat digunakan sebagai pengobatan radang sendi. Hal ini dikarenakan kolang kaling mengandung zat galaktomanan yang dapat membantu menyembuhkan radang sendi. Yang perlu Anda lakukan adalah mengkonsumsinya secara rutin dengan cara direbus (tanpa tambahan gula).

6. Meredakan Iritasi pada Kulit

Anda dapat menggunakan kolang kaling sebagai alternatif untuk mendinginkan kulit yang iritasi akibat paparan cahaya matahari. Anda cukup mengoleskan kolang-kaling ke bagian kulit yang terkena, dan tak perlu kawatir karena kolang kaling juga aman digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

7. Mempercepat Penyembuhan Cacar Air

Selain dapat digunakan untuk meredakan iritasi pada kulit, manfaat kolang kaling yang selanjutnya juga dapat digunakan untuk meredakan gejala serta mempercepat dalam proses menyembuhkan penyakit cacar air secara alami dan efektif.

8. Mencegah Dehidrasi

Anda dapat menggunakan kolang kaling untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap terhidrasi saat melakukan puasa atau saat cuaca sedang panas. Selain kandungan airnya, kolang kaling juga sarat dengan berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu mencegah kelelahan yang berlebihan dan rasa sakit saat buang air.

9. Meredakan Muntah dan Mual

Khasiat kolang kaling juga ternyata dapat digunakan untuk meredakan mual dan muntah. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat dalam kolang kaling dapat membantu meredakan mual dan muntah.

10. Mencegah Kekurangan Gizi

Berbagai kandungan nutrisi pada kolang kaling dapat membantu mencegah malnutrisi, terkhususnya pada anak. Hal ini dikarenakan kolang kaling mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin B yang digunakan sebagai sumber energi serta mengoptimalkan penggunan energi untuk fungsi tubuh yang sehat.

11. Mengobati Anemia

Kolang kaling juga mengandung zat besi, dimana zat besi ini diperlukan tubuh untuk mencegah dan mengobati anemia. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat menggunakan kolang kaling sesuai petunjuk dokter sebagai pengobatan anemia.

12. Meremajakan Kulit

Anda dapat mengkonsumsi kolang kaling untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan kolagen yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit sehingga dapat membuat kulit Anda tampak lebih sehat.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kolang kaling memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Timun Suri atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment