10 Khasiat Susu Untuk Kesehatan

Susu merupakan cairan putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia. Semua mamalia, termasuk manusia, yang biasanya menghasilkan susu untuk memberi makan pada anak-anak mereka pada awal kelahiran. Pada umumnya susu yang dikonsumsi adalah susu sapi, susu kambing, susu kedelai, dan lain-lain. Susu menjadi bagian dari slogan 4 sehat 5 sempurna, karena manfaat susu baik untuk kesehatan tubuh.

10 Khasiat dan Manfaat Susu Untuk Kesehatan Serta Perawatan Kulit

Manfaat Susu Untuk Kesehatan

Susu merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa kebaikan yang bisa diperoleh dari khasiat susu adalah sebagai berikut:

1. Kesehatan Tulang

Susu dan produk susu merupakan penyedia kalsium, fosfor, magnesium dan protein yang penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Konsumsi cukup susu sejak anak usia dini serta sepanjang hidup dapat membantu untuk membuat tulang kuat dan melindungi terhadap penyakit seperti osteoporosis di kemudian hari.

2. Kesehatan Gigi

Tingkat kalsium dan fosfor dalam susu dan produk susu bermanfaat untuk pengembangan dan pemeliharaan kesehatan gigi. Protein yang paling banyak terkandung dalam susu adalah kasein, yang berfungsi sebagai pelindung karena membentuk lapisan tipis pada permukaan email yang mencegah hilangnya kalsium dan fosfat dari email terhadap zat asam.

3. Kesehatan Jantung

Meskipun sebagian besar manfaat kalsium terfokus pada tulang, manfaat susu juga terbukti mengurangi penyakit kardiovaskular dan kemungkinan terhadap stroke. Selain itu, kandungan magnesium dan kalsium pada susu bertindak sebagai vasodilator, yang dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke organ-organ vital, serta mengurangi ketegangan pada jantung dan sistem kardiovaskular.

4. Mencegah Obesitas

Berlawanan dengan kepercayaan banyak orang, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi susu cenderung lebih ramping daripada mereka yang tidak. Studi lain juga menunjukkan bahwa konsumsi susu yang dijadikan sebagai bagian dari diet kalori terkontrol, berhubungan dengan penurunan berat badan, terutama membentuk daerah perut.

5. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin produk susu rendah lemak dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Diperkirakan bahwa efek ini mungkin bisa terjadi karena efek gabungan dari banyaknya nutrisi bermanfaat yang bisa ditemukan dalam susu maupun produk susu termasuk kalsium dan magnesium, atau fakta yang menunjukkan bahwa produk olahan susu memiliki indeks glikemik rendah, yang dapat membantu dalam mengontrol kadar gula.

6. Mencegah Kanker

Ada bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa susu memiliki efek perlindungan terhadap risiko kanker kolorektal dan payudara. Peneilitian baru menunjukkan bahwa makanan yang kaya dalam produk susu dapat sedikit memperpanjang harapan hidup dari orang yang didiagnosis menderita kanker usus besar.

7. Rehidrasi Tubuh

Jika kita mengalami dehidrasi, dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi dan fungsi daya ingat serta membuat anda mudah marah dan mengakibatkan tidak enak badan. Disini, susu merupakan pilihan yang sangat baik dalam memenuhi cairan dalam tubuh, karena tidak hanya rehidrasi tubuh, tetapi memberikan sejumlah nutrisi bermanfaat lainnya.

8. Perawatan Kulit

Selama ribuan tahun, susu telah dikenal dapat memberikan manfaat pada kulit untuk menjaga kulit tetap sehat dan halus. Oleh karena itu, susu dan produk olahan susu sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam kosmetik.

Susu juga baik dalam mengobati kulit kering, jika anda memiliki kulit kering, cobalah oleskan susu pada wajah maupun daerah lainnya yang mengalami kulit kering, biarkan selama sekitar 15 menit lalu bilas.

9. Mengurangi Keasaman Tubuh

Konsumsi susu maupun produk olahan susu juga dapat membantu dalam mengurangi keasaman pada seluruh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat susu untuk mengurangi keasaman dalam tubuh, minum susu dingin secara khusus dapat memberikan bantuan terhadap tingkat keasaman tubuh.

10. Makanan Sehat

Susu mengandung banyak vitamin dan mineral untuk membuat tubuh anda tetap bugar, sehat, dan kuat. Segelas penuh susu mengandung vitamin A dan B untuk penglihatan dan meningkatkan sel darah merah, karbohidrat untuk vitalitas dan energi.

Kandungan kalium dalam susu baik untuk fungsi saraf, magnesium untuk fungsi otot, fosfor untuk pelepasan energi, dan protein untuk perbaikan tubuh serta pertumbuhan.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa susu memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat susu untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 13 Khasiat Lemon Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

10 Comments