13 Khasiat Lemon Untuk Kesehatan

Lemon seringkali digunakan oleh banyak orang untuk membuat minuman limun, yaitu dengan mencampurkan saripati lemon dan air. Buah lemon juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda pada pakaian. Aroma lemon sendiri juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Selain hal tersebut, lemon memiliki khasiat lain, yaitu manfaat lemon untuk kesehatan yang sangat beragam.

13 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Serta Untuk Perawatan

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Berbagai khasiat lemon untuk kesehatan yang akan dijelaskan yaitu melancarkan pencernaan, mengatasi pilek, flu, maupun demam, menjaga kesehatan mulut, perawatan rambut dan kulit, mengatasi gangguan pernapasan, membantu dalam pengobatan kolera dan malaria, sebagai relaksasi kaki, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati rematik, mengatasi infeksi tenggorokan, serta menjaga tekanan darah.

1. Melancarkan Pencernaan

Sari buah lemon dapat membantu untuk menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan gangguan pencernaan dan juga sembelit. Tambahkan beberapa tetes perasan lemon ke dalam hidangan makanan (kecuali susu), dengan begitu dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan lemon bertindak sebagai pembersih, sehingga minuman yang baik setelah makan siang atau makan malam adalah lemon soda.

2. Mengatasi Pilek, Flu, Atau Demam

Lemon kaya akan vitamin C dan flavonoid, yang dapat bertindak untuk melawan infeksi. Jus lemon dapat mengobati seseorang yang mengalami sakit pilek, flu, maupun demam dengan cara meningkatkan keringat untuk mengatasi demam.

3. Kesehatan Mulut

Buah lemon sering digunakan dalam mengatasi masalah mulut. Jika jus lemon segar diterapkan pada daerah sakit gigi, dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit yang diderita. Memijat bagian gusi menggunakan saripati lemon dapat menghentikan pendarahan gusi. Selain itu, manfaat lemon juga dapat menghilangkan bau mulut, yang disebabkan karena berbagai kondisi dan penyakit gusi.

4. Perawatan Rambut

Apabila perasan lemon diterapkan pada kulit kepala, dapat mengobati berbagai masalah seperti ketombe, rambut rontok, dan masalah lain yang berkaitan dengan rambut dan kulit kepala. Anda juga dapat menerapkan perasan lemon langsung pada rambut untuk membuat rambut kepala berkilau secara alami.

5. Perawatan Kulit

Lemon dapat menjadi obat antiseptik alami, yang juga bisa menyembuhkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kulit. Perasan lemon dapat diterapkan untuk mengungari rasa sakit yang ditimbulkan karena kulit terbakar matahari, dan meringankan rasa sakit dari sengatan lebah.

Lemon juga bagus untuk mengatasi jerasat dan eksim. Buah ini bertindak sebagai obat alami anti penuaan dini dan dapat menghilangkan kerutan, juga komedo. Dengan meminum jus lemon dicampur dengan air dan madu akan membuat kulit lebih sehat dan bersinar.

6. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Jus lemon dapat membantu dalam mengurangi masalah pernapasan, seperti kemampuannya untuk menenangkan seseorang yang menderita serangan asma. Dimana lemon menjadi sumber yang kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mencegah gangguan pernapasan jangka panjang.

7. Mengobati Penyakit Kolera

Penyakit seperti kolera dan malaria dapat diobati dengan konsumsi lemon, karena lemon dapat bertindak sebagai pembersih darah. Dalam kasus malaria, lemon tidak menyembuhkan, tetapi membantu dalam pengobatan.

8. Sebagai Relaksasi Kaki

Lemon dapat bertindak sebagai aromatik dan antiseptik yang berguna untuk relaksasi kaki. Untuk mendapatkan manfaat lemon untuk relaksasi kaki, tambahkan saripati lemon kedalam air hangat, lalu celupkan kaki anda kedalamnya untuk mendapatkan khasiat relaksasi otot pada kaki.

9. Mengatasi Rematik

Lemon juga bertindak sebagai diuretik dan dapat mengobati rematik serta radang sendi. Hal ini dapat membantu tubuh untuk membuang bakteri dan racun dari dalam tubuh.

Catatan:
Diuretik adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada suatu kondisi, sifat atau penyebab naiknya laju urinasi. Diuretik ialah obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin. (wikipedia)

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makanan yang tinggi akan vitamin C dan antioksidan, seperti buah lemon, dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman yang dapat menyebabkan pilek maupun flu. Kandungan vitamin C yang dimiliki lemon dapat merangsang aktivitas sel darah putih dan merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

11. Mencegah Kanker

Sebagai sumber yang sangat baik dari antioksidan vitamin C, lemon dan saripati buah lemon dapat membantu tubuh dalam melawan pembentukan radikal bebas, yang diketahui sebagai penyebab kanker.

12. Mengatasi Infeksi Tenggorokan

Lemon merupakan buah yang sangat baik dalam melawan masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorokan, karena sifat antibakteri yang terkandung dalam buah lemon.

13. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Minum jus lemon dapat membantu seseorang yang menderita masalah jantung, karena mengandung kalium. Yang bertugas untuk mengontrol tekanan darah tinggi, pusing, dan mual, karena memberikan sensasi menenangkan untuk pikiran dan juga tubuh. Pada umumnya digunakan untuk mengurangi stres mental dan depresi.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa buah lemon memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat wortel untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 11 Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

6 Comments