9 Khasiat Jagung Putren untuk Kesehatan

Jagung muda atau yang biasa disebut jagung putren ini merupakan jagung kecil yang dihasilkan dari tanaman jagung biasa yang dipanen lebih awal. Kernelnya dapat berwarna kuning, putih, biru atau bahkan merah muda bergantung varietasnya dan biasa diolah menjadi masakan tumis jagung putren. Berikut artikel mengenai manfaat jagung putren untuk kesehatan.

Manfaat Jagung Putren

Putren memang sebagian besar diproduksi di daerah Asia, dan untuk saat ini Thailand masih menjadi produsen terbesar putren di dunia. USA sebenarnya juga memproduksi putren tetapi sebagian besar diimpor dari Asia dan dikemas dalam kaleng. Berikut ini beberapa manfaat putren bagi kesehatan dan kandungan nutrisinya.

Manfaat Jagung Putren

Berikut 9 manfaat jagung putren bagi kesehatan :

1. Kesehatan Pencernaan

Putren kaya akan serat yang dapat membantu kelancaran pencernaan dan dapat menurunkan berat badan.

2. Kesehatan Janin

Putren banyak mengandung asam folat yang memainkan bagian penting untuk mencegah kelainan pada bayi yang belum lahir.

3. Menyeimbangkan Tekanan Darah

Adanya kandungan kalium dalam putren juga dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah.

Baca juga : Manfaat Jagung

4. Kesehatan Kulit

Vitamin C adalah nutrisi yang kita butuhkan setiap hari. Putren mengandung vitamin C yang membantu meremajakan sel kulit sehingga akan membuat kulit menjadi lebih sehat.

5. Mencegah Mual dan Muntah Saat Hamil

Putren juga mengandung Vitamin B-6, dimana beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin B-6 dapat mengobati mual dan muntah pada wanita yang sedang hamil.

6. Kesehatan Mata

Kuning putren mengandung karotenoid atau tetraterpenoids yang dapat membantu mata kita untuk tetap sehat dan menurunkan risiko katarak. Semakin kuning warna putren, maka juga tinggi pula karotenoid yang dikandungnya.

Baca juga : Manfaat Sorgum

7. Mencegah Kanker

Putren mengandung antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh manusia. Radikal bebas inilah yang apabila tidak segera diatasi dapat menyebabkan pertumbuhan sel-sel kanker.

8. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Karotenoid dalam putren terbukti secara ilmiah dalam menjaga kesehatan jantung manusia. Disamping itu, putren juga mengandung serat larut yang dapat bermanfaat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol.

9. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. kaya akan vitamin B dan asam folat yang dapat mencegah anemia.


Efek Samping Mengkonsumsi Jagung Putren

Belum ada studi maupun artikel yang menyebutkan efek samping mengkonsumsi putren, akan tetapi harus diperhatikan untuk Anda yang mudah alergi terhadap makanan. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau mengkonsumsi putren secara tidak berlebihan dan memperhatikan cara-cara mengolahnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jagung muda atau jagung putren memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat jagung putren untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Jantung Pisang serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat jagung muda bagi kesehatan :

drhealthbenefits.com/food-bevarages/vegetables/benefits-of-baby-corn-for-our-health

agsyst.wsu.edu/babycornbroc.pdf

www.awesomecuisine.com/foodguide/health-benefits-baby-corn.html

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment