12 Khasiat Lengkuas untuk Kesehatan

Lengkuas atau Laos adalah tanaman yang berasal dari Jawa. Lengkuas banyak digunakan di Indonesia dan Malaysia sebagai penyedap makanan dan rempah-rempah. Lengkuas dikenal oleh orang Indian kuno, dan telah digunakan di negara Barat sejak abad pertengahan sebagai stimulan dan tonik. Di negara-negara Timur, bubuk lengkuas digunakan sebagai tembakau, parfum dan dalam pembuatan bir. Berikut artikel mengenai manfaat lengkuas untuk kesehatan.

Lengkuas sering digunakan dalam resep masakan ikan dan kerang yang dipadukan dengan bawang putih, jahe, cabai , lemon , atau asam. Bubuk lengkuas juga banyak digunakan dalam berbagai hidangan seperti saus, sup, sate dan sambal, olahan ayam, daging dan sayur kari.

Disamping itu, lengkuas sudah banyak dimanfaatkan kandungan nutrisinya bagi kesehatan. Di India lengkuas digunakan sebagai pewangi tubuh dan halitosis obat, sedangkan di Eropa dan Asia budidaya lengkuas sudah digunakan sebagai afrodisiak selama berabad-abad. Berikut ini beberapa khasiat lengkuas bagi kesehatan.

12 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Lengkuas

Berikut 12 manfaat lengkuas untuk kesehatan :

1. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat makanan dan fitokimia dalam lengkuas dapat membantu meningkatkan proses pencampuran makanan di perut. Hal ini juga membantu mengurangi ludah dan asam pencernaan yang memberikan masalah bagi penderita maag. Mengkonsumsi lengkuas dapat memberikan perasaan nyaman pada perut individu yang menderita maag. Lengkuas juga dipercaya dapat mencegah anoreksia dan nyeri perut.

2. Menyembuhkan Mual dan Morning Sickness

Dengan mengunyah beberapa lengkuas, diyakini dapat menyembuhkan mual yang disebabkan karena mabuk. Minyak aromatik pada lengkuas juga dapat merangsang dan menenangkan saraf. Wanita hamil biasanya mengalami morning sickness. Menyeduh beberapa rimpang lengkuas dengan air hangat dan madu dapat membantu meredakan morning sickness. Morning sickness adalah istilah kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi ketika masa awal kehamilan.

3. Mengobati Diare

Lengkuas memiliki efek anti bakteri yang dapat menyingkirkan bakteri patogen dan dapat menyembuhkan diare. Dimana bakteri patogen adalah bakteri yang mampu menyebabkan penyakit.

4. Mencegah Tumor dan Kanker

Lengkuas tinggi akan antioksidan yang membantu meminimalkan DNA yang rusak yang disebabkan oleh radikal bebas dan komponen racun lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Sebuah studi oleh para peneliti Inggris terhadap penderita kanker payudara dan paru-paru menemukan bahwa ekstrak lengkuas memiliki sifat anti-kanker.

Penelitian lain juga melaporkan bahwa kandungan transconiveril diasetat, acetoxy chavikol asetat dan asetoksi eugenol cetat dapat menghambat sintesis enzim xanthin yang memicu perkembangan tumor.

5. Mencegah Penyakit Jantung dan Masalah Kardiovaskular

Dalam sistem peredaran darah lengkuas dapat mengurangi kontraksi jantung, dengan meningkatkan suplai darah ke sistem pencernaan dan organ vital lainnya. Dalam pengobatan di ayurveda atau India, lengkuas juga sering disajikan sebagai obat tradisional penyakit jantung.

Di Negara-nega seperti Jerman, Austria, dan Swiss lengkuas digunakan sebagai obat rumahan yang baik untuk mencegah stroke jantung, bahkan Dr Strehlew, penulis kedokteran Bingen menyebutkan bahwa lengkuas merupakan penyelamat hidup dari serangan jantung.

6. Meringankan Asma

Lengkuas juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem pernapasan yang sehat. Lengkuas  memiliki efek antispasmodik yang dapat mengurangi dahak dan melebarkan bronkiolus untuk meredakan asma. Selain itu, lengkuas juga dapat digunakan sebagai obat dysarthria, gagap dan aphasia.

7. Meringankan Masalah Pernapasan

Lengkuas memiliki sifat ekspektoran dan berguna untuk masalah pernapasan, terutama bagi anak-anak yang menderita batuk rejan. Dimana obat-obat yang bisa membantu pengeluaran dahak disebut ekspektoran.

8. Kesehatan Rambut

Efek kardiovaskular lengkuas juga bermanfaat bagi pertumbuhan akar rambut. Efek kardiovaskular lengkuas akan meningkatkan transportasi oksigen ke akar rambut dan meningkatkan kekuatan rambut.

9. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak polisakarida lengkuas dapat merangsang pengembangan sel pada sistem retikulo endothelial (RES) dan meningkatkan jumlah sel eksudat peritoneal serta sel limpa yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain kandungan antioksidan dalam lengkuas yang dapat mencegah radikal bebas, vitamin C dalam lengkuas juga berperan menjaga kesehatan sel-sel kulit dan menjaga kulit dari penuaan dini.

11. Mengatasi Masalah Kulit Kepala

Efek anti jamur pada lengkuas dapat diterapkan untuk kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur. Jamur dapat menginfeksi kulit kepala dan mengakibatkan ketombe. Anda dapat langsung menggosok pada kulit kepala atau campuran beberapa lengkuas parut dengan minyak zaitun kemudian mengoleskannya di daerah kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur.

12. Meringankan Radang Selaput Lendir

Radang selaput lendir hidung adalah kondisi produksi lendir yang berlebihan di rongga hidung yang disebabkan oleh peradangan pada selaput lendir. Bubuk lengkuas dapat digunakan sebagai tembakau yang membantu meringankan radang.


Efek Samping Mengkonsumsi Lengkuas

Adanya reaksi alergi bagi beberapa orang terhadap lengkuas akan menyebabkan nyeri sendi dan ruam. Selain itu apabila mengkonsumsi lengkuas secara berlebihan, lengkuas juga dapat memiliki efek samping seperti sakit maag dan tinja berdarah.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa lengkuas atau laos memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat lengkuas untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Minyak Kelapa Sawit serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat lengkuas atau laos :

  • theepicentre.com/spice/galangal/
  • drhealthbenefits.com/herbal/herbal-plant/benefits-of-galangal
  • en.wikipedia.org/wiki/Galangal
  • www.home-remedies-for-you.com/herbs/galangal.html
3 Comments