14 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Sukun merupakan salah satu jenis tubuhan yang menghasilkan buah. Di dalam dunia pengobatan, beberapa bagian dari tanaman sukun ini sering digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengobati suatu penyakit. Salah satu bagian dari tumbuhan ini yang bermanfaat adalah bagian daunnya. Lalu apa saja manfaat daun sukun untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Sukun
Gambar tanaman sukun dan buahnya via breadfruitbenefits.blogspot.com

Manfaat Daun Sukun

Berikut 14 manfaat daun sukun bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat daun sukun yang pertama yaitu dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Untuk penggunaannya pun cukup mudah. Anda cukup menyiapkan segengggam daun sukun yang telah dikeringkan lalu diseduh dengan air panas. Ramuan tersebut dapat Anda konsumsi secara rutin.

2. Mencegah Peradangan

Daun sukun juga dapat bermanfaat untuk mencegah peradangan atau inflamasi. Untuk penggunaannya, cucilah selembar daun sukun yang sudah tua hingga bersih, lalu rebus dengan menggunakan 5 gelas air. Biarkan air tersebut mendidih dan tersisa menjadi separuhnya. Saring air rebusan daun sukun tersebut, lalu ramuan herbal tersebut dapat Anda minum secara langsung.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Terdapat suatu penelitian yang menyatakan bahwa ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol darah secara signifikan.

4. Mengatasi Asam Urat

Manfaat daun sukun yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi asam urat. Untuk penggunaannya, siapkan segenggam daun sukun yang telah dikeringkan lalu menyeduhnya dengan air mendidih. Anda juga dapat menambahnya dengan gula atau madu untuk mengurangi rasa pahit yang ditimbulkan dari getah daun sukun.

5. Membantu Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Kandungna saponin, polifenol, asetilkolin, tannin, asam hidrosianat, kalium, riboflavin, dan phenol yang terdapat dalam daun sukun dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ginjal (batu ginjal). Kandungan kalium yang terdapat pada ginjal akan membantu penghancuran Ca-oksalat sebagai penyebab utama batu ginjal.

Ca-oksalat yang hancur kemudian akan larut dan bersama-sama diekskresikan melalui urin. Meski belum mampu dibuktikan secara ilmiah, tetapi penggunaan daun sukun pada pasien penyakit ginjal menunjukkan tanda-tanda perbaikan seperti berkurangnya kandungan protein dalam urine dan hilangnya pembengkakan.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI, menunjukkan bahwa senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun sukun dapat digunakan sebagai anti diabetes yang kuat.

7. Mengobati Sakit Maag

Daun sukun memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menstabilkan keadaan asam lambung sehingga dipercaya dapat meredakan sakit maag. Selain itu, kandungan lainnya yang terdapat dalam daun sukun seperti riboflavin, hidrosianat, tannin, polifenol, hidrosianat sangat baik untuk melindungi membran mukosa usus dan menangkal bahan kimia penyebab kanker usus besar.

8. Menangkal Radikal Bebas Sebagai Penyebab Kanker

Daun sukun mengandung antioksidan yang cukup tinggi, dimana antioksidan merupakan senyawa yang berperan dalam menangkal radikal bebas yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Oleh karena itu, ramuan herbal dengan bahan dasar daun sukun ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker.

Artikel terkait: Manfaat Buah Sukun

Selain 8 manfaat dan khasiat daun sukun kering untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari daun sukun untuk kesehatan:

9. Mengecilkan Limpa yang Bengkak Secara Alami

10. Menurunkan Risiko Hipertensi

11. Menjaga Kesehatan Organ Hati

12. Mengatasi Masalah Alergi

13. Mengeluarkan Racun dari Tubuh (Detoksifikasi)

14. Mengobati Sakit Gigi


EFEK SAMPING DAUN SUKUN

Meskipun dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia, daun sukun juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan tidak sesuai dengan anjuran. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan yaitu:

  • Menimbulkan Kram Otot
  • Membuat Tekanan Darah Menjadi Lebih Rendah

Oleh karena itu Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dengan dokter atau herbalis sebelum memulai penggunaan daun sukun sebagai obat herbal. Disamping hal tersebut, Anda juga dapat memperhatikan bagaimana cara memilih dan membuat ramuan herbal dari daun sukun yang tepat pada berikut ini:

  1. Pilih daun yang sudah tua atau yang daunnya berwarna kekuningan.
  2. Untuk hasil yang terbaik, petiklah langsung dari pohonnya daripada yang sudah jatuh ke tanah.
  3. Pilih daun yang masih segar dan tidak cacat (misalnya saja seperti berlubang dan kotor)
  4. Jika Anda ingin mengolah daun sukun untuk dijadikan obat herbal, maka gunakanlah daun sukun yang sudah kering. Dengan kata lain, setelah Anda memetiknya lalu keringkan terlebih dahulu di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.
  5. Gunakan panci stainless steel untuk merebus. Hindari penggunaan alat yang terbuat dari aluminium.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat daun sukun kering untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu manfaat daun jarak atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: