14 Khasiat Daging Kambing untuk Kesehatan

Daging kambing merupakan salah satu jenis daging merah yang telah lama dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat dan khas jika diolah dengan tepat, daging ini ternyata juga memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat daging kambing untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daging Kambing
Gambar daging kambing via foodpleasureandhealth.com

KANDUNGAN GIZI DAGING KAMBING

Dikutip dari Nutritiondata.com, kandungan gizi daging kambing per 100 gram mencakup 234 kalori, 11 gram lemak (dapat memenuhi 17 % kebutuhan harian), 5 gram l emak jenuh (26 %), 109 mg kolesterol (mencukupi 36 % kebutuhan harian), 135 mg sodium (dapat mencukupi 6 % kebutuhan harian) dan masih banyak lagi. Berbagai kandungan nutrisi tersebutlah yang membuat daging kambing sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daging Kambing

Berikut 14 manfaat daging kambing bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daging kambing yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena daging ini diperkaya dengan kandungan selenium, yang juga dapat dikatakan mengandung antioksidan. Seperti yang Anda ketahui bahwa antioksidan sangatlah baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Daging kambing mengandung senyawa kalsium yang dapat membantu mencegah osteoporosis pada orang dewasa dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada anak-anak. Selain itu daging ini juga mengandung fosfor yang dapat menjaga kekuatan gigi dan tulang.

3. Sebagai Sumber Energi

Daging kambing mengandung lemak, protein, dan kalori yang cukup tinggi. Berbagai kandungan ini dapat membantu tubuh agar tetap fit selama menjalani aktivitas sehari-hari. Disamping itu, kandungan protein pada daging ini juga sangat bermanfaat untuk membantu mengontrol berat badan secara optimal.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daging kambing yang selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan daging kambing tidak mengandung vitamin B12 cukup tinggi. Menurut para ahli, kandungan vitamin B12 dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

5. Mengurangi Nyeri Saat Haid pada Wanita

Pada dasarnya nyeri yang terjadi pada wanita saat masa haid merupakan hal yang wajar, mengingat ketika haid zat besi dari tubuh banyak terbuang. Untuk memenuhi kandungan zat besi dan mengurangi rasa nyeri, Anda dapat mengonsumsi daging kambing secara rutin. Sehingga kebutuhan zat besi untuk tubuh dapat terpenuhi secara optimal.

6. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat terjadi karena tubuh mengalami kekurangan zat besi. Menariknya, kasus ini juga dapat diatasi dengan khasiat daging kambing. Hal ini dikarenakan daging ini mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah serta mengatasi anemia.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka khasiat daging kambing juga dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi daging kambing ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme pembakaran dalam tubuh. Mengingat daging ini mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk membantu pembakaran kalori dan lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan.

8. Pembentukan Otot

Bagi Anda yang ingin membentuk otot, daging kambing sangat cocok untuk Anda konsumsi. Hal ini dikarenakan daging ini mengandung protein yang cukup tinggi. Seperti yang Anda ketahui bahwa protein sangat sangat berperan penting untuk pembentukan otot tubuh.

9. Mencegah Depresi

Berkaitan dengan peran penting akan vitamin B12, zat ini dapat memberikan reaksi menenangkan pikiran dan menyehatkan sel-sel syaraf. Hal inilah yang dapat membuat Anda merasa lebih baik dan lebih segar sehingga dapat terhindar dari depresi dan stres.

10. Mengoptimalkan Perkembangan Sistem Saraf

Hal ini berkaitan dengan kandungan Omega 3 yang cukup tinggi pada daging kambing. Omega 3 ini semakin sempurna dengan kehadiran vitamin B12 pada daging ini. Dimana kedua zat ini berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat, terkhususnya pada anak sehingga dapat mencegah kelainan perkembangan sistem saraf seperti autisme.

Artikel terkait: Manfaat Daging Domba

Selain 10 manfaat dan khasiat daging kambing untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, daging ini masih memiliki beragam manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari daging kambing:

11. Sebagai Sumber Antioksidan

12. Mencegah Bayi Lahir Cacat

13. Mencegah Stroke

14. Mencegah Penyakit Ginjal


TIPS MEMILIH DAGING KAMBING YANG SEHAT

Berdasarkan Food and Safety Inspection Service (FSIS) terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih daging kambing yang sehat dengan kualitas terbaik. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Dagingnya berwarna merah muda hingga merah tegas.
  • Bertekstur halus dengan lemak putih yang menyebar.
  • Terlihat segar.

TIPS MENGONSUMSI DAGING KAMBING

Seperti yang dibahas pada artikel kali ini, daging kambing dapat memberikan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Hal ini tentu didasari dengan konsumsi daging ini secara tidak berlebihan atau sesuai anjuran.

Sebelum mengonsumsi daging kambing, perlu disesuaikan dengan kondisi kebugaran tubuh Anda. Disarankan dalam satu kali makan tidak lebih dari 100 gr per minggu, hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya efek samping apabila mengonsumsinya secara berlebihan.


EFEK SAMPING DAGING KAMBING

Beberapa efek samping yang dapat terjadi jika mengonsumsi daging kambing secara berlebihan adalah sebagai berikut:

  • Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi
  • Meningkatkan Kolesterol
  • Diabetes

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat daging kambing untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daging Sapi atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: