9 Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah dan Kecantikan

Khasiatsehat.com – Banyak orang yang begitu makan buah pisang lantas dibuang begitu saja bagian kulit buahnya. Tapi tahukan Anda bahwa terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kulit pisang itu sendiri. Selain untuk kesehatan, kulit buah pisang ternyata juga bermanfaat untuk perawatan wajah dan kecantikan. Lalu apa saja manfaat kulit pisang untuk wajah dan kecantikan? Berikut ulasannya.

Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah
Gambar kulit pisang via huffingtonpost.com

Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah

Berikut 9 manfaat kulit pisang untuk wajah dan kecantikan:

1. Menyamarkan Bekas Luka

Adanya bekas luka di bagian tubuh tertentu dapat mengganggu penampilan Anda bukan? Tidak hanya untuk kaum wanita, sebagian kaum pria bisa saja menjadi kurang percaya diri jika memiliki bekas luka. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan khasiat kulit pisang untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Yaitu dengan cara dihaluskan lalu digosokkan ke bagian bekas luka dan atau cukup ditempelkan saja tergantung kondisi.

2. Mengencangkan Kulit Wajah

Untuk memperoleh kulit yang cantik dan indah serta terlihat awet muda, ternyata Anda bisa memanfaatkan kulit pisang. Hal ini dikarenakan kulit pisang mengandung suatu senyawa yang dipercaya dapat mengencangkan dan mencegah penuaan pada kulit. Anda dapat mengolah kulit pisang tersebut dengan cara dihaluskan kemudian oleskan ke permukaan wajah secara lembut.

3. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat kulit pisang untuk wajah yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan cara melembutkan kulit pisang hingga halus lalu oleskan bahan tersebut ke bagian wajah secara merata. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurnya dengan madu asli.

4. Mengatasi Jerawat

Manfaat kulit pisang untuk wajah lainnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di wajah. Anda dapat menggunakannya dengan cara menggosokkan kulit pisang ke permukaan wajah yang terdapat jerawat. Gosokkan secara perlahan dan lembut.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah jangan menggosoknya secara kasar dan menekannya untuk mecegah terjadinya iritasi pada kulit wajah. Jika dilakukan secara rutin, maka jerawat akan hilang dengan sendirinya. Selain itu, Anda dapat mengoleskan kulit pisang pada malam hari sebelum tidur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Bintik atau noda hitam yang muncul di permukaan kulit wajah merupakan sel kulit mati yang tidak terangkat dan masih menempel pada sel kulit lama. Sel kulit mati ini dapat menyebabkan wajah terlihat kusam, berminyak dan terlihat kotor.

Untuk mengatasinya, Anda cukup memanfaatkan kulit pisang dengan cara menumbuk beberapa kulit pisang hingga halus. Lalu terapkan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan beberapa menit, setelah itu bilas dengan air bersih yang mengalir. Lakukan secara rutin untuk hasil yang Anda inginkan.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Disamping melakukan perawatan yang cukup mahal, Anda dapat memanfaatkan kulit pisang sebagai alternatif untuk membuat wajah Anda tampak lebih cerah dan berseri. Tidak hanya murah dan murah, penggunaan kulit pisang untuk wajah juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

7. Memutihkan Gigi

Terdapat pernyataan dari beberapa orang bahwa menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigi dapat membantu memutihkan gigi jika dilakukan secara rutin. Anda dapat mengikuti pernyataan tersebut dengan cara menggosokkan kulit pisang pada gigi dengan gerakan melingkar. Bukannya tanpa alasan, pisang ternyata memiliki kandungan magnesium dan potasium yang dapat menghilangkan noda pada gigi.

8. Menghilangkan Mata Panda

Seperti dikutip dari laman Stylecraze, untuk mengatasi mata panda atau disebut juga dengan nama kantung mata, Anda dapat menghancurkan pisang dan apel lalu oleskan pada bagian bawah mata dan diamkan selama 15 menit. Selain itu, Anda juga dapat menggosokkan kulit pisang pada mata untuk cara yang lebih praktis.

9. Menunda Terjadinya Kerutan pada Wajah

Kerutan atau keriput pada wajah merupakan salah satu masalah yang timbul seiringnya bertambah usia. Namun Anda dapat menundanya dengan menggunakan kulit pisang. Caranya yaitu keroklah bagian dalam kulit pisang, kemudian tambahkan dengan madu murni sebanyak satu sendok teh.

Setelah itu, balurkan masker kulit pisang tersebut pada permukaan wajah yang terlihat ada kerutan, diamkan kurang lebih selama 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan handuk hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Artikel terkait: Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehataan

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat kulit pisang untuk wajah dan kecantikan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Rambusa atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.