10 Khasiat Memakan Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang mengandung beberapa nutrisi penting, dan memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan, kesehatan jantung, menjaga berat badan, dll. Selain sangat bergizi, buah pisang juga merupakan makanan ringan yang sangat enak untuk di konsumsi. Berikut adalah manfaat pisang yang baik untuk kesehatan.

10 Khasiat dan Manfaat Pisang Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Pisang Yang Baik Untuk Kesehatan

 

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah pisang baik untuk menurunkan berat badan, dimana satu buah pisang hanya memiliki sekitar 90 kalori. Pisang juga mengandung banyak serat juga, mudah dicerna, dan tidak mengandung lemak apapun .

Serat akan menghambat pelepasan hormon rasa lapar, yaitu ghrelin. Hal ini akan mengurangi makan berlebihan, menjaga seseorang tetap sehat, tetapi juga membantu mereka secara alami untuk menurunkan berat badan.

Artikel terkait: Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

2. Meningkatkan Berat Badan

Selain manfaat pisang untuk menurunkan berat badan, pisang juga dapat berguna untuk meningkatkan berat badan. Bila dikonsumsi dengan susu , pisang membantu meningkatkan berat badan seseorang dengan cepat, karena susu menyediakan protein yang diperlukan dan pisang menyediakan gula.

Selain itu, karena pisang mudah dicerna, orang yang lemah dapat memakan 5 sampai 6 buah pisang dalam sehari, terlepas dari makanan biasa. Hal ini dapat menyebabkan tambahan 500 sampai 600 kalori yang cukup diperlukan untuk meningkatkan berat badan.

3. Membuat Tulang Kuat

Pisang adalah salah satu buah terbaik untuk menjamin tulang kuat dan sehat sepanjang hidup anda. Salah satu alasannya adalah kehadiran fructooligosaccharide (FOS), yang merupakan prebiotik dan probiotik, yaitu bakteri baik yang terdapat dalam saluran pencernaan kita yang meningkatkan asupan mineral dan nutrisi oleh tubuh.

Secara khusus, pisang terkait dengan peningkatan penyerapan kalsium. Kalsium adalah unsur yang paling penting dalam produksi dan pertumbuhan kembali materi tulang dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan osteoporosis dan kelemahan alami umumnya terkait dengan penuaan.

4. Pisang Dapat Mengatasi Sembelit

Buah pisang mengandung cukup banyak serat, karena itu dapat membantu dalam melancarkan buang air besar. Pisang dapat mendorong keluar kotoran yang membandel dan meringankan seseorang dari sembelit. Buah Pisang juga membantu dalam mengobati gangguan usus lainnya, termasuk kanker kolorektal.

5. Mengurangi Risiko Gangguan Ginjal

Pisang telah dikaitkan dengan mengurangi bahaya terhadap penyakit ginjal dari sejumlah kondisi yang berbeda. Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, dapat membantu meringankan tekanan pada ginjal, dan juga memperlancar buang air kecil.

Hal ini dapat membantu untuk menjaga racun dalam tubuh, dan mempercepat pembuanga racun dari tubuh melalui peningkatan frekuensi dan volume buang air kecil. Selain itu, ada polifenol, yaitu senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah pisang yang berdampak positif pada fungsi ginjal dan akumulasi racun, juga merangsang berfungsinya ginjal dengan baik.

6. Kesehatan Mata

Buah pisang dikemas dengan senyawa antioksidan dan karotenoid, serta campuran yang tepat dari mineral yang benar dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Buah pisang telah terbukti menurunkan risiko degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukoma dengan asupan buah pisang yang normal dan buah-buahan lain yang sejenis.

7. Melindungi Dari Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Buah pisang merupakan sumber yang kaya kalium, sehingga pisang dapat mengurangi tekanan darah.

Dengan mengurangi ketegangan antara arteri dan vena, darah dapat mengalir lebih lancar melalui tubuh dan mengoksidasi berbagai organ tubuh untuk meningkatkan fungsi organ tersebut. Hal ini dapat membantu menghilangkan aterosklerosis, stroke dan serangan jantung yang umumnya terkait dengan kondisi itu.

8. Mengobati Anemia

Pisang mengandung kadar besi yang tinggi, oleh karena itu pisang dapat membantu dalam mengobati anemia karena zat besi merupakan bagian penting dari sel darah merah. Anemia juga memiliki kandungan yang signifikan dari tembaga, yang merupakan elemen penting dalam penciptaan sel darah merah.

Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah, tidak hanya mencegah anemia , tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi ke seluruh bagian tubuh, sehingga oksigen mengalir ke berbagai bagian organ dan mengoptimalkan fungsi organ tersebut.

9. Mengatasi Sakit Maag

Selama bertahun-tahun, pisang telah digunakan sebagai makanan antasida untuk menenangkan sakit perut, dan menekan sekresi asam lambung. Senyawa organik dalam pisang merangsang aktivitas sel-sel di lapisan perut kita untuk membangun penghalang untuk melindungi terhadap asam.

Artikel terkait: Manfaat dan Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

10. Masalah Haid

Banyaknya kandungan potasium dan magnesium dalam buah pisang bisa mengurangi nyeri ketika haid (bagi perempuan), karena kandungan potasium pada pisang dapat menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa memakan buah pisang memiliki banyak manfaat / khasiat, terkhususnya manfaat pisang untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul Khasiat Kopi Untuk Kesehatan dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

12 Comments