11 Khasiat Teh Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Bunga Sepatu atau kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Selain sebagai hiasan, bunga sepatu juga biasa dimanfaatkan untuk minuman, seperti teh bunga sepatu. Berikut ini artikel mengenai manfaat teh bunga sepatu untuk kesehatan yang dapat diperoleh.

Teh bunga sepatu mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk mengatur tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, pencernaan, sistem kekebalan tubuh, dan masalah peradangan. Selain itu, bunga sepatu juga dapat membantu menyembuhkan penyakit hati dan mengurangi risiko kanker.

11 Manfaat Teh Bunga Sepatu untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Deskripsi Tanaman Bunga Sepatu

Bunga sepatu terdiri dari 5 helai daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Disamping itu, pada bunga sepatu juga terdapat biji yang berbentuk kapsul berbilik lima. Pada umumnya tinggi tanaman ini sekitar 2 sampai 5 meter.

Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Di daerah tropis, bunga sepatu dapat berbunga sepanjang tahun, sedangkan di daerah subtropis dapat berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur. Bunga sepatu berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm.

Putik (pistillum) menjulur keluar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman ini bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Pohon bunga sepatu dapat berbunga biak dengan cara stek, pencangkokan, dan okulasi.

Manfaat Teh Bunga Sepatu

Berikut 11 manfaat teh bunga sepatu bagi kesehatan :

1. Membantu Mngobati Diabetes

Minum teh bunga sepatu dapat membantu menurunkan tekanan darah karena adanya sifat hipolipidemik dan hipoglikemik. Cukup tambahkan dua cangkir teh untuk konsumsi sehari-hari akan dapat memberikan manfaat. Tidak hanya itu, selain menurunkan tekanan darah teh ini juga efektif meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

2. Menjaga Kesehatan Hati

Teh bunga sepatu mengandung antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kesehatan hati. Antioksidan tersebut berguna untuk mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dengan menetralkan dan membersihkan hati.

3. Melancarkan Pencernaan

Teh bunga sepatu mengandung sifat diuretik yang dapat membantu meningkatkan buang air kecil. Selain itu, sifat ini juga dapat meningkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit.

4. Menghilangkan Nyeri Haid

Sangat umum bagi wanita mengalami beberapa kram ketika mendapat haid. Mineral dan vitamin dalam teh ini juga memiliki sifat anti-depresan yang dapat menenangkan sistem saraf Anda. Pikiran dan tubuh akan menjadi lebih santai bahkan ketika sedang menstruasi.

5. Membuang Racun dalam Tubuh

Minum teh bunga sepatu dapat membuat tubuh Anda dingin, merasa lebih segar dan dapat membuang racun dalam tubuh Anda.

6. Mencegah Kanker

Teh bunga sepatu mengandung antioksidan dan polifenol yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Jadi sebelum sel-sel tersebut berubah menjadi sel kanker, maka bunga sepatu akan melawan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

[ Baca juga : Manfaat Teh Hijau ]

7. Mengobati Penyakit Jantung

Minum teh bunga sepatu minimal 14 cangkir dalam seminggu  dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal tersebut telah terbukti melalui beberapa studi dan itulah sebabnya mengapa teh herbal ini digunakan secara luas untuk menurunkan risiko gejala dan serangan jantung.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandunga vitamin C, sifat antibakteri dan anti-inflamasi dalam teh bunga sepatu sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti mencegah terserang flu, demam dan kedinginan.

9. Anti Penuaan Dini

Antioksidan tidak hanya efektif dalam membunuh radikal bebas dalam tubuh, tetapi juga sangat baik dalam mencegah tanda-tanda penuaan. Itulah sebabnya di beberapa negara, teh ini telah banyak digunakan untuk perawatan kecantikan.

10. Menenangkan Sistem Saraf

Teh bunga sepatu mengandung vitamin dan mineral seperti flavonoid yang memiliki sifat antidepresan. Mengkonsumsi teh ini dapat membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi kecemasan dan depresi dengan menciptakan sensasi santai dalam tubuh dan pikiran.

11. Menurunkan Berat Badan

Teh bunga sepatu juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, yang berarti bahwa itu mengandung gula dan pati, hal tersebut akan cenderung menambah berat badan Anda.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun sepatu dapat menurunkan penyerapan pati dan glukosa serta dapat membantu menurunkan berat badan. Bunga sepatu menghambat produksi amilase, yang membantu dalam penyerapan karbohidrat dan pati, sehingga minum teh bunga sepatu dapat mencegah penyerapan tersebut.


Efek Samping Teh Bunga Sepatu

1. Beberapa orang mungkin dapat mengalami efek halusinasi ringan akibat minum teh bunga sepatu. Untuk mencegah hal tersebut, lebih baik tidak berkendara setelah minum teh. Tunggu sebentar untuk melihat apa yang terjadi setelah meminum teh bunga sepatu.

2. Manfaat kesehatan dari teh bunga sepatu termasuk menurunkan tekanan darah (properti anti-hipertensi). Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk orang-orang yang sudah memiliki tekanan darah rendah (hipotensi). Apabila tetap mengkonsumsi teh ini tanpa mempertimbangkan risikonya terlebih dahulu, maka dapat menyebabkan pingsan, pusing dan bahkan dapat merusak jantung atau otak jika dikonsumsi oleh seorang individu dengan tekanan darah rendah.

3. Teh bunga sepatu tidak dianjurkan untuk wanita hamil, karena efek emmenagogue nya yang dapat merangsang menstruasi atau aliran darah di rahim atau daerah panggul. Bagi mereka yang menjalani terapi hormon atau mengonsumsi pil KB, disarankan untuk berkonsultasi dengan spesialis kesehatan terlebih dahulu.

4. Beberapa orang mungkin dapat mengalami reaksi alergi etelah minum teh bunga sepatu, seperti mata gatal merah, sinus, atau demam ketika mengkonsumsi teh ini.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa bunga sepatu memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat teh bunga sepatu untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Sukun serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat teh bunga sepatu :

  • id.wikipedia.org/wiki/Bunga_sepatu
  • www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/hibiscus-tea.html
  • drhealthbenefits.com/food-bevarages/beverages/tea/health-benefits-of-hibiscus-tea