10 Khasiat Teh Putih untuk Kesehatan

Teh putih berasal dari tanaman Camellia sinensis yang dikemas dengan berbagai nutrisi penting. Dengan begitu teh putih dapat memberikan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Manfaat teh putih untuk kesehatan meliputi kesehatan kulit, kesehatan mulut, kesehatan tulang, kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan masih banyak lagi yang kan dibahas pada artikel ini.

Manfaat Teh Putih

Asal Usul

Teh putih tercipta sejak sekitar 5000 tahun yang lalu di Cina secara tidak sengaja. Kebetulan saat bepergian di sepanjang jalan pedesaan, kaisar Shen Nung tiba-tiba merasa haus, lalu disediakan air matang. Kemudian beberapa daun teh putih terbang dan jatuh ke dalam panci air, yang memberikan rasa yang unik. Kaisar secara langsung menyukai minuman ini dan meminta penduduk setempat untuk mencari asal-usul daun ini. Begitulah asal usul teh putih ini tercipta.

Manfaat Teh Putih

Berikut 10 manfaat teh putih bagi kesehatan :

1. Kesehatan Kulit

Teh putih dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Penggunaan teh putih dianjurkan karena memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu dalam perbaikan dan pemulihan sel kulit yang rusak. Selain itu juga bermanfaat dalam melindungi kulit terhadap efek sinar ultraviolet.

2. Kesehatan Mulut

Manfaat kesehatan dari teh putih yaitu termasuk meningkatkan kesehatan mulut. Kehadiran polifenol, flavonoid dan tanin dalam teh putih dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan berbagai bakteri yang dapat menyebabkan pembentukan plak.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut Harvard Medical School, kandungan katekin yang terkandung dalam teh putih dapat menurunkan berat badan. Berbagai jenis teh, termasuk teh putih, juga sarat akan antioksidan yang dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

4. Mencegah Risiko Kanker

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research, teh putih memiliki efek anti kanker. Bahkan teh putih lebih efektif daripada teh hijau dalam menghancurkan sel-sel kanker yang disebutkan dalam penelitian.

5. Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi teh putih secara teratur dapat membantu dalam mencegah beberapa penyakit tulang yang dapat menyebabkan degenerasi tulang. Asupan rutin teh putih juga dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, yang dapat mencegah osteoporosis.

6. Sifat Anti Inflamasi

Sifat anti inflamasi pada teh putih dapat mengurangi risiko rheumatoid arthritis. Bagi Anda yang sudah menderita rheumatoid arthritis, teh putih dapat mengurangi peradangan dan kerusakan sendi, dan juga mengurangi beberapa rasa sakit dan nyeri akibat arthritis.

7. Meningkatkan Kewaspadaan dan Energi

Teh putih memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit dibandingkan dengan kopi, minuman berenergi, dan minuman yang mengandung kafein lainnya. Jadi teh putih dapat memberikan manfaat atas kafein, seperti dapat meningkatkan kewaspadaan dan memberikan tambahan energi.

8. Kesehatan Jantung

Teh putih dapat membantu melindungi jantung dan sistem peredaran darah secara keseluruhan dengan mengurangi kolesterol, menurunkan kadar trigliserida, dan meningkatkan fungsi arteri serta pembuluh darah.

Teh putih juga dapat menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat, yang dapat membantu melindungi terhadap stroke. Sebuah studi menunjukkan bahwa minum teh putih secara rutin dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung sampai sebesar 50%.

9. Meningkatkan Memori dan Daya Ingat

Teh putih merupakan sumber antioksidan yang baik, dan salah satu sumber terbaik dari katekin. Hal ini yang membuatnya sebagai salah satu minuman yang baik untuk meningkatkan memori, bahkan dapat memperlambat penurunan memori yang berkaitan dengan usia.

10. Sistem Pencernaan yang Lebih Baik

Mengkonsumsi teh putih secara rutin dapat meningkatkan sistem pencernaan yang lebih baik. Secangkir teh putih akan memberikan mengatasi kram perut dan mual serta dapat mengurangi keasaman lambung dalam waktu yang singkat.

Baca juga :

  1. Manfaat Teh Hijau
  2. Manfaat Teh Ginseng
  3. Manfaat Teh Kayu Manis
  4. Manfaat Teh Bunga Sepatu

Peringatan dan Efek Samping Teh Putih

Pada umumnya teh putih aman untuk dikonsumsi, karena mengandung rendah kafein dan gizi yang tinggi. Walaupun begitu, teh putih masih dapat menimbulkan beberapa risiko, yaitu :

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teh putih mengandung rendah kafein. Teh putih yang berasal dari daun muda diketahui mengandung jumlah kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang berasal dari daun yang lebih tua. Oleh karena itu lebih baik menghindari asupan kafein yang berlebihan, karena dapat menimbulkan insomnia, rasa gugup, pusing, dan lain-lain.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa minum teh memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat teh putih untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Bunga Pepaya serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat teh putih untuk kesehatan :

www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-white-tea-on-your-health/#gref

naturalremedyideas.com/health-benefits-of-white-tea/

www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/white-tea.html

www.theteatalk.com/white-tea-benefits.html

image by : www.femcafe.hu

Silahkan bagikan artikel ini melalui: