9 Khasiat Susu Skim untuk Kesehatan

Susu skim atau susu bebas lemak dapat menjadi alternatif yang baik dari susu murni jika Anda sedang mempertimbangkan untuk diet atau menurunkan berat badan, karena mengandung kadar lemak dan kalori yang cukup rendah. Tidak hanya itu, karena susu ini juga mengandung berbagai nutrisi lain yang dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut artikel mengenai manfaat susu skim untuk kesehatan.

Susu Skim
Susu Skim via Nymag.com

Manfaat Susu Skim

Susu skim dikemas dengan berbagai mineral, vitamin, dan nutrisi penting lainnya yang dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Berikut 9 manfaat susu skim bagi kesehatan :

1. Susu Bebas Lemak

Susu skim merupakan bagian dari susu yang krimnya telah dihilangkan (baik sebagian atau seluruhnya). Hal ini menjadikannya susu rendah lemak, bahkan tanpa lemak. Tidak adanya lemak jenuh dalam susu dapat membantu Anda dalam mencegah penambahan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, susu ini juga rendah kolesterol yang pada akhirnya dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda (1).

2. Sebagai Sumber Protein yang Baik

Susu jenis ini dianggap sebagai sumber protein yang baik dan mengandung berbagai asam amino. Dimana asam amino bertanggung jawab dalam membangun dan menjaga otot. Berdasarkan penelitian, protein dalam susu ini dapat membantu membangun otot lebih cepat daripada protein pada kedelai (1).

3. Susu yang Tepat untuk Membentuk Otot

Seperti yang sudah dijelaskan, susu merupakan sumber protein yang sangat baik dan dianggap sebagai salah satu makanan pembentuk otot terbaik. Susu mengandung dua jenis protein yang berkualitas tinggi yang disebut dengan whey dan kasein. Whey protein diserap dengan cepat oleh aliran darah, sedangkan kasein dicerna secara perlahan (2).

Oleh karena itu, Anda perlu minum segelas susu skim setelah berolahraga karena whey dalam susu akan memberikan asupan protein yang diperlukan oleh otot untuk masa pemulihan setelah melakukan aktivitas berat. Kasein dalam susu ini, yang dicerna dalam waktu yang lebih lama, juga dapat membantu menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari (2).

4. Rendah Kalori

Susu skim mengandung kalori yang cukup rendah dibandingkan dengan susu murni (whole milk). Secangkir susu skim mengandung 71 kal, sedangkan secangkir susu sapi mengandung sekitar 160 kal. Dimana sebagian besar kalori dalam susu ini berasal dari kandungan karbohidratnya (1).

5. Kaya akan Mineral Penting

Susu mengandung berbagai mineral penting seperti selenium, potasium, kalsium, magnesium, seng, dan fosfor. Kalsium membantu membangun gigi dan tulang yang kuat. Dan kalium dapat membantu mengontrol tekanan darah dan fungsi jantung yang tepat (1).

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Susu skim mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi, yang merupakan mineral yang diperlukan untuk perkembangan dan menjaga gigi tetap sehat. Protein dalam susu dalam mencegah hilangnya kalsium dan fosfat, yang kemudian dapat meningkatkan kesehatan pada enamel gigi (2).

7. Susu Skim yang Diperkaya dengan Vitamin A dan Vitamin D

Secara alami, susu mengandung vitamin A dan vitamin D, yang larut dalam lemak. Selama proses skimming, menghilangkan lemak dari susu juga dapat menghilangkan vitamin ini. Namun sebagian produk susu skim yang diperkaya (fortified milk) mengandung vitamin A dan vitamin D yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh (3).

8. Mengoptimalkan Penyerapan Kalsium

Vitamin D dapat membantu memastikan tubuh Anda dapat menggunakan kalsium dengan tepat. Hal ini kemudian dapat membantu tubuh Anda dalam menyerap kalsium dari susu, dan juga membantu tubuh Anda menyalurkan kalsium ke berbagai jaringan yang memerlukannya (3).

9. Menjaga Kesehatan Kulit, Kulit, dan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan kesehatan mata, dan juga dapat memberi nutrisi pada sistem kekebalan tubuh Anda. Dimana secangkir susu skim yang diperkaya atau fortified milk ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Namun, pastikan untuk memeriksa label nutrisi jika Anda ingin beli susu, karena merk susu skim yang satu dengan merk yang lain mengandung vitamin yang bisa saja berbeda-beda (3). Baca juga berbagai manfaat vitamin A untuk kesehatan.

Artikel terkait :


Pertimbangan dalam Mengkonsumsi Susu Skim

Susu memang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, meskipun begitu susu skim juga memiliki kekurangan. Susu ini sering dianggap memiliki cita rasa yang kurang jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya, oleh karena itu beberapa orang mungkin tidak menyukai susu ini. Selain itu, jika Anda memiliki kondisi intoleransi laktosa atau memiliki alergi susu, sebaiknya berkonsultasi dahulu pada dokter sebelum mengkonsumsi susu ini.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa susu memiliki banyak manfaat, terkhususnya 9 manfaat susu skim untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Jamblang atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat susu skim untuk kesehatan :

(1) www.thehealthsite.com/fitness/top-health-benefits-of-skimmed-milk-ta1214/

(2) www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/health-benefits-of-skimmed-milk.htm

(3) healthyeating.sfgate.com/advantages-skim-milk-6626.html

(4) en.wikipedia.org/wiki/Skimmed_milk

One Comment