14 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Susu kedelai atau lebih tepatnya disebut sari kedelai merupakan salah satu jenis minuman yang terbuat dari kacang kedelai. Dibalik cara pembuatannya yang sederhana dan mudah ditemui di mana pun, susu kedelai memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil yang akan menjadi pembahasan kali ini. Lalu apa saja manfaat susu kedelai untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
Gambar susu kedelai via extracrispy.com

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Berikut 14 manfaat susu kedelai bagi ibu hamil:

1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Hal ini karena susu kedelai memiliki kandungan zat gizi yang penting bagi kesehatan tubuh. Berbagai mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya akan membantu menjaga kondisi Ibu hamil maupun janinnya agar tetap sehat.

2. Memerangi Kolesterol Jahat

Selama masa kehamilan, ibu hamil memiliki risiko mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan oleh peningkatan atau penumpukan kolesterol jahat. Hal ini sangat tentu dapat berdampak pada kesehatan dirinya maupun janin. Untuk mencegah risiko ini, ibu hamil dapat mengonsumsi susu kedelai untuk dapat membantu melawan kolesterol jahat itu melalui kandungan lemak nabati yang terkandung di dalamnya.

3. Baik untuk Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Nutrisi yang terkandung dalam kacang kedelai sangat berkhasiat dalam menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang janin, dan mencegah keguguran. Selain itu, kandungan protein dan berbagai bahan penyusunnya yang terkandung di dalam susu kedelai juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin.

4. Sumber Energi Bagi Ibu Hamil

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam susu kedelai sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan bayi yang dikandung. Mengonsumsi susu kedelai secara teratur selama kehamilan, terutama selama trimester kedua hingga ketiga, dapat membuat kondisi tubuh sang ibu hamil menjadi lebih bugar.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu masalah yang dapat dialami oleh ibu hamil adalah kondisi kesehatan pencernaan yang kurang lancar. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan minum susu kedelai. Hal ini dikarenakan minuman ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

6. Meningkatkan Kecerdasan Janin

Susu kedelai mengandung asam folat yang sangat penting untuk membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan atau janin. Selain dapat meningkatkan kecerdasan janin, tercukupinya asupan folat pada ibu hamil juga dapat mencegah terjadinya gangguan perkembangan otak dan saraf pada janin.

7. Membantu Penyerapan Kalsium

Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan asupan kalsium yang cukup tinggi yaitu sekitar 1200 mg per hari. Kacang kedelai sebagai bahan baku susu kedelai mengandung bahan fitoestrogen yang dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan lebih baik.

Tercukupinya asupan kalsium dapat mencegah ibu hamil mengalami kekurangan kalsium. Selain itu, kalsium juga merupakan salah satu nutrisi penting untuk membantu pembentukan jaringan tulang, gigi dan rambut untuk janin, serta dapat mencegah osteoporosis untuk wanita yang sudah memasuki tahap menopause.

8. Membantu Mencegah Obesitas

Pada dasarnya berat badan ibu hamil akan naik seiring dengan penambahan jumlah usia kehamilan. Ini merupakan hal yang wajar karena berat badan janin juga bertambah. Susu kedelai mengandung kadar gula alami lebih kecil dibandingkan susu sapi dan susu kambing sehingga mencegah terjadinya obesitas pada ibu hamil.

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Selain 8 manfaat dan khasiat susu kedelai untuk ibu hamil, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari susu kedelai ini yang perlu Anda ketahui, khususnya bagi ibu hamil. Berikut beberapa manfaat lainnya dari susu kedelai untuk ibu hamil:

9. Mencegah Hipertensi

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

11. Membuat Ibu Hamil Tidak Mudah Lelah

12. Mencegah Pendarahan Setelah Proses Persalinan

13. Mencegah Sembelit pada Ibu Hamil

14. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Baca juga: Manfaat Kacang Kedelai

KONSUMSI SUSU KEDELAI BAGI IBU HAMIL YANG DISARANKAN

Pada dasarnya susu kedelai dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan. Hal ini karena apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi ibu hamil dan janinnya itu sendiri. Oleh karena itu, ibu hamil perlu membatasi jumlah konsumsi susu kedelai.

Menurut beberapa penelitian, batas aman untuk ibu hamil dalam mengonsumsi susu kedelai adalah sekitar 4 cangkir sehari. Selain itu, susu kedelai untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengandung bahan pengawet, gula tambahan, maupun bahan perasa makanan.

Baca juga: Manfaat Susu Kambing

EFEK SAMPING SUSU KEDELAI BAGI IBU HAMIL

Beberapa efek samping yang dapat terjadi ketika mengonsumsi susu kedelai secara berlebihan adalah sebagai berikut:

1. Menimbulkan gejala alergi seperti sulit bernafas, mual, muntah, dan bengkak.

2. Konsumsi yang berlebihan juga dapat menyebabkan migrain.

3. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa susu kedelai dapat memicu pertumbuhan tumor pada janin dalam rahim.

Baca juga: Manfaat Kedelai Hitam

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Pisang atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: