9 Khasiat Kefir untuk Kesehatan

Kefir adalah minuman hasil fermentasi yang secara tradisional dibuat menggunakan susu sapi atau susu kambing. Banyak orang yang menganggap bahwa kefir lebih baik daripada yoghurt dalam beberapa hal yang berkaitan dengan kesehatan. Berikut artikel mengenai manfaat kefir untuk kesehatan.

Manfaat Kefir

Pada dasarnya ada dua jenis utama dari kefir. Kedua jenis kefir tersebut adalah: susu kefir (terbuat dari susu sapi, susu domba, atau susu kambing) dan kefir air (yang terbuat dari air manis atau air kelapa, yang keduanya tidak mengandung susu). Terlepas dari macam-macam kefir tersebut, kefir air tetap memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti susu kefir.

Asal Usul

Kefir berasal dari Pegunungan Kaukasus di Eropa Timur. Diyakini bahwa nama ini berasal dari Turki kata “keif” yang berarti perasaan atau kondisi yang baik. Perkiraan lain adalah nama kefir berasal dari kata “kaafuura” yang berasal dari nama mata air di surga yang memiliki air yang berwarna putih, harum, dan memiliki rasa yang lezat.

Manfaat Kefir

Berikut 9 manfaat kefir bagi kesehatan :

1. Sumber Probiotik

Kefir merupakan sumber probiotik, yaitu organisme hidup (termasuk bakteri sehat) yang secara alami dapat ditemukan dalam saluran pencernaan manusia. Organisme ini dapat membantu menahan pertumbuhan bakteri berbahaya dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

2. Sumber Vitamin B

Kefir merupakan sumber dari beberapa vitamin B, yang penting untuk kesehatan dan fungsi tubuh yang baik. Kefir mengandung B12, yang penting untuk darah dan sistem saraf, dan B1 yang penting dalam membantu Anda untuk mengatasi stres.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kefir sarat dengan bakteri baik probiotik yang memiliki dampak positif bagi kesehatan pencernaan Anda. Kefir telah dikenal dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi sindrom iritasi usus, penyakit radang usus, dan kondisi pencernaan kronis lainnya serta diare, sembelit, dan kembung.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kefir juga dapat memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh, yaitu dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan membantu tubuh Anda dalam melawan patogen yang berbahaya. Selain itu, konsumsi kefir bisa menjadi cara yang efektif untuk membantu tubuh Anda melawan virus, bakteri, dan penyakit lainnya.

5. Mencegah Risiko Kanker

Penelitian telah menemukan bahwa makanan fermentasi, seperti kefir dan yoghurt, dapat membantu melawan kanker. Makanan fermentasi dapat menghambat pertumbuhan tumor kanker, mengurangi senyawa karsinogenik, dan bahkan mengatasi beberapa tumor pada hewan percobaan. Sebuah studi juga menemukan bahwa konsumsi rutin kefir bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker payudara.

6. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi kefir dapat meningkatkan kepadatan tulang, sehingga membuat kefir menjadi pilihan yang efektif untuk membantu mengelola dan menyembuhkan osteoporosis.

Kefir tidak hanya mengandung banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang yang baik (seperti kalsium, magnesium, dan vitamin K2), selain itu probiotik dalam kefir juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi.

7. Mengurangi Gejala Alergi dan Asma

Dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Immunology, kefir ditemukan memiliki efek positif pada alergi dan asma. Para peneliti juga menyatakan bahwa kefir memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang bisa membuktikan bahwa kefir dapat berguna dalam pencegahan asma.

8. Membantu Detoksifikasi

Racun lingkungan, serta racun yang terdapat dalam makanan dapat meningkatkan risiko kanker dan menyebabkan berbagai efek kesehatan. Bakteri yang terdapat di kefir dapat membantu detoksifikasi tubuh Anda.

9. Melawan Bakteri Berbahaya

Beberapa infeksi yang disebabkan karena bakteri, seperti Helicobacter pylori atau Salmonella, sangat berbahaya karena dapat mengancam jiwa. Kefir mengandung strain probiotik yang unik yang dapat mencegah pertumbuhan Salmonella, H. pylori, dan E. coli.


Catatan

Jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap susu atau produk susu, maka lebih baik Anda disarankan untuk konsultasi dengan dokter atau ahli gizi mengenai apakah Anda boleh mengkonsumsi kefir atau tidak.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kefir memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kefir untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Daging Ayam serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kefir untuk kesehatan

draxe.com/kefir-benefits/

www.huffingtonpost.ca/2013/09/12/kefir-benefits_n_3914818.html

www.doctorshealthpress.com/food-and-nutrition-articles/health-benefits-of-kefir