10 Khasiat Yoghurt untuk Kesehatan

Yoghurt atau yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang cukup populer dan dibuat melalui fermentasi bakteri. Yogurt memiliki nilai gizi yang sangat baik, sehingga dengan mengkonsumsi yoghurt secara teratur dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan anda. Manfaat yoghurt untuk kesehatan meliputi kesehatan jantung, kesehatan tulang, kesehatan kulit untuk digunakan sebagai masker yogurt, dan sebagainya yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Manfaat Yoghurt

Yogurt dapat dibuat dari susu kambing atau susu domba, maupun yang paling populer adalah menggunakan susu sapi. Selain itu, yogurt merupakan produk susu fermentasi yang paling banyak dikonsumsi di Amerika Serikat saat ini, dengan kefir sebagai pilihan kedua. Di Indonesia sendiri, yoghurt yang cukup terkenal yaitu yogurt cimory.

Manfaat Yoghurt

Berikut 10 manfaat yoghurt bagi kesehatan :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat yoghurt untuk diet. Bakteri baik yang dapat ditemukan dalam yoghurt dapat membantu memperlancar pencernaan dan dapat membantu metabolisme menjadi lebih cepat yang berarti bahwa hal tersebut dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan.

2. Kesehatan Tulang

Kalsium yang terkandung dalam yoghurt sangat penting dalam menjaga kondisi kesehatan tulang. Oleh karena itu, mengkonsumsi yoghurt dapat membantu dalam menjaga kekuatan tulang. Yogurt juga baik dikonsumsi oleh penderita osteoporosis dan rematik.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi yoghurt, terutama yang mengandung probiotik, secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan anda tertular penyakit. Probiotik telah terbukti dalam mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus sampai gangguan usus.

4. Kesehatan Sistem Pencernaan

Beberapa jenis probiotik yang terkandung dalam yoghurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti dapat mengurangi gejala ketidak nyamanan akibat sindrom iritasi usus. Sindrom iritasi usus merupakan gangguan umum yang mempengaruhi usus besar.

5. Kesehatan Jantung

Salah satu produk susu seperti yoghurt ini telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor utama terhadap risiko penyakit jantung. Terlepas dari kandungan lemaknya, yoghurt juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Dalam penelitian terbaru, asupan yoghurt probiotik secara langsung berhubungan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2. Yogurt mendukung pencernaan dan penyerapan nutrisi ke seluruh saluran pencernaan, dimana hal ini sangat penting untuk regulasi gula darah yang sehat.

7. Memperbaiki Mood atau Suasana Hati

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh UCLA’s Gail and Gerald Oppenheimer Family Center for Neurobiology of Stress membandingkan kondisi otak sebelum dan sesudah penelitian dilakukan. Peneliti menemukan bahwa wanita sehat yang mengkonsumsi yoghurt secara teratur memiliki kontrol yang lebih baik akan kondisi suasana hatinya.

8. Mengatasi Bau Mulut

Yoghurt dapat menjadi pengobatan alami dalam mengatasi bau mulut dan dapat mengurangi halitosis (bau nafas yang tidak sedap) hingga 80% pada subjek penelitian. Bagi mereka yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin juga memiliki tingkat plak dan gingivitis (suatu kelainan berupa peradangan pada gusi) yang lebih rendah.

9. Kesehatan Kulit dan Rambut

Yoghurt ketika diterapkan pada kulit dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan ruam kulit, serta dapat membuat kulit lebih sehat bercahaya dengan mengurangi lingkaran hitam dan menutup pori-pori. Yogurt juga bermanfaat untuk rambut, dimana yogurt dapat membantu menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan berketombe.

10. Menurunkan Risiko Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang tumbuh pada usus besar. Dalam sebuah studi yang dilakukan dalam International Journal of Cancer yang melibatkan 45.000 individu, menunjukkan bahwa yoghurt dapat memberikan perlindungan terhadap kanker kolorektal. Hal ini dikarenakan saluran pencernaan yang sehat, yang disebabkan karena probiotik dan bakteri sehat yang terdapat dalam yoghurt.


Penggunaan Yoghurt

Terdapat banyak kegunaan non kuliner dalam menggunakan yoghurt. Yoghurt dapat digunakan untuk perawatan kecantikan dengan memanfaatkan manfaat dari probiotiknya seperti berikut ini :

1. Mengatasi Jerawat

Campurkan 2 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan oat, 1 sendok makan madu mentah. Oleskan pada permukaan wajah sebagai masker yogurt, biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.

2. Melembabkan Kulit Kering

Campurkan 1 sendok makan yoghurt dengan 1/2 sendok makan minyak kelapa, dan oleskan pada permukaan wajah atau siku. Biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan menggunakan tisu.

3. Melembabkan Rambut Kering

Campurkan 2 sendok makan yogurt dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Tutupi rambut dengan handuk, dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas sampai bersih.


Perhatian dan Efek Samping Mengkonsumsi Yoghurt

Bagi yang memiliki alergi terhadap susu dapat memicu berbagai reaksi dari gatal-gatal dan bengkak hingga anafilaksis yang dapat mengancam jiwa. Untuk alasan ini, sebaiknya anda menghindari yoghurt jika anda memiliki alergi susu.

Banyak jenis yoghurt yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, terutama yang berlabel rendah lemak. Asupan gula yang berlebihan dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, termasuk diabetes dan obesitas. Oleh karena itu, anda perlu cermat dalam memilih yoghurt yang akan dikonsumsi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa yogurt atau yoghurt memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat yoghurt untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Habbatussauda serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat yoghurt untuk kesehatan :

authoritynutrition.com/7-benefits-of-yogurt/

www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-of-yogurt.html

naturalremedyideas.com/yogurt-health-benefits/

draxe.com/probiotic-yogurt/

2 Comments