14 Khasiat dan Manfaat Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu varian buah jeruk yang memiliki rasa yang cenderung asam atau kecut. Saking rasanya yang begitu kecut, jeruk nipis yang dikonsumsi secara langsung dapat menyebabkan perut Anda terasa perih. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini biasanya perasan air jeruk nipis bisa ditambahkan ke dalam minuman air putih. Selain rasanya yang menyegarkan, air putih yang dikombinasikan dengan perasan jeruk nipis juga dapat memberikan beberapa keuntungan untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat air jeruk nipis untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Air Jeruk Nipis
Gambar air jeruk nipis via limeroad.com

Manfaat Air Jeruk Nipis

Berikut 14 manfaat air jeruk nipis bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat air jeruk nipis yang pertama yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena air jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh, sehingga dapat membantu mencegah serta melawan penyakit seperti flu.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Khasiat air jeruk nipis dengan kandungan kalium di dalamnyanya juga dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami serta melancarkan sirkulasi darah. Sehingga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

3. Membantu Mencegah Kanker

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyebab kematian yang banyak terjadi di seluruh dunia. Kabar baiknya, dengan mengonsumsi air jeruk nipis dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan air jeruk nipis mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan pertumbuhan sel dan meningkatkan sistem imun.

4. Melancarkan Buang Air Kecil

Mengonsumsi air jeruk nipis hangat secara rutin dapat membantu menormalkan sistem diuretik. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dari hati melalui enzim detoksifikasi yang ada dalam hati.

5. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam air jeruk nipis dapat bertindak sebagai antioksidan alami. Dimana antioksidan ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan terjadinya penuaan dini.

6. Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Air jeruk nipis yang dikonsumsi secara rutin, terutama dikala pagi hari, dapat membantu proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari berbahaya yang terakumulasi di dalam tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, serta membuat Anda menjadi lebih segar.

7. Mengurangi Peradangan

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthritis), asam urat, serta penyakit yang terkait sendi lainnya. Selain itu, air jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat dan meredakan gejala yang muncul.

8. Membuat Pikiran dan Tubuh Menjadi Rileks

Air jeruk nipis yang disajikan hangat dan karena aroma khasnya dapat membantu menyegarkan pikiran sehingga otak menjadi lebih rileks. Selain itu, kandungan zat aktif yang terkandung di dalamnya juga dapat mengembalikan fungsi tubuh menjadi lebih baik setelah beraktivitas seharian penuh.

Artikel terkait:

Selain 8 khasiat dan manfaat air jeruk nipis yang telah disebutkan diatas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari air jeruk nipis yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari air jeruk nipis:

9. Mempercepat proses penyembuhan

10. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

11. Menjaga Fungsi Otak

12. Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

13. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

14. Membantu Menurunkan Berat Badan


SARAN PENYAJIAN AIR JERUK NIPIS

Untuk menikmati jeruk nipis dengan tetap memperoleh manfaat dari air jeruk nipis ini, Anda cukup lakukan mengiris secara tipis buah jeruk nipis yang telah dicuci bersih, lalu masukan ke dalam gelas. Tuang air panas ke dalamnya dan tunggu kurang lebih 30 menit sebelum Anda mengonsumsinya. Disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin, baik dikonsumsi pada pagi atau malam hari untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat air jeruk nipis untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Bacang atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: