22 Manfaat Minuman Anggur Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Minuman Anggur Merah – Minuman anggur merah adalah minuman yang sudah tidak asing ditelinga. Lalu, apa itu minuman anggur merah?

Manfaat Minuman Anggur Merah
image from: pixabay

Mengenal Minuman Anggur Merah

Minuman anggur merah adalah minuman yang terbuat dari buah anggur yang di fermentasi dan telah melalui berbagai proses. Banyak orang yang meminum anggur merah setelah menghadapi hari yang panjang, atau saat makan malam. Minuman anggur merah juga biasanya dikonsumsi saat ada perayaan akan hal penting.

Tapi tahukan Anda? Minuman anggur merah ternyata dapat memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Apa saja manfaat minuman anggur merah?


Manfaat Minuman Anggur Merah

Berikut ini adalah 22 manfaat kesehatan yang dapat diperoleh jika meminum anggur merah :

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Anggur merah mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan mengurangi resiko kematian karena serangan jantung karena kandungan tanin yang membantu mencegah penyakit jantung dan resveratrol yang bertanggung jawab atas kesehatan jantung serta membantu mengeluarkan darah yang menggumpal. Anggur merah juga menurunkan LDL (kolesterol jahat dan HDL (kolesterol baik).

  1. Memperlambat penuaan dan meningkatkan usia harapan hidup

Kandungan resveratrol di dalam anggur merah mampu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh proses penuaan yang terjadi secara alami.

Efek dari resveratrol ini dapat ditingkatkan dengan diimbangi diet seimbang, yaitu memperbanyak makan makanan yang mengandung serat, vitamin, dan mineral.

  1. Mencegah dan membantu mengatasi penyakit Alzheimer

Kandungan resveratrol sebagai antioksidan dalam anggur merah mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang berkaitan juga dengan penyakit Alzheimer.

Para peneliti melakukan riset lebih lanjut tentang kandungan dalam anggur merah yang dapat membantu memperlambat dan mencegah kerusakan syaraf yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

  1. Mengurangi peradangan

Anggur merah mengandung banyak polifenol, seperti resveratrol, antosianin, katekin, dan tanin yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mengurangi gejala radang.

  1. Mengurangi dan mencegah resiko kanker

Kandungan resveratrol di dalam anggur merah mampu melindungi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh karsinogen. Anggur merah dapat pula menghambat dan menghentikan pertumbuhan tumor.

Selain itu, anggur merah sanggup memperlambat penyebaran sel kanker di dalam tubuh dan mencegah adanya mutasi pada sel kanker yang bisa membuat sel kanker tahan tehadap kemoterapi. Mengonsumsi anggur merah dalam jumlah sedang juga dapat menurunkan resiko kanker payudara pada wanita.

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Kandungan flavonoid didalam anggur merah bisa melindungi sel didalam tubuh yang memperlancar aliran darah. Dengan demikian, aliran darah menuju otak akan meningkat dan mencegah adanya plak didalam pembuluh darah. Kandungan dalam anggur merah juga dapat melindungi otak dari penyakit demensia.

  1. Membantu merawat kulit

Kandungan antioksidan dalam minuman anggur merah, seperti flavonoid, resveratrol, dan tanin membantu melawan penuaan dengan cara memulihkan kolagen di dalam kulit.

  1. Tidur dengan lebih nyenyak

Anggur merah mengandung melatonin, yaitu hormon yang membantu memperbaiki siklus tidur.

  1. Mengurangi dan mencegah resiko diabetes tipe 2
  2. Mengurangi stress dan meningkatkan mood
  3. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke
  4. Mencegah kerusakan gigi
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  6. Meningkatkan kepadatan tulang
  7. Membantu menurunkan berat badan
  8. Menyegarkan nafas
  9. Mencegah obesitas
  10. Mengurangi resiko katarak
  11. Melawan depresi
  12. Mengurangi jerawat
  13. Mengobati sunburn
  14. Menyuburkan rambut

Tips Mendapatkan Manfaat Minuman Anggur Merah yang Optimal

Tentu saja, untuk mendapatkan manfaat dari minuman anggur merah ini tidak asal minum, tetapi membutuhkan dosis tertentu agar memperoleh manfaat dari anggur merah ini.

Berdasarkan Federal guidelines and the American Heart Association, jika memilih untuk meminum alkohol, maka konsumsilah dalam jumlah sedang, yaitu tidak lebih dari 1-2 minuman per hari untuk pria dan 1 minuman per hari untuk wanita. 1 minuman yang dimaksud adalah sekitar 120 mL untuk minuman anggur merah.

Hal ini dikarenakan anggur merah memang mengandung banyak antioksidan, maka minuman anggur merah adalah pilihan yang lebih baik jika dibandingkan dengan alkohol lain ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Baca juga :

Sumber:

food.ndtv.com/health/red-wine-benefits-will-a-glass-of-vino-a-day-actually-keep-the-doctor-away-1219416
wine.lovetoknow.com/wiki/Red_Wine_Benefits
www.goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/a33145/drink-wine-every-day
www.jpnn.com/news/8-manfaat-meminum-anggur-merah-di-malam-hari?page=2
www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-red-wine/
www.wideopeneats.com/10-health-benefits-get-drinking-daily-glass-wine/
Ringkasan
22 Manfaat Minuman Anggur Merah Untuk Kesehatan
Judul Artikel
22 Manfaat Minuman Anggur Merah Untuk Kesehatan
Deskripsi
Minuman anggur merah memiliki 22 manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga menyuburkan rambut.
Penulis

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *