14 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung lemak paling tinggi. Meskipun begitu, kandungan lemak dalam buah ini merupakan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan, tak terkecuali untuk kesehatan ibu hamil. Lalu apa saja manfaat buah alpukat untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil
Gambar buah alpukat via foodandwine.com

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Selain rasanya yang lezat, buah alpukat ternyata juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Berikut 14 manfaat buah alpukat bagi ibu hamil:

1. Mencegah dan Mengobati Kram

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang pertama yaitu dapat membantu mencegah dan mengobati sakit kram. Hal ini karena adanya potasium yang terkandung di dalam buah ini yang dapat membantu para ibu hamil dalam mencegah atau mengobati rasa kram, nyeri atau sakit selama proses kehamilan.

2. Mencegah Anemia

Mengonsumsi alpukat dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi di dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahaui apabila ibu hamil mengalami kekurangan zat besi dapat menimbulkan anemia dengan gejala pusing atau bahkan pingsan. Untuk mengatasi hal ini, cukup makan beberapa potong dari buah ini saja sudah lebih dari cukup.

3. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Selain untuk ibu hamil, manfaat buah alpukat ini pun juga dapat berdampak langsung pada sang janin. Mengonsumsi buah alpukat secara rutin akan membantu memenuhi kebutuhan harian akan asupan nutrisi. Yang selanjutnya dapat mencegah bayi lahir cacat.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat buah alpukat untuk ibu hamil dapat digunakan untuk membuat kulit tampak lebih lembab sehingga menjaga kescantikan kulit. Seperti yang Anda ketahui bahwa wanita hamil bisa saja mengalami situasi dimana kulit menjadi sensitif karena perubahan hormon. Oleh karena itu, mengonsumsi buah alpukat merupakan hal yang tepat bagi ibu mengandung.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Selama kehamilan, terutama menjelang akhir masa kehamilan seorang ibu dapat saja mengalami sembelit. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengonsumsi buah alpukat. Hal ini karena buah ini mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

6. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Terdapat suatu penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi karotenoid dalam tubuh. Karotenoid sendiri diperoleh dari vitamin A yang ada di dalam buah alpukat yang memiliki fungsi untuk mencegah janin terserang penyakit atau gangguan pada mata.

7. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Kandungan serat yang ada dalam buah alpukat dapat membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Selain itu, lemak tak jenuh yang juga terkandung di dalamnya terbukti menghasilkan rasa kenyang lebih besar dibandingkan lemak jenuh dan lemah trans yang biasanya ada didalam masakan olahan.

8. Meningkatkan Produksi Hormon Prolaktin

Buah alpukat mengandung vitamin E yang dapat menghasilkan hormon prolaktin. Bila seorang ibu hamil kekurangan hormon ini, maka akan menyebabkan pengaruh terhadap kondisi emosional. Selain itu, vitamin E juga dapat memberikan lingkungan yang nyaman untuk si janin.

Artikel terkait: Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Selain 8 khasiat dan manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang telah disebutkan tersebut, buah alpukat masih memiliki beragam manfaat lainnya yang perlu diketahui. Berikut beberapa manfaat lain dari buah alpukat untuk ibu hamil:

9. Mencegah Terjadinya Gangguan Tulang pada Bayi

10. Mencegah Cacat Syaraf pada Janin

11. Mencegah Komplikasi

12. Sebagai Sumber Kalsium yang Baik

13. Mempercepat Penyerapan Zat Besi

14. Pembentukan Sel Darah Merah


TIPS MENGONSUMSI BUAH ALPUKAT YANG TEPAT UNTUK IBU HAMIL

Untuk mendapatkan beragam manfaat dari buah alpukat secara optimal, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada dasarnya buah ini dapat diolah menjadi campuran sandwich, es buah, jus buah, dan sebagainya. Bahkan dapat dikonsumsi secara utuh untuk dijadikan cemilan sehat untuk diet selama kehamilan.

Namun perlu diperhatikan bahwa penyimpanan buah alpukat yang telah dikupas harus disimpan dalam wadah yang higienis. Selain itu jika Anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk jus buah alpukat, hindarilah penggunaan gula yang berlebihan atau gunakan pemanis alami seperti madu murni.

Artikel terkait: Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Arbei atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment