14 Manfaat Buah Arbei untuk Kesehatan

Arbei, dikenal juga dengan nama stroberi kebun, merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditemui dan dikonsumsi bagian buahnya oleh banyak masyarakat Indonesia. Memiliki rasa yang enak dengan paduan rasa manis dan asam yang menyegarkan, membuatnya banyak digemari kalangan masyarakat. Tidak hanya itu saja, buah arbei ini ternyata menyimpan segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah arbei untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Arbei
Gambar tanaman arbei via abbeymedievalfestival.com

KANDUNGAN GIZI BUAH ARBEI

Berdasarkan data dari Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), setiap 100 gram buah arbei memiliki kandungan berupa:

  • Air sebanyak 89.9 gram.
  • Vitamin B1 sebanyak 0.003 mg.
  • Vitamin A sebanyak 60 SI.
  • Fosfor sebanyak 27 mg.
  • Kalsium sebanyak 28 mg.
  • Asam folat sebanyak 30 mcg.
  • Karbohidrat sebanyak 8.3 gr.
  • Lemak sebanyak 0.5 mg.
  • Protein sebanyak 0.8 gr.
  • Energi sebanyak 37 kkal.

Dengan adanya kombinasi dari berbagai kandungan buah arbei tersebut maka tidak mengherankan jika buah arbei sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Buah Arbei

Berikut 14 manfaat buah arbei bagi kesehatan:

1. Mencegah Sembelit

Manfaat buah arbei yang pertama yaitu dapat membantu mencegah sembelit. Hal ini karena buah arbei kaya akan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, buah ini juga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk penurunan berat badan.

2. Mengatasi Sariawan

Buah arbei mengandung kadar vitamin C yang tergolong cukup tinggi, sehingga dapat mencukupi kebutuhan harian akan vitamin ini pada tubuh Anda. Oleh karena itu, tidak heran jika hal ini dapat membantu Anda mengatasi sariawan setelah Anda rutin mengonsumsinya.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Tidak hanya dapat mengatasi sariawan, kandungan vitamin C pada buah Arbei ternyata juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, adanya kandungan fosfor dan kalsium pada buah ini berperan penting dalam menguatkan struktur gigi.

4. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Buah arbei ternyata juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko terkena kanker. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan pada buah ini yang dapat mengurangi risiko terhadap penyakit kanker dengan cara mencegah serta mengganggu proses pembentukan sel kanker.

5. Meringankan Gejala Diare

Buah arbei memiliki kandungan fitonutrien yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit, misalnya saja seperti diare. Selain itu, buah ini juga dapat membantu melindungi tubuh Anda agar terhindar dari penyakit lainnya terkait gangguan sistem pencernaan.

6. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat arbei yang selanjutnya yaitu membantu mencegah penuaan dini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa buah arbei memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain dapat mencegah kanker, senyawa antioksidan ini juga dapat membantu menunda terjadinya proses penuaan dengan cara menangkal radikal bebas yang berbahaya.

7. Memulihkan Stamina Tubuh

Buah arbei mengandung berbagai senyawa mineral yang dapat membantu memulihkan stamina tubuh setelah Anda melalui berbagai aktivitas yang melelahkan. Bahkan menurut para ahli herbal, buah arbei juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan lainnya.

8. Mencegah Penyakit Liver

Penyakit liver dapat disebabkan oleh virus maupun pola hidup yang tidak sehat. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat mulai mengonsumsi buah arbei secara rutin. Hal ini dikarenakan adanya kandungan flavonoida yang juga berasal dari tumbuhan Silybum Marianum L.

Artikel terkait: Manfaat Buah Murbei

Selain 8 manfaat dan khasiat buah arbei untuk kesehatan yang telah disebutkan tersebut, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah arbei:

9. Membantu Mengobati Penyakit Tifus

10. Memperlambat Hilangnya Ketajaman Memori Otak

11. Meremajakan Kulit Wajah

12. Menurunkan Asam Lambung

13. Mematikan Akar Tumor

14. Mencegah Osteoporosis

Artikel terkait: Manfaat Buah Strawberry

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah arbei untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Bidara atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: