Jangan Dikupas! 8 Kulit Buah ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Apakah Anda termasuk orang yang rutin mengonsumsi buah? Bila ya, hal tersebut tentu merupakan kebiasaan yang baik. Pasalnya, disamping dapat memberikan efek menyegarkan bagi tubuh, makan buah juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda, bagian kulit buah tertentu ternyata mengandung zat gizi dan mineral yang lebih kaya daripada daging buah itu sendiri? Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini.

Kulit buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan
Photo by Manki Kim on Unsplash

Pada dasarnya terdapat banyak cara untuk mengkonsumsi buah. Anda dapat memakannya secara langsung, ada yang dibuat menjadi minuman dalam bentuk jus.

Anda pun dapat membuatnya menjadi olahan makanan, seperti salad buah ataupun puding buah. Selain itu ada yang suka dimakan dengan kulitnya, ada pula yang dikupas terlebih dahulu. Sangat beragam bukan?

Nah pada jenis buah berikut ini, Khasiatsehat.com sarankan agar mengkonsumsi buah beserta dengan kulitnya agar mineral dan vitamin pada buah tersebut tidak terbuang sia-sia.

  1. Buah Anggur
kulit buah anggur
Image by congerdesign from Pixabay

Buah anggur dan jenis buah terdekatnya (buah ceri dan buah beri) ternyata sangat baik dikonsumsi dengan kulitnya. Hal ini karena kulit buah anggur mengandung tinggi antioksidan dan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Buah Apel
buah apel
Image by pasja1000 from Pixabay

Menurut beberapa sumber, kulit buah apel memiliki kandungan gizi yang tidak kalah tinggi daripada daging apelnya, lho. Dimana kulit apel kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, dan flavonoid.

Bahkan apel yang dikonsumsi dengan kulitnya memiliki 19% kalium dan 20% kalsium lebih banyak ketimbang apel yang dikupas.

Selain itu, kulit apel juga mengandung banyak antosianin dan karotenoid yang sangat bermanfaat unutk menjaga kesehatan mata dan juga mengurangi risiko terkena kanker prostat.

  1. Buah Pir
kulit buah pir
Image by Andy Delecluyse from Pixabay

Rupanya kulit buah pir dan kerabat terdekatnya (buah plum dan buah persik) tidak kalah bermanfaatnya dibanding buah anggur dan apel yang telah disebutkan sebelumnya. Dimana kulit buah ini kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan.

Didukung dengan sebuah studi yang menemukan bahwa mengkonsumsi buah persik yang dikupas akan memberikan hasil 13 hingga 48% antioksidan lebih rendah daripada tidak dikupas.

  1. Buah Aprikot
buah aprikot
Image by Couleur from Pixabay

Seperti penjelasan pada buah apel, kulit aprikot juga mengandung banyak nutrisi dan serat yang sangat baik untuk kesehatan. Jadi sangat disarankan apabila Anda ingin mengkonsumsi buah ini untuk tidak mengupas kulitnya.

  1. Buah Tomat
kulit tomat
Photo by Dmitry Demidov from Pexels

Terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kulit tomat memiliki kandungan naringenin flavonoid yang cukup tinggi, sehingga dapat menjadi anti inflamasi alami bagi tubuh. Meskipun begitu masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

  1. Buah Kiwi
buah kiwi
Image by Steve Buissinne from Pixabay

Siapa sangka bahwa kulit kiwi ternyata dapat dimakan, lho. Tidak hanya itu saja, kulit kiwi memiliki kandungan vitamin C dan serat yang cukup banyak.

Untuk dapat dimakan dengan kulitnya, Anda dapat mengiris tipis-tipis dengan daging buahnya lalu dihangatkan agar bulu halusnya dapat dimakan.

  1. Buah Mentimun
kulit mentimun
Photo by Lo from Pexels

Mentimun merupakan buah yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai lalapan ataupun cacar. Disamping fakta tersebut, timun yang dikonsumsi dengan kulitnya mengandung lebih banyak vitamin K, serat, dan juga kalium.

  1. Buah Jeruk
Image by S. Hermann & F. Richter from Pixabay

Kulit dari buah-buahan sitrus seperti lemon, jeruk nipis, dan juga jeruk ternyata dapat dimakan apabila diolah dengan cara dimasak atau diparut untuk dijadikan sebagai bumbu.

Karena seperti yang Anda ketahui bahwa jeruk dan buah sitrus lainnya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi.


Hal yang perlu diperhatikan sebelum makan kulit buah

Pastikan bahwa buah yang akan Anda konsumsi sudah dicuci bersih, hal ini dilakukan untuk menghindari pestisida yang mungkin saja masih menempel pada permukaan kulit buah. Agar lebih optimal, Anda dapat mencuci buah tersebut di air mengalir.

Sebagai alternatif, apabila Anda masih khawatir akan adanya pestisida yang masih tersisa, Anda juga dapat mengupas tipis bagian kulit buah agar tidak terlalu tebal. Hal ini diharapkan agar kandungan nutrisi pada kulit tidak banyak yang terbuang.

Baca juga:

Ringkasan
Jangan Dikupas! 8 Kulit Buah ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan
Judul Artikel
Jangan Dikupas! 8 Kulit Buah ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan
Deskripsi
Tahukah Anda, bagian kulit buah tertentu ternyata mengandung zat gizi dan mineral yang lebih kaya daripada daging buah itu sendiri? Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini.
Penulis