10 Khasiat Timun Untuk Kesehatan

Timun, ketimun, atau mentimun merupakan satu famili dengan tanaman seperti labu dan semangka. Mentimun sebagian besar terdiri dari air, yang membuatnya menjadi makanan yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Disamping kandungan air yang tinggi, ketimun juga memiliki beberapa nutrisi yang penting bagi tubuh, hal ini menjadikan manfaat timun sangat baik untuk kesehatan.

10 Khasiat dan Manfaat Timun Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi pada ketimun, dapat membantu anda terhindar dari kekurangan gizi. Mentimun juga mengandung polifenol dan senyawa lain yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Serta berbagai manfaat timun untuk wajah dan kesehatan lainnya yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Mencegah Kanker

Mentimun mengandung polifenol yang disebut dengan lignan, yang dapat membantu menurunkan risiko terhadap kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, dan kanker prostat. Timun juga mengandung fitonutrien yang disebut dengan cucurbitacin, yang juga memiliki sifat anti kanker.

2. Menyegarkan Nafas

Dengan menempatkan irisan mentimun di langit-langit mulut dapat membantu dalam mengatasi masalah mulut anda dari bakteri penyebab bau mulut. Berdasarkan prinsip-prinsip Ayurveda, konsumsi mentimun juga dapat membantu dalam melepaskan kelebihan panas dalam perut anda, yang dikatakan sebagai penyebab utama bau mulut.

3. Melancarkan Pencernaan

Mentimun kaya akan dua elemen yang paling mendasar yang dibutuhkan untuk mendapatkan pencernaan yang sehat, yaitu air dan serat. Kulit mentimun mengandung serat tak larut yang dapat membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan secara lebih cepat untuk membuang kotoran dalam tubuh.

4. Menjaga Berat Badan

Mentimun sangat rendah kalori, sehingga cocok untuk dijadikan makanan cemilan. Serat larut dalam mentium dapat membantu untuk memperlambat pencernaan anda. Hal ini akan membantu anda untuk merasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat terhindar untuk makan makanan yang berlebih, dengan begitu berat badan anda akan terjaga.

5. Menjaga Hidrasi Tubuh

Sebagian besar mentimun terbuat dari air dan penuh dengan elektrolit penting, dimana mentimun dapat menjadi makanan yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas maupun musim panas untuk mencegah dehidrasi. Dengan menambahkan mentimun ke air, merupakan cara yang cukup efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

6. Kesehatan Tulang

Rendahnya asupan vitamin K telah banyak dikaitkan dengan risiko lebih tinggi akan patah tulang. Dalam memadai vitamin K, dapat diperoleh melalui konsumsi asupan yang tepat dari buah-buahan dan sayuran, salah satunya adalah konsumsi mentimun, yang baik untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga mendapatkan kesehatan tulang yang optimal.

7. Mengurangi Peradangan

Ekstrak mentimun segar dikenal dapat mengurangi peradangan yang tidak diinginkan. Mentimun memiliki zat yang disebut dengan beta karoten, yang bertindak sebagai antioksidan. Hal ini dapat membantu melawan radikal bebas dan kerusakan kontrol. Hal ini juga dapat memembantu proses penyembuhan. Selain itu mentimun juga kaya akan flavonoid yang sangat baik dalam mengurangi peradangan.

8. Mengontrol Diabetes

Mentimun juga dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi diabetes. Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh pankreas untuk memproduksi insulin. Insulin merupakan hormon alami yang diproduksi oleh organ pankreas, yang berfungsi mengatur metabolisme karbohidrat dan tingkat gula darah (glukosa) dalam tubuh.

9. Kesehatan Rambut

Manfaat timun yang paling penting untuk rambut terutama disebabkan karena adanya kandungan silikon, sulfur, natrium, fosfor, dan kalsium yang paling dibutuhkan dalam pertumbuhan rambut. Selain itu ekstrak mentimn juga dapat membuat rambut lebih halus dan mengkilap.

10. Kesehatan Kulit

Mentimun berperan sebagai pelembab alami. Dengan menempatkan irisan mentimun dingin pada area mata dapat melembabkan mata dan kulit sekitar. Hal ini dapat membantu mengurangi garis-garis dan kerutan di sekitar wajah. Manfaat timun bagi kulit yang paling penting yaitu dapat membantu dalam merevitalisasi kulit. Penggunaan masker timun dapat bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan meremajakan kulit.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa mentimun memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat timun untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Belimbing Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

3 Comments