11 Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan

Kayu manis adalah spesies pepohonan yang berasal dari genus Cinnamomum (famili dari Lauraceae) dan merupakan salah satu rempah-rempah tertua di dunia. Kayu manis memiliki bau, warna, dan rasa yang unik. Manfaat kayu manis berasal dari kulit pohon Cinnamomum yang mengandung beberapa senyawa dan kandungan-kandungan khusus. Para peneliti telah menyimpulkan bahwa manfaat kesehatan dari kayu manis dapat diperoleh dalam bentuk kulit kayu manis murni, minyak esensial, dalam bentuk bubuk kayu manis atau dalam bentuk ekstrak. Berikut artikel mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan.

Asal Usul Kayu Manis

Kayu manis menjadi rempah-rempah yang paling diandalkan di Eropa  pada abad pertengahan. Sebelumnya, negara-negara Arab memainkan peran utama dalam perdagangan kayu manis sejak 4000 tahun yang lalu. Mereka menggunakan jalur darat untuk menyebarkan rempah-rempah ke benua India, kemudian ke Timur Tengah, dan akhirnya ke Eropa. Kini, kayu manis telah menjadi rempah-rempah yang digunakan di seluruh dunia.

11 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan  - Khasiat Sehat

Manfaat Kayu Manis

Berikut 11 manfaat kayu manis untuk kesehatan :

1. Memperlambat Proses Penuaan

Kayu manis mengandung berbagai antioksidan pelindung yang berperan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Kemudian, adanya kandungan polifenol, asam fenolik, dan flavonoid dalam kayu manis juga berfungsi mengurangi berbagai bentuk stres oksidatif.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Penelitian telah menunjukkan kayu manis bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total, LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, sedangkan HDL (kolesterol baik) akan tetap stabil. Kayu manis juga telah terbukti mengurangi tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kayu manis dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, termasuk jaringan jantung yang membutuhkan regenerasi untuk melawan serangan jantung.

3. Mengontrol Gula Darah

Khasiat kayu manis untuk diabetes. Kayu manis dikenal memiliki efek anti-diabetes. Kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin yaitu hormon penting yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah. Disamping itu kayu manis juga berperan menghambat enzim alanine yang menyerap gula ke dalam darah, sehingga penderita diabetes dapat mengkonsumsinya.

4. Kesehatan Otak dan Meningkatkan Fungsi Kognitif

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam kayu manis dapat melindungi otak dari gangguan syaraf, seperti Parkinson dan penyakit Alzheimer. Selain itu, kayu manis juga bermanfaat meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan otak dengan mengaktifkan protein neuro-protektif yang melindungi sel-sel otak dari mutasi dan kerusakan. Kemudian, adanya senyawa anti-inflamasi dalam kayu manis juga dapat menjadi obat alami untuk mencegah penyakit neuro-degeneratif yang berkaitan dengan usia.

5. Membantu Mencegah Pertumbuhan Tumor dan Kanker

Antioksidan dalam kayu manis turut berperan melindungi tubuh dari kerusakan DNA, mutasi sel, dan pertumbuhan tumor/kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat kesehatan dari kayu manis berasal dari senyawa cinnamaldehyde yang menghambat pertumbuhan tumor, kanker, melindungi DNA dari kerusakan, dan apoptosis sel kanker.

6. Mencegah Infeksi dan Virus

Kayu manis memiliki sifat anti-mikroba, anti-biotik, anti-jamur, dan anti-virus yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Kayu manis banyak digunakan untuk membantu melawan infeksi dan virus berbahaya.

Kemudian, kayu manis juga dapat melindungi diri dari berbagai bakteri yang dapat menyebabkan gejala negatif pada saluran pencernaan, pada permukaan kulit, dan saluran penapasan, bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa kayu manis dimungkinkan dapat mengurangi risiko tertular HIV.

Artikel terkait mengenai rempah-rempah :

7. Kesehatan Gigi dan Penyegar Bau Mulut

Penelitian menyebutkan bahwa kayu manis dapat menjadi pelindung terhadap bakteri yang menjadi penyebab bau mulut, kerusakan gigi dan infeksi mulut. Sehingga, kayu manis juga sering digunakan sebagai penyegar alami dalam permen karet dan obat kumur karena kemampuannya yang secara alami menghilangkan bau mulut tanpa adanya kandungan bahan kimia.

8. Mencegah Pertumbuhan Jamur

Sifat anti-jamur pada kayu manis juga efektif menghentikan pertumbuhan jamur Candida di saluran pencernaan. Kayu manis telah terbukti menurunkan jumlah Candida Albicans berbahaya yang merupakan jamur penyebab infeksi. Menurut penelitian, ketika pasien diberi ekstrak kayu manis atau minyak esensial kayu manis dapat mengurangi gejala yang diakibatkan oleh peradangan atau gangguan usus.

9. Kesehatan Kulit

Kayu manis mengandung anti-biotik dan anti-mikroba yang melindungi kulit dari iritasi, ruam, reaksi alergi, dan infeksi. Menggunakan minyak esensial kayu manis langsung pada kulit dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, nyeri, dan kemerahan.

10. Membantu Mengatasi Alergi

Sebuah penelitian telah menyebutkan bahwa kayu manis dapat membantu mengatasi gejala alergi dan mengurangi peradangan akibat reaksi histamin dalam tubuh.

11. Bisa Digunakan Sebagai Pengawet Alami

Salah satu manfaat yang kurang dikenal dari kayu manis adalah bahwa kayu manis dapat digunakan untuk mengawetkan makanan karena kayu manis memiliki kemampuan anti-bakteri dan juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat digunakan sebagai pengawet makanan tanpa perlu bahan kimia dan bahan buatan.

Sebuah penelitian terbaru melaporkan bahwa ketika pektin dari buah dilapisi dengan ekstrak daun kayu manis akan menghasilkan antioksidan tinggi yang akan bermanfaat bagi kesehatan.


Efek Samping Kayu Manis

Wanita hamil agar berkonsultasi terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi kayu manis, karena kayu manis dapat menyebabkan kontraksi rahim dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan persalinan prematur.

Sebagian besar jenis kayu manis memiliki sekitar 5% Coumarin yang dapat menyebabkan gagal hati jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ketika Anda mengkonsumsi kayu manis secara berlebihan, maka Anda mungkin dapat mengalami iritasi pada lapisan perut, pusing atau sesak napas.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kayu manis memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kayu manis untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kecipir serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kayu manis :

  • draxe.com/health-benefits-cinnamon/
  • www.med-health.net/Cinnamon-Powder.html
  • www.lankacinnamon.com/cinnamons-history.html
2 Comments