7 Khasiat Daun Anggur untuk Kesehatan

Daun anggur merupakan salah satu bagian dari tanaman anggur yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Karena pada umumnya banyak orang yang hanya menikmati bagian buahnya saja untuk dikonsumsi. Lalu apa saja manfaat daun anggur untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Anggur
Gambar daun anggur via ndr.de

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa daun anggur memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan terutama untuk mengobati penyakit. Hal ini dikarenakan daunnya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun kandungan yang dapat diperoleh melalui daun anggur adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tak mengherankan jika daun anggur juga dapat memberikan beragam manfaat.

Manfaat Daun Anggur

Berikut 7 manfaat daun anggur bagi kesehatan:

1. Mengobati Diare

Manfaat daun anggur yang pertama yaitu dapat digunakan sebagai pengobatan diare. Dimana Anda dapat memanfaatkan air rebusan daun anggur untuk mengatasinya. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah, rebuslah beberapa helai daun anggur selama kurang lebih 17 menit kemudian tunggu hingga mendingin sebelum Anda meminumnya.

2. Meredakan Sakit Kepala

Menggunakan daun anggur merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk meredakan sakit kepala daripada menggunakan obat generik atau obat-obatan kimiawi. Hal ini dikarenakan selain alami, mengurangi penggunaan obat-obatan juga sangat baik untuk kesehatan jangka panjang. Adapun cara penggunaannya sama persis dengan mengobati diare diatas.

3. Mengatasi Masalah Mulut

Beberapa masalah kesehatan mulut yang dapat Anda atasi dengan daun anggur seperti sakit gigi, bau mulut, dan juga radang gusi. Sedikit berbeda dengan penggunaan daun anggur pada manfaat sebelumnya, untuk mengatasi masalah mulut dapat Anda lakukan dengan berkumur menggunakan air rebusan daun anggur sebanyak 3 kali sehari secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Mengatasi Sariawan

Selain masalah mulut yang telah disebutkan sebelumnya, daun anggur juga dapat digunakan untuk mengatasi sariawan. Anda dapat mengatasinya dengan cara membuat air rebusan daun buah anggur, lalu mengonsumsinya sebanyak 1 hingga 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

5. Melancarkan Buang Air Kecil

Batu ginjal merupakan salah satu penyebab buang air kecil menjadi tidak lancar dan menyebabkan rasa sakit. Solusinya adalah dengan cara meminum air rebusan daun anggur sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari untuk mengembalikan kelancaran dalam buang air kecil.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Selain dikonsumsi dalam bentuk air rebusan, daun anggur juga dapat diolah menjadi aneka sayuran. Anda dapat mengolahnya dalam bentuk sayur bening, pepes, tumis, dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda tidak hanya dapat menikmati rasanya yang enak, tetapi juga memperoleh khasiat daun anggur yang dapat meningkatkan nafsu makan. Sehingga juga cocok diberikan pada anak-anak yang mengalami susah makan.

7. Kesehatan Kulit Wajah

Tidak hanya untuk kesehatan, daun anggur juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. Terutama untuk merawat kulit agar menjadi terlihat lebih sehat dan cerah. Untuk penggunaannya, Anda dapat menumbuk beberapa helai daun anggur hingga halus lalu direbus. Setelah matang, air rebusan tersebut bisa Anda gunakan untuk membasuk wajah atau mandi, sedangkan ampasnya dapat Anda gunakan sebagai masker wajah.

Artikel terkait: Manfaat Buah Anggur


CARA MEMBUAT RAMUAN AIR REBUSAN DAUN ANGGUR

  1. Siapkan beberapa lembar daun anggur yang masih segar dan tidak terlalu tua.
  2. Cucilah daun tersebut hingga bersih.
  3. Siapkan 3 hingga 4 gelas air bersih dan masukkan ke dalam panci.
  4. Masukkan juga daun yang telah dicuci bersih ke dalam panci.
  5. Rebus daun tersebut hingga benar mendidih, dan tersisa 1 gelas air saja.
  6. Diamkan air rebusan yang masih panas hingga menjadi hangat.
  7. Jika Anda suka, Anda bisa menambahkan madu murni ke dalamnya agar terasa enak.
  8. Ramuan herbal air rebusan daun anggur siap dikonsumsi.

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat daun anggur untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Alkesa atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.