9 Khasiat Buah Cherry untuk Kesehatan

Ceri atau cherry merupakan kelompok tumbuhan marga Prunus, dengan beberapa jenis yaitu P. cerasus, P. avium, dan P. emarginata. Seperti kebanyakan pohon beriklim sedang, biji ceri membutuhkan udara dingin untuk dapat tumbuh, dikarenakan mekanisme pohon berevolusi untuk mencegah perkecambahan selama musim gugur yang kemudian akan menghasilkan bibit yang dibunuh oleh suhu musim dingin. Berikut ini artikel mengenai manfaat buah cherry untuk kesehatan.

Sebuah pohon ceri akan memakan waktu tiga sampai empat tahun untuk menghasilkan panen buah pertama, dan tujuh tahun untuk mencapai kematangan penuh. Bunga dan buah ceri biasa digunakan untuk hiasan hidangan makanan atau minuman. Akan tetapi kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya telah menjadikan buah ceri dapat menjadi salah satu alternatif kesehatan.

9 Manfaat Buah Cherry untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - Khasiat Sehat

Asal Usul Buah Cherry

Buah ceri berasal dari wilayah luas di Eropa, Asia Barat, dan Afrika Utara. Menurut catatan pertama mengenai ceri, buah ini telah sampai di Turki sekitar tahun 72 SM. Namun kini, buah ceri telah menyebar ke seluruh belahan dunia. Buah ceri memiliki musim panen yang sangat pendek dan dapat tumbuh pada iklim sedang.

Mayoritas ceri tumbuh di Amerika Serikat, yaitu di Oregon, Washington, Wisconsin, dan Michigan. Amerika Serikat adalah produsen ceri terbesar kedua di dunia dengan output lebih dari 300.000 ton per tahun, sedangkan Turki adalah produsen terbesar pertama dengan lebih dari 450.000 ton setiap tahunnya.

Manfaat Buah Cherry

Berikut 9 manfaat buah ceri bagi kesehatan :

1. Anti Penuaan dan Mencegah Radikal Bebas

Buah ceri kaya akan vitamin C dan flavonoid yang secara efektif dapat menetralisir radikal bebas dan melindungi kita dari segala penyakit yang berhubungan dengan penuaan, seperti melemahnya jantung dan sistem saraf, kehilangan penglihatan, degenerasi makula, rambut rontok, serta kerutan pada kulit. Antioksidan dalam ceri seperti karotenoid dan flavonoid (anthocyanin) dapat memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh gangguan radikal bebas pada sistem tubuh.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Terlepas dari melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, antioksidan dalam ceri juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi bakteri, virus dan jamur terutama di usus, saluran kemih, dan sistem ekskresi serta gejala batuk dan pilek.

3. Mencegah Kanker

Kandungan flavonoid, karotenoid dan vitamin seperti vitamin A dan vitamin C merupakan senyawa anti-karsinogenik yang sangat kuat. Zat-zat tersebut sangat efisien untuk menghambat pertumbuhan sel kanker serta mencegah pertumbuhan kanker baru.

4. Perawatan Mata

Antioksidan dalam buah cherry juga berperan melindungi mata dari segala kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan penuaan seperti kehilangan penglihatan, degenerasi makula, dan kekeringan. Selain itu buah cherry juga baik untuk menenangkan mata, mengurangi peradangan, dan membantu menjaga tekanan okular yang tepat.

[ Baca juga : Manfaat Buah Blueberry ]

5. Kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Flavonoid dan karotenoid sangat efektif dalam ceri dapat meningkatkan efisiensi otak, memori dan menjaganya agar tetap aktif. Sifat antioksidan dari buah ceri ini juga melindungi sistem saraf dari gangguan yang berkaitan dengan usia. Dengan demikian, ceri dapat membantu dalam mengobati gangguan saraf seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, depresi, kekecewaan, kecemasan yang tidak semestinya, dan stres kronis.

6. Kesehatan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah cherry dapat membantu meringankan sembelit dan asam yang ada dalamnya juga membantu pencernaan. Kemudian, flavonoid pada buah cherry juga berfungsi merangsang cairan pencernaan dan empedu sedangkan vitamin membantu dalam penyerapan nutrisi.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Vitamin, antioksidan dan mineral seperti fosfor pada buah ceri sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular. Nutrisi tersebut melindungi jantung dari hampir semua kerusakan yang akibat radikal bebas. Selain itu juga membantu menjaga kenormalan denyut jantung, memperkuat otot jantung, mencegah pembuluh darah dari pengerasan, dan mengurangi kolesterol dan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

8. Mengatasi Insomnia

Buah cherry mengandung melatonin yang lima kali lebih banyak dari buah blackberry dan buah strawberry yang dapat membantu menyembuhkan insomnia (yang kekurangan tidur) dan mempertahankan kesehatan fungsi sendi. Selain itu, buah ceri juga disarankan untuk Anda yang mengalami jet lag.

9. Memberikan Tambahan Energi

Buah ceri memberikan energi yang diperlukan bagi tubuh, karena adanya kandungan natrium di dalamnya. Selain itu juga buah ceri mengandung kalori yang sangat baik untuk meningkatkan energi tubuh.


Efek Samping Mengkonsumsi Buah Cherry

Buah cherry mengandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga apabila Anda mengkonsumsi buah cherry secara berlebihan dapat menyebabkan gas usus, kram perut atau kembung.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa cherry atau ceri memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah cherry untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Buah Markisa serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah ceri untuk kesehatan :

  • www.stylecraze.com/articles/top-10-health-benefits-of-cherries/
  • www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-cherry.html
  • www.livestrong.com/article/413875-the-side-effects-of-cherries/
  • bixproduce.tumblr.com/post/84775266016/a-brief-history-of-cherries
  • id.m.wikipedia.org/wiki/Ceri
One Comment