10 Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis merupakan salah satu buah-buahan tropis yang cukup populer. Buah manggis berbentuk bulat, berwarna ungu tua dengan warna dagingnya yang putih, memiliki rasa yang lezat dan begitu berair. Terlepas dari hal itu, manggis memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan, dimana manfaat buah manggis sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Manggis

Manggis merupakan buah-buahan yang kaya akan air, protein, karbohidrat, dan serat. Nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, dan mangan dapat ditemukan dalam buah ini.

Manggis juga mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Selain itu manggis juga memiliki kandungan seperti thiamin, riboflavin, niacin, asam folat, karoten, dll.

10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Buah Manggis

Berikut 10 manfaat buah manggis untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis dapat membantu dalam mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya. Buah manggis mengandung antioksidan yang kuat dan efektif dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan sejumlah kondisi medis yang parah.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Manggis juga mengandung sejumlah tinggi mineral seperti tambaga, mangan, dan magnesium. Kalium memberikan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner, karena merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, sertaa dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

3. Sebagai Anti Inflamasi

Manggis mengandung sifat anti inflamasi yang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita sakit linu panggul yang terkadang tidak bisa diatasi oleh terapi obat. Dengan mengkonsumsi manggis 2-3 kali sehari akan membantu mengurangi rasa sakit melalui efek anti inflamasi dan cox 2-nya.

4. Kesehatan Kulit

Manggis dapat membantu dalam menjaga kulit anda tetap sehat. Sifat anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur, anti alergi, dan antioksidan pada manggis dapat membantu dalam mengurangi risiko berbagai kondisi seperti radang kulit, eksim, alergi, dan infeksi kulit.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manggis kaya akan berbagai nutrisi, mineral, vitamin, dan xanthone yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit kesehatan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat yang secara alami terkandung dalam buah manggis dapat membantu orang yang menderita masalah pencernaan untuk mendapat sistem pencernaan yang lebih baik. Dengan begitu dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mencegah timbulnya masalah seperti sembelit.

7. Menjaga Berat Badan

Manggis merupakan buah yang rendah kalori dan mengandung vitamin yang dapat membantu dalam metabolisme. Hal ini berarti berpotensi untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, serta meningkatkan energi pada tubuh. Dengan makan manggis atau minum jus manggis merupakan cara terbaik untuk memberikan tubuh dengan nutrisi rendah kalori, serta tinggi akan serat, vitamin, dan mineral.

8. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan terjadi karena oksidasi. Manggis mengandung antioksidan seperti katekin ( bahasa inggris: catechin, yaitu antioksidan yang juga dapat ditemukan dalam teh hijau ). Dengan begitu manggis dapat membantu dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

9. Mengatasi Jerawat

Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba, yang sangat efektif dalam mengobati berbagai masalah kulit secara umum. Jerawat, noda kulit, kulit berminyak, dan kulit kering dapat diatasi dengan konsumsi buah manggis.

10. Mengurangi Kadar Gula Darah

Ketika semakin tua, orang-orang memiliki kemungkinan mempunyai tingkat gula darah yang lebih tinggi. Dimana ekstrak manggis dapat membantu dalam mengurangi kadar gula darah secara lebih efektif.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa manggis memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah manggis untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Buah Kelengkeng serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

4 Comments