12 Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Kulit manggis telah menjadi salah satu bagian penting dalam dunia kesehatan. Biasanya, kebanyakan orang hanya mengkonsumsi bagian daging buah manggis dan membuang kulitnya. Namun tahukan Anda, bahwa kulit manggis juga bermanfaat dan mengandung lebih banyak antioksidan daripada daging buahnya. Berikut manfaat kulit manggis untuk kesehatan.

Manfaat Kulit Manggis

Umumnya, kulit manggis dapat dikonsumsi dengan diolah menjadi jus kulit manggis, dan dianjurkan untuk mengkonsumsinya sekali dalam sehari secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika Anda tidak begitu menyukai rasanya, Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen dari ekstrak kulit manggis yang kini banyak dijual dipasaran seperti garcia dan mastin.

Manfaat Kulit Manggis

Berikut 12 manfaat kulit manggis bagi kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker, maupun bagi mereka yang sedang berjuang melawan kanker. Antioksidan yang tinggi dalam kulit manggis ini sangat penting untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, kulit manggis tidak benar-benar dapat membunuh sel kanker. Tetapi hanya membantu dalam proses penyembuhan kanker yang digunakan sebagai suplemen makanan. Oleh karena itu, penderita kanker masih perlu menjalani kemoterapi dan radioterapi.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kulit manggis juga mampu mencegah berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Dimana penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Meskipun begitu, Anda dapat mengkonsumsi kulit manggis untuk mencegah penyakit jantung.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kulit manggis mengandung vitamin C yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh setiap saat ketika tubuh bertemu dengan agen infeksi, sehingga kita tidak akan mudah sakit.

4. Mengontrol Gula Darah

Kulit manggis mengandung serat yang dapat membantu menjaga gula darah tetap dalam batas normal, yaitu dengan mengikat gula berlebihan di dalam usus dan mencegah untuk diserap ke dalam darah. Meskipun begitu, untuk mendapatkan hasil yang terbaik perlu diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

5. Mencegah Sembelit

Serat dalam kulit manggis dapat membantu Anda dalam mencegah sembelit. Serat dapat memberikan massa lebih banyak pada kotoran, dan juga menyerap air dari luar usus besar, sehingga dapat membuat kotoran yang akan dibuang menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Hal ini dapat membuat BAB Anda menjadi lebih teratur dan mencegah sembelit.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol

Serat dalam kulit manggis memiliki kemampuan dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) serta mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Serat dapat mengikat LDL dan trigliserida dalam usus, untuk mencegahnya diserap ke dalam darah.

Antioksidan yang terkandung dalam kulit manggi mengikat dengan LDL dan trigliserida dalam darah dan melancarkannya untuk diolah menjadi asam empedu, yang kemudian akan dihilangkan dari tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui, akumulasi LDL dan trigliserida dalam tubuh dapat menyebabkan aterosklerosis, yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

7. Mencegah Stroke

Kulit manggis dapat mencegah stroke karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dapat mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan kondisi dimana terjadi pengerasan dan penyempitan di dalam pembuluh darah arteri akibat pengendapan kolesterol dan zat lemak lainnya.

Antiosidan yang terkandung dalam kulit manggis dapat menjaga elastisitas pembuluh darah, sehingga mencegah terjadinya aterosklerosis yang dapat mengakibatkan stroke dan penyakit lainnya terkait dengan trombosis (penggumpalan darah)

8. Detoksifikasi

Antiosidan dalam kulit manggis dapat mengikat racun dan senyawa kimia lainnya yang masuk ke dalam tubuh akibat polusi udara, makanan dan radiasi yang terkontaminasi. Zat-zat berbahaya tersebut nantinya akan dihilangkan dari dalam tubuh melalui urin.

Jika zat-zat berbahaya tersebut masuk ke dalam usus, antioksidan dalam kulit manggis akan melindungi lapisan mukosa usus, sehingga lapisan mukosa tidak akan bersentuhan langsung dengan racun, sehingga mencegah pembentukan kanker usus.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Kulit manggis juga mengandung vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu Anda dalam menjaga fungsi penglihatan yang sehat, mencegah degenerasi makula, pembentukan katarak, maupun kondisi kesehatan lainnya yang berkaitan dengan mata.

10. Mempertahankan Kepadatan Tulang

Salah satu manfaat kesehatan dari kulit manggis adalah menjaga kepadatan tulang, karena kandungan kalsiumnya. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Jika kulit manggis dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, dapat mendukung pertumbuhan tulang yang optimal, membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi dengan tulang yang kuat.

11. Menjaga Stamina dan Kebugaran Tubuh

Kulit manggis juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat menjaga stamina dan meningkatkan kebugaran tubuh. Vitamin B penting untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Zat-zat ini kemudian akan diubah menjadi energi yang penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan metabolisme pada organ tubuh lainnya.

12. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kulit manggis sangat berguna untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan dapat menjaga kulit Anda tetap segar, kencang, tetap elastis, serta mengurangi keriput dan flek hitam yang umum terjadi.

Baca juga artikel lain, seperti :


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa manggis memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 12 manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kubis Ungu serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kulit manggis untuk kesehatan :

drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-of-mangosteen-peel

www.thealthbenefitsof.com/health-benefits-of-mangosteen-peel/

image by : www.cherrypinkonline.com