12 Khasiat Buah Bacang untuk Kesehatan

Buah bacang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang masih sekerabat dengan buah mangga. Buah ini mengandung sejumlah nutrisi yang membuatnya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi. Lalu apa saja manfaat buah bacang untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Bacang
Gambar buah bacang via komchadluek.net

Buah bacang memiliki beragam sebutan seperti buah ambacang, buah embacang, buah mangga bacang, ataupun buah pakel. Dalam bahasa inggris sendiri, bacang biasa disebut sebagai bachang atau horse mango. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, buah ini memiliki rasa yang cenderung asam dan kecut, sehingga cocok diolah menjadi jus atau manisan, serta rujak.

Manfaat Buah Bacang

Berikut 12 manfaat buah bacang bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah bacang yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang selanjutnya dapat membantu menangkal berbagai serangan penyakit.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh

Buah bacang dapat memberikan pasokan energi yang dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, buah ini dapat membuat Anda memiliki stamina untuk menjalani aktivitas seharian. Meskipun begitu, konsumsinya perlu diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

3. Mencegah Dehidrasi

Manfaat buah bacang yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah dehidrasi. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung kadar air yang cukup tinggi, sehingga tidak hanya dapat mencegah tetapi juga dapat mengatasi dehidrasi. Oleh karena itu, buah ini cocok diolah menjadi jus buah bacang untuk membantu melepas dahaga.

4. Menjaga Fungsi Otak

Seperti yang Anda ketahui bahwa mencukupi kebutuhan harian akan minum air akan berdampak baik bagi tubuh. Tak terkecuali untuk menjaga fungsi otak. Mengonsumsi buah bacang dapat membantu memenuhi kebutuhan otak akan asupan air, sehingga dapat menjaga otak agar berfungsi dengan baik.

5. Memperlancar Peredaran Darah

Tubuh manusia membutuhkan asupan air yang cukup untuk membuat peredaran darah tetap berjalan dengan lancar. Oleh karena itu selain dapat mencegah dehidrasi dan menjaga fungsi otak, kandungan air pada buah bacang juga dapat membantu memperlancar peredaran darah.

6. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Memiliki paru-paru yang sehat tentu akan membuat sistem pernapasan Anda juga menjadi lebih sehat. Khasiat buah bacang memiliki peran penting dalam hal ini. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru agar berfungsi dengan baik.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat tentu dambaan semua orang. Karena dengan memiliki kulit yang sehat, dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih sehat dan segar. Khasiat bacang dapat memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan, sehingga dapat membantu membuat kesehatan kulit Anda menjadi lebih baik.

8. Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Manfaat selanjutnya dari buah bacang yaitu dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Kulit yang cerah tidak selalu berwarna putih, tetapi cerah yang menampilkan kesegaran alami. Selain itu, dengan memperoleh kulit yang cerah merupakan cerminan dari kulit yang sehat.

Artikel terkait: Manfaat Buah Mangga

Selain 8 khasiat dan manfaat bacang yang telah disebutkan diatas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah bacang yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah bacang:

9. Membantu Menetralisir Racun (Detoksifikasi)

10. Dapat Digunakan dalam Menu Diet

11. Meredakan Demam

12. Mencegah Kulit Kering


PERHATIAN DALAM MENGOLAH BUAH BACANG

Pohon bacang akan mengeluarkan getah bening apabila dilukai. Getah ini yang terbilang berbahaya lantaran dapat melukai kulit dan terasa panas. Hal ini juga terjadi saat mengupas buahnya, dari buah akan keluar getah yang juga dapat menyebabkan gatal, rasa panas, dan bengkak pada kulit. Oleh karena itu disarankan agar mengupas kulit buah bacang lebih dalam ketika akan mengonsumsinya agar tidak ada sisa getah yang menempel pada buah.


EFEK SAMPING BUAH BACANG

Pada dasarnya buah bacang akan aman dikonsumsi dan memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Tetapi terdapat hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah kemungkinan terjadinya efek samping yang berbahaya.

Misalnya saja bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan seperti sakit maag, disarankan untuk menghindari mengonsumsi buah ini. Hal ini dikarenakan bacang memiliki kadar asam yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan naiknya kadar asam lambung.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah bacang untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Legundi atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.