10 Khasiat Mangga Untuk Kesehatan

Mangga memiliki berbagai jenis berdasarkan warna, bentuk, rasa, dan ukuran biji. Sementara warna kulit juga dapat bervariasi dari hijau ke kuning, oranye, atau merah. Buah mangga kaya akan serat, jadi jika anda mengkonsumsi setidaknya satu mangga kedalam program diet anda dalam setiap hari, akan memberikan efek mencegah sembelit. Selain itu, manfaat mangga untuk kesehatan pun sangat beragam karena buah mangga mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral.

10 Khasiat dan Manfaat Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat Mangga Untuk Kesehatan

Konsumsi buah-buahan dan sayuran dari semua jenis telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko terhadap berbagai kondisi kesehatan terkait dengan gaya hidup. Beberapa kebaikan yang bisa diperoleh dari khasiat mangga adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah mangga dapat melindungi terhadap kanker usus besar, kanker payudara, leukemia dan kanker prostat.

2. Meningkatkan Berat Badan

Jika anda ingin menaikkan berat badan, konsumsi buah mangga adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. Karena 150 g mangga memiliki sekitar 86 kalori yang mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, mangga mengandung zat tepung yang dapat berubah menjadi gula yang membantu dalam kenaikan berat badan.

3. Melancarkan Pencernaan

Buah mangga memiliki peran penting dalam menghilangkan masalah, seperti gangguan pencernaan dan kelebihan tingkat keasaman. Enzim yang terdapat dalam mangga dapat membantu untuk mendapat pencernaan yang lebih baik.

Bahan-bahan bioaktif yang terkandung dalam buah mangga juga berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

4. Membantu Menyembuhkan Anemia

Buah mangga kaya akan zat besi, yang membuatnya bermanfaat bagi orang yang menderita anemia. Dengan mendapatkan asupan rutin dari buah mangga dapat membantu untuk menghilangkan anemia dengan cara meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

5. Menghilangkan Jerawat

Mangga sangat efektif dalam mengobati jerawat dengan membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Setalah pori-pori ini terbuka, maka pembentukan jerawat akan berhenti. Karena penyumbatan pori-pori kulit adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan jerawat.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan manfaat mangga untuk menghilangkan jerawat, iris mangga menjadi potongan-potongan kecil, rebus dalam panci dengan tambahan 1 gelas air, tunggu sampai mangga mangga berubah menjadi pasta. Setelah didinginkan, terapkan ke wajah anda sebagai masker. Biarkan selama sekitar 2 jam, lalu bilas dengan air hangat.

6. Memperlambat Tanda Penuaan

Mangga mengandung sejumlah vitamin A dan vitamin C yang tinggi, yang keduanya dapat membantu untuk memproduksi protein kolagen dalam tubuh. Kolagen dapat membantu dalam melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat, sehingga memperlambat proses penuaan alami pada kulit.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti pada manfaat wortel, buah mangga juga kaya akan beta karoten. Kandungan ini membuat mangga dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya tahan terhadap bakteri dan racun.

8. Mencegah Diabetes

Penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih berlanjut, namun beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa mangga dapat menjadi obat alami yang bagus untuk mengatasi diabetes. Selain buah, daun mangga juga dapat membantu dalam proses kesembuhan diabetes.

9. Mencegah Asma

Risiko akan berkembangnya asma akan lebih rendah kepada orang yang mengkonsumsi nutrisi tertentu dengan jumlah tinggi. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang dapat ditemukan pada buah mangga, pepaya, brokoli, melon, labu, dan wortel .

10. Baik Untuk Rambut dan Kulit

Buah mangga juga bagus untuk perawatan rambut anda karena mengandung vitamin A, yaitu nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa mangga memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat mangga untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Manfaat Susu Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

4 Comments