8 Manfaat Buah Sawo Duren untuk Kesehatan

Sawo duren merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di seluruh belahan dunia karena memiliki rasa manis yang banyak disukai oleh banyak kalangan. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat memberikan beragam manfaat baik bagi tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat sawo duren untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

sawo duren
via pinterest.com

Mengenal Sawo Duren

Sawo duren dikenal sebagai Chrysophyllum Cainito berasal dari keluarga Sapotaceae, yang biasanya tumbuh di negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Buah ini memiliki banyak nama lain seperti sawo ijo, sawo apel, sawo hejo, sawo kadu, buah kenitu, dan sawo manila. Dalam bahasa inggris, sawo duren dikenal dengan sebutan star apple atau caimito.

Buah sawo duren biasanya dapat dikonsumsi secara langsung ketika sudah matang. Bagian dagingnya dapat berwarna putih atau keunguan, memiliki tekstur yang lembut, dan banyak mengandung sari buah dengan rasa manis. Ketika buah ini dipotong secara melintang akan terlihat bentuk yang seperti bintang. Hal itulah yang membuat buah ini disebut star apple dalam bahasa Inggris.


Kandungan Gizi Sawo Duren

Secara tradisional, buah sawo duren sering digunakan oleh orang-orang kuno dalam suatu pengobatan dan untuk mencegah berbagai jenis penyakit karena bersifat obat. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari situs purdue.edu , kandungan gizi tersebut antara lain:

  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Lysine
  • Niacin
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Asam Pantotenat
  • Serat
  • Asam Amino
  • Methionine
  • Protein

Disamping itu buah ini juga kaya akan mineral seperti zat besi, tembaga, magnesium, kalsium, seng, mangan, fosfor, dan kalium. Berbagai kombinasi akan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah inilah yang membuatnya menjadi salah satu jenis buah yang menyehatkan. Sekarang, silahkan simak apa saja manfaat sawo duren untuk kesehatan berikut ini.


Manfaat Sawo Duren

Berikut berbagai manfaat sawo duren bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat buah sawo duren yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Di balik rasa buah yang begitu manis, sawo duren memiliki kandungan mineral seperti kalsium dengan kadar yang cukup tinggi. Dimana kalsium berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjadi salah satu jenis buah-buahan yang rendah lemak dan kalori, buah ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan. Selain itu, tingginya jumlah serat dalam buah ini juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu mencegah makan makanan berlebih.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Khasiat sawo duren yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dapat bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat. Selain itu, serat juga dapat membantu mengatasi sembelit serta masalah pencernaan lainnya yang lebih berbahaya, seperti kanker usus besar.

4. Mengontrol Diabetes

Manfaat sawo duren lainnya yang tidak kalah penting yaitu membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Dimana kandungan serat dalam buah ini dapat membantu menjaga gula darah tetap terkontrol. Dengan begitu buah ini merupakan makanan ideal bagi orang yang menderita diabetes.

5. Mengatasi Masalah Menstruasi

Bagi kaum wanita yang sering mengalami nyeri haid sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. Hal ini karena buah ini memiliki suatu kandungan yang dapat berperan penting dalam mengatasi masalah menstruasi tersebut bagi para wanita.

Baca juga artikel terkait buah-buahan:

6. Mencegah Kanker

Manfaat sawo duren yang lainnya yaitu dapat bermanfaat untuk mencegah kanker. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan antioksidan alami yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas sebagai penyebab kanker.

7. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat bermanfaat untuk mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah sawo durian juga dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Maka tak heran bila banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan antioksidan untuk membuat penggunanya terlihat awet muda.

8. Mencegah Anemia

Pada umumnya penyakit anemia terjadi akibat tubuh kekurangan mineral zat besi. Zat besi sangat penting bagi tubuh Anda karena memiliki peran untuk menghasilkan hemoglobin, yaitu sebuah molekul protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk membawa oksidan dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh.

Penyakit anemia sering ditandai dengan kemunculan gejala seperti kelelahan, sesak napas, detak jantung yang cepat, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Kondisi tersebut dapat Anda atasi dengan mengonsumsi suplemen zat besi ataupun mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti buah sawo duren, sayuran hijau, dan buah lainnya.


Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat sawo duren untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kerokan atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
8 Manfaat Sawo Duren untuk Kesehatan - KhasiatSehat.com
Judul Artikel
8 Manfaat Sawo Duren untuk Kesehatan - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Manfaat sawo duren untuk kesehatan meliputi memperkuat tulang dan gigi, menjaga berat badan ideal, kesehatan sistem pencernaan, mengontrol diabetes, mengatasi masalah menstruasi, mencegah kanker, mencegah penuaan dini, dan mencegah anemia
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit