8 Khasiat Bunga Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya tak hanya buahnya yang dapat dikonsumsi, tetapi bagian bunganya pun dapat dikonsumsi. Disamping itu, bunga pepaya pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan meliputi memperlancar pencernaan, mencegah radikal bebas, mengontrol tekanan darah, dan masih banyak lagi yang akan disampaikan dalam artikel ini.

Manfaat Bunga Pepaya

Pepaya merupakan buah berbunga yang termasuk dalam genus Carica. Pada dasarnya, budidaya pepaya dilakukan untuk dipanen buahnya, yang merupakan buah tropis yang paling populer di Amerika Serikat pada urutan ketiga. Seperti yang Anda tahu, buah pepaya sarat dengan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, namun bagian bunganya pun memiliki manfaat yang tak kalah penting dari buah pepaya.

Manfaat Bunga Pepaya

Berikut 8 manfaat bunga pepaya bagi kesehatan :

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Kandungan dalam bunga pepaya, seperti tannin dapat membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh, untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Kandungan gizi pada bunga pepaya dapat membantu fungsi organ pencernaan, yang akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika anak Anda mengalami kesulitan makan, bunga pepaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Penggunaan bunga pepaya untuk tujuan ini, telah dilakukan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Dan hasilnya juga terbukti sangat ampuh untuk mengembalikan nafsu makan.

3. Mencegah Radikal Bebas

Pepaya mengandung unsur-unsur yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan berguna untuk menangkal masuknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas yang berasal dari polusi yang terjadi di lingkungan juga dapat menyebabkan berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, dengan menambahkan bunga pepaya kedalam menu makan Anda secara teratur, dapat membantu untuk menormalkan tekanan darah. Kandungan yang terdapat dalam pepaya juga sangat berguna untuk mengatur sirkulasi darah dalam tubuh.

5. Mencegah Risiko Kanker

Manfaat flavonoid dan senyawa antioksidan yang terkandung dalam bunga pepaya dapat berfungsi untuk menangkal dan mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai macam kanker. Flavonoid dan antioksidan juga memiliki fungsi lain yaitu untuk menjaga stabilitas sistem kekebalan tubuh kita.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti buah pepaya, bunga pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang cukup memadai. Bunga pepaya memiliki manfaat untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya secara teratur dengan pola hidup sehat yang seimbang, maka Anda dapat menurunkan berat badan secara sehat.

7. Membantu Menurunkan Kolesterol

Bunga pepaya juga terbukti kaya akan folat dan antioksidan, yang juga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya, tubuh akan meningkatkan asupan folat dan antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

8. Mencegah Serangan Jantung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat bunga pepaya mengandung sejumlah zat yang dapat membantu memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu akan membantu menjaga kesehatan jantung, dan dapat mencegah serangan jantung.

Baca juga :

  1. Manfaat Buah Pepaya
  2. Manfaat Daun Pepaya
  3. Manfaat Buah Mangga

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa pepaya memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat bunga pepaya untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Madu Hitam Pahit serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat bunga pepaya untuk kesehatan :

inetarticle.com/10-benefits-of-papaya-flower-for-health-and-medicine/

www.articlesofhealthcare.com/9692/5-benefits-of-eating-papaya-flowers.html

www.healthydietbase.com/papaya-leaves-flowers-and-seeds-health-benefits/

image by : www.flickr.com

Silahkan bagikan artikel ini melalui: