10 Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Air kelapa merupakan minuman yang sangat menyegarkan karena air kelapa mengandung elektrolik, gula alami, dan mineral yang baik untuk mengatasi kondisi dehidrasi dalam tubuh manusia, termasuk khasiat air kelapa untuk kesehatan.

10 Manfaat dan Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan, Penting!

Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Air kelapa merupakan penghilang rasa haus yang efektif sebagai alternatif minum air putih biasa. Kandungan air kelapa dikemas dengan nutrisi yang menghasilkan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Hidrasi

Kandungan yang terdapat dalam air kelapa merupakan cara yang lebih efektif untuk mengatasi dehidrasi daripada minum minuman energi. Disini air kelapa berfungsi sebagai media pengganti cairan tubuh yang sangat baik dengan kandungan 294 mg potasium dan 5 mg gula alami per gelas.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa dianggap baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan vitamin C, kalium dan magnesium. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek negatif dari natrium.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan lemak dalam air kelapa sangat rendah, sehingga air kelapa dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa kawatir akan meningkatkan berat badan anda. Khasiat air kelapa juga dapat menekan nafsu makan dan membuat anda merasa kenyang.

4. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Air kelapa memiliki antioksidan, sifat anti – inflamasi, dan antiplatelet, serta dapat membantu meningkatkan sirkulasi. Dengan demikian, air kelapa dapat membantu mengurangi pembentukan plak di arteri dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Catatan:
Anti platelet adalah obat-obat yang menurunkan agregasi platelet dan menghambat pembentukan thrombus di sirkulasi arteri dimana antikoagulan mempunyai efek yang sedikit. (pharmacystore)

5. Mengobati Mabuk

Air kelapa merupakan obat alami untuk mengatasi mabuk, dimana khasiat air kelapa dapat mengisi ulang elektrolit dalam tubuh dan meningkatkan hidrasi, sehingga membuat anda merasa lebih baik.

6. Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala maupun migrain, bisa saja disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Dalam hal ini, air kelapa dapat membantu dalam memasok elektrolit untuk tubuh dan meningkatkan hidrasi. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa magnesium yang terkandung dalam air kelapa dapat membantu mengurangi frekuensi terkena serangan migrain.

7. Mengatur Gula Darah

Air kelapa mengandung asam amino dan serat makanan yang membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena diabetes.

8. Kaya Akan Nutrisi

Tidak seperti minuman lain, air kelapa mengandung lima elektrolit penting yang terkandung dalam tubuh manusia, yaitu : kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan natrium. Karena komposisi yang unik, air kelapa dapat dinikmati oleh individu dengan berbagai kondisi medis.

9. Memperlambat Penuaan

Air kelapa mengandung sitokinin yang memiliki efek anti penuaan pada sel-sel dan jaringan. Hal ini akan mengurangi risiko pengembangan penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif adalah penyakit yang mengiringi proses penuaan. Penyakit ini terjadi seiring bertambahnya usia.

10. Melancarkan Pencernaan

Khasiat air kelapa dapat melancarkan pencernaan, karena kandungan tinggi serat, air kelapa dapat membantu dalam mencegah gangguan pencernaan dan mengurangi terjadinya refluks asam.

Perhatian

  • Air kelapa mungkin tidak cocok untuk mereka yang alergi kacang.
  • Jangan minum air kelapa selama minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan karena dapat mengganggu kontrol tekanan darah selama dan setelah operasi.
  • Orang dengan disfungsi ginjal harus berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsi air kelapa.

Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat / khasiat, terutama khasiat air kelapa untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 9 Khasiat Minum Air Putih Ketika Keadaan Perut Sedang Kosong dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

4 Comments