14 Khasiat Telur Puyuh untuk Kesehatan

Telur puyuh merupakan telur yang dihasilkan dari burung puyuh yang kerap dijadikan bahan makanan di berbagai kuliner dunia, termasuk di Asia, Eropa, dan Amerika. Telur puyuh mengandung banyak nutrisi dan bahkan nilai gizi telur puyuh tiga atau empat kali lebih besar daripada telur ayam. Berikut artikel mengenai manfaat telur puyuh untuk kesehatan.

Hal yang menarik tentang telur puyuh ini ialah bahwa Anda dapat memakannya mentah. Banyak ahli menyarankan agar mengkonsumsi telur puyuh mentah, atau merebusnya sebentar selama kurang dari 30 detik sehingga kuning telur tetap mentah. Karena kadang-kadang panas dari memasak dapat menghancurkan nutrisi yang berharga.

Olahan Telur Puyuh di Berbagai Belahan Dunia

Pada masakan Jepang, telur puyuh disajikan sebagai bagian dari bahan tamago (telur) dalam sushi. Di beberapa kawasan seperti Kolombia, Ekuador dan Venezuela, telur puyuh rebus lazim dijadikan tambahan pada hot dog dan hamburger.

Di Indonesia, telur puyuh yang dikemas sudah umum dijajakan oleh pedagang asongan bersama kacang dan jajanan lain sebagai camilan. Selain itu telur puyuh juga sering disajikan seperti sate (telur puyuh dibumbui dan ditusuk) sebagai makanan pendamping soto dan bubur ayam. Sedangkan di Vietnam, sekantung telur puyuh rebus banyak ditawarkan sebagai teman minum bir.

14 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Telur Puyuh

Berikut 14 manfaat telur puyuh untuk kesehatan:

1. Meningkatkan fungsi otak

Telur puyuh mengandung asam amino dan protein yang besar yang dapat membantu merangsang fungsi otak dan menyehatkan sistem saraf di otak sehingga dapat bekerja lebih baik. Asam amino atau protein dalam telur puyuh juga melindungi dan memperbaiki sel otak dari kerusakan.

2. Mencegah Anemia

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi telur puyuh teratur cenderung memiliki risiko menderita anemia lebih rendah. Telur puyuh mengandung zat besi yang dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia, sedangkan asam amino dalam telur puyuh juga dapat meningkatkan tingkat hemoglobin dalam sel darah merah.

3. Memurnikan Darah

Telur puyuh telah terbukti dapat membantu tubuh untuk menghilangkan logam berat tertentu dan racun seperti merkuri. Asam amino dan komponen lain dari telur puyuh dapat mengikat racun dan membuangnya dari badan, sehingga hal ini membuat telur puyuh berfungsi sebagai pembersih darah.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Tubuh

Protein unsur utama yang diperlukan dalam proses pertumbuhan tubuh terutama pada anak-anak. Telur puyuh kaya akan protein yang bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan organ-organ yang berfungsi dalam tubuh.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Telur puyuh mengandung banyak asam amino termasuk lisin yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Lisin merupakan jenis asam amino yang dikenal dapat meningkatkan produksi antibodi dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

6. Mencegah Diabetes

Penelitian melaporkan bahwa telur puyuh mengandung asam amino terutama yang dapat membantu mengatur tingkat gula darah dan mempertahankan tingkat keseimbangan insulin, sehingga telur puyuh merupakan makanan yang baik untuk mencegah dan mengobati diabetes.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Telur puyuh adalah sumber protein dan asam amino yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah sejenis protein yang diperlukan untuk menjaga lapisan kulit dan mencegah keriput.

8. Kesehatan Mata

Telur puyuh juga mengandung vitamin A yang merupakan bagian penting dari kesehatan organ mata. Untuk menjaga kesehatan mata, mengkonsumsi telur puyuh secara teratur akan sangat membantu terutama untuk mencegah degenerasi makula yang sebagian besar terjadi di usia tua.

9. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Telur puyuh mengandung asam linoleat yang dapat menjaga kesehatan akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Telur puyuh tidak hanya kaya protein tetapi juga kaya asam lemak seperti DHA atau asam Docosahexaenoic. DHA merupakan jenis asam lemak yang dapat membantu dalam menormalkan tekanan darah dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

11. Menjaga Kesehatan Gigi

Telur puyuh (terutama bagian kuning telur) mengandung banyak mineral termasuk seng yang berfungsi menjaga kesehatan gigi.

12. Meringankan Depresi

Telur puyuh tidak hanya mengandung vitamin, mineral, karbohidrat dan protein. Selain itu menurut studi oleh Daniel pada tahun 2010, telur puyuh juga mengandung beberapa hormon yang mengandung sifat anti depresi (hormon P), yang efektif mengurangi depresi terutama pada wanita yang menderita sindrom menopouse.

13. Mengobati Alergi

Biasanya orang akan menderita alergi ketika mereka mengkonsumsi telur. Penelitian telah membuktikan bahwa telur puyuh tidak menimbulkan reaksi alergi karena adanya protein ovomucoid dalam telur puyuh.

14. Mengobati Ulkus Lambung dan Infeksi

Telur puyuh mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam mengobati ulkus lambung atau gastritis. Kandungan asam amino dari telur puyuh juga membantu dalam perbaikan lapisan yang rusak pada perut yang disebabkan oleh infeksi.


Efek Samping Mengkonsumsi Telur Puyuh

Belum ada efek samping yang dilaporkan setelah mengkonsumsi telur puyuh termasuk reaksi alergi, karena telur puyuh tidak menyebabkan reaksi alergi. Namun demikian, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi telur puyuh lebih dari 20 telur per hari.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa telur puyuh memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat telur puyuh untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Bawang serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat telur puyuh :

  • drhealthbenefits.com/food-bevarages/food/health-benefits-of-quail-eggs
  • www.selfgrowth.com/articles/5-health-benefits-of-quail-eggs
  • en.wikipedia.org/wiki/Quail_eggs