12 Khasiat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam merupakan bagian dari tumbuhan suku labu-labuan yang biasa dikonsumsi dengan cara direbus. Seluruh bagian tanaman termasuk buah, batang, dan daun mengandung beberapa nutrisi dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu dalam pengobatan tekanan darah tinggi, batu ginjal, dan gangguan pencernaan. Hal itu hanya sebagian manfaat labu siam yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

12 Khasiat dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Beberapa khasiat labu siam yang akan dijelaskan yaitu untuk kesehatan jantung, mencegah kanker, menambah energi, mencegah sembelit, mencegah timbulnya jerawat, kesehatan tulang, mengobati anemia, membantu menurunkan berat badan, mencegah penuaan dini, mengurangi asupan asam urat dan diabetes, kesehatan ginjal, serta asupan yang baik untuk ibu hamil.

1. Kesehatan Jantung

Labu siam merupakan sumber folat, yaitu sejenis vitamin B yang membantu dalam mencegah kelebihan homosistein. Studi telah menunjukkan bahwa terlalu banyak asam amino ini dalam darah memiliki hubungan dengan risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

2. Mencegah Kanker

Vitamin C dikenal sebagai salah satu antioksidan yang sangat kuat, yaitu zat yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat memperlambat atau bahkan mencegah perkembangan kanker.

3. Memberikan Energi Bagi Tubuh

Labu siam memiliki kandungan mangan. Awali hari anda dengan sarapan telur dadar yang dikombinasikan dengan labu siam. Kadar mangan dapat membantu tubuh dalam mengkonversi protein dan lemak menjadi energi.

4. Mencegah Sembelit

Labu siam mengandung serat yang dapat membantu pembentukan gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh dalam mempertahankan air dan pembersihan usus serta sistem ekskresi secara tuntas. Dengan memiliki pencernaan yang sehat, maka dapat mencegah sembelit.

5. Membantu Mencegah Jerawat

Labu siam merupakan sumber yang baik dalam hal seng, yaitu mineral yang telah terbukti dapat mempengaruhi hormon yang mengontrol produksi minyak pada kulit sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat.

6. Mencegah Tulang Keropos

Labu siam memiliki kandungan vitamin K yang dibutuhkan untuk mengubah protein tulang tertentu sehingga mineral, seperti kalsium, dapat disimpan dengan benar. Studi menunjukkan bahwa vitamin K dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko cedera yang berhubungan dengan tulang dan penyakit seperti osteoporosis.

7. Membantu Mengobati Anemia

Anemia disebabkan oleh Vitamin B2 dan kekurangan zat besi. Dimana labu siam dikemas dengan kandungan Vitamin B2 dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi sel darah merah, dengan demikian dapat meningkatkan kadar hemoglobin.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Labu siam kaya akan serat dan rendah kalori sehingga membuatnya menjadi makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan membuat anda merasa lebih kenyang sehingga dapat membantu anda untuk mencegah makan makanan yang berlebihan.

9. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dalam labu siam, baik untuk menjaga kecantikan kulit dan membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini. Selain itu, labu siam juga memiliki kandungan zat yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik gelap dan kulit kasar.

10. Mengurangi Asupan Asam Urat dan Diabetes

Efek diuretik dari labu siam akan mendorong untuk buang air kecil, sehingga asam urat berlebih dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh. Manfaat labu siam juga baik bagi penderita diabetes, karena labu siam memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga penderita diabetes tidak perlu makan makanan pokok.

11. Kesehatan Ginjal

Dalam labu siang terkandung senyawa tanin, yaitu suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, berasa pahit dan kelat, yang bereaksi dengan dan menggumpalkan protein, atau berbagai senyawa organik lainnya termasuk asam amino dan alkaloid. Kandungan air yang cukup tinggi dari labu siam juga sangat baik dalam menjaga kesehatan ginjal.

12. Asupan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan asam folat dan vitamin dalam labu siam, sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamila . Selain itu, asam folat juga dapat mengurangi risiko terjadinya cacat lahir dan keguguran. Anda dapat mengkonsumsinya saat makan siang atau makan malam, sehingga dapat memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh anda.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa labu siam memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat labu siam untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Buah Kiwi Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

2 Comments