11 Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Jambu biji merupakan buah-buahan tropis yang kaya akan nutrisi. Dengan rasa yang unik dan memberikan banyak manfaat, terkhususnya manfaat jambu biji untuk kesehatan membuatnya menjadi buah-buahan yang banyak dikonsumsi banyak orang diberbagai belahan dunia.

11 Khasiat dan Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Jambu biji yang kaya akan nutrisi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti dapat mencegah diabetes, mengontrol berat badan, kesehatan mata, mencegah kanker, mengobati kudis, hingga mencegah penuaan dini yang akan dijelaskan pada berikut ini.

1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Tingginya tingkat serat makanan yang terkandung dalam jambu biji dapat membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang menurunkan kemungkinan lonjakan glukosa dalam tubuh. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe 2.

2. Menurunkan Berat Badan

Jambu biji tinggi akan serat dan kaya akan vitamin, protein, dan mineral, tetapi tidak memiliki kolesterol dan sejumlah karbohidrat rendah yang dapat dicerna. Jambu biji memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan buah apel , jeruk, anggur, dan buah lainnya. Menambahkan jambu biji dengan ukuran sedang untuk menu makan siang akan membuat anda tidak merasa lapar lagi sampai malam hari.

3. Baik Untuk Penglihatan Mata

Jambu biji merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, dikenal sebagai vitamin yang baik untuk mata. Hal ini dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan masalah kesehatan mata lainnya.

4. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat penting dari jambu adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian penelititan tentang efek jambu ini terutama pada kanker prostat, kanker, payudara, dan kanker mulut.

Jambu biji kaya akan lycopene, yaitu antioksidan kuat yang telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker prostat. Bahwa antioksidan yang sama juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, meskipun perlu penelitian lebih lanjut.

5. Mengobati Kudis

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis, dan asupan yang tepat dari vitamin C adalah salah satu obat alami untuk mengatasi penyakit berbahaya. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan jambu biji mengandung 5x lebih banyak vitamin C dari jeruk.

6. Mengatasi Sembelit

Jambu biji merupakan salah satu sumber terkaya dari serat makanan dalam hal buah-buahan. Sifat jambu membantu pembentukan gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh dalam mempertahankan air dan pembersihan usus dan sistem ekskresi secara tuntas. Dengan pencernaan yang sehat, maka dapat mencegah sembelit.

7. Kesehatan Otak

Manfaat jambu biji lainnya yang luar biasa dari buah jambu biji adalah kehadiran vitamin B3 dan vitamin B6. B3 (dikenal juga sebagai niacin) yang dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang aliran darah dan merangsang fungsi kognitif. B6 merupakan nutrisi yang baik untuk fungsi otak dan saraf. Oleh karena itu, makan jambu biji dapat membantu anda meningkatkan fungsi otak dan mempertajam konsentrasi.

8. Mengobati Batuk dan Flu

Ekstrak jambu biji atau daun jambu biji dapat membantu dalam mengurangi batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, desinfektan saluran pernafasan, tenggorokan dan paru-paru, dan menghambat aktivitas mikroba. Kandungan vitamin C dan zat besi padajambu biji, manjur dalam pencegahan terhadap flu dan infeksi virus.

9. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat jambu biji dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah dari penebalan, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

10. Perlindungan Sinar UV

Jambu biji merah muda mengandung dua kali dibanding jumlah likopen yang terdapat dalam tomat . Lycopene adalah antioksidan yang melindungi kulit anda dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi lingkungan.

11. Mencegah Penuaan Dini

Jambu biji merupakan sumber yang kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan potasium yang merupakan antioksidan yang baik dan berperan sebagai detoksifitasi. Hal ini berfungsi untuk melawan radikal bebas, sehingga menjaga kulit tetap bercahaya dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis garis halus.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa jambu biji memiliki banyak manfaat, terkhususnya khasiat jambu biji untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 13 Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
5 Comments