9 Khasiat Minum Air Putih Ketika Perut Sedang Kosong

Air putih merupakan minuman terbaik yang dapat memuaskan dahaga ketika haus, dan minum air pada saat perut kosong dapat mengatasi sebagian besar masalah dalam tubuh. Hampir 70 persen kandungan dari tubuh kita terdiri dari air, dan khasiat air putih sangat baik untuk kesehatan.

9 Khasiat dan Manfaat Minum Air Putih Ketika Perut Sedang Kosong

Khasiat Air Putih Saat Perut Sedang Kosong

Seringkali kita minum air setiap kali kita merasa haus, atau setelah makan, atau minum air putih setelah makan sesuatu yang pedas. Tapi tahukan anda, bahwa minum air putih ketika keadaan perut kosong memberikan banyak manfaat, seperti yang akan dijelaskan pada berikut ini.

1. Mempercepat Metabolisme

Ketika anda sedang diet, minum air pada saat perut kosong dapat membuat diet anda lebih efektif karena dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme seperti pada manfaat kopi hingga 25 persen. Hal ini dapat membantu pencernaan makanan yang lebih cepat, sehingga memberikan manfaat dalam jangka panjang untuk menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, minum setidaknya 4 liter air per hari .

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan minum air secara teratur pada saat perut kosong dapat memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini dapat membantu anda melawan infeksi seperti pada manfaat madu.

3. Memperlancar Pencernaan

Minum air saat perut kosong dapat membantu dalam mengatur saluran pencernaan.

4. Membuang Racun Dari Dalam Tubuh

Setiap kali buang air kecil, maka racun dalam tubuh akan ikut terbuang dalam bentuk cair. Semakin banyak air putih yang anda minum, semakin sering anda pergi ke kamar mandi.

5. Mencegah Migrain dan Masalah Mulut

Salah satu alasan utama seseorang sering menderita sakit kepala dan terkena serangan migrain adalah kurangnya air dalam tubuh. Dehidrasi merupakan penyebab utama dari sakit kepala, dengan minum air yang cukup, terutama pada saat perut kosong, bisa membantu mengatasi sakit kepala secara alami. Selain itu, dengan minum air yang cukup juga membantu dalam menjaga masalah mulut atau gigi.

6. Menurunkan Berat Badan

Minum lebih banyak air saat diet dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan cepat, karena air tidak memiliki kalori sama sekali, dengan minum air yang cukup akan membantu dalam menjaga perut anda penuh. Disamping itu minum air putih yang cukup dapat membantu dalam mempercepat metabolisme, sehingga membantu dalam pembakaran kalori yang lebih cepat.

7. Mempercantik Kulit

Dengan minum air yang cukup, merupakan cara termudah untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya. Noda atau bercak hitam biasanya disebabkan karena akumulasi racun dalam tubuh, dimana air dapat membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh sehingga membuat kulit lebih bersih.

8. Meningkatkan Energi

Ketika anda merasa mengantuk atau lesu, minum air putih pada waktu perut kosong bisa membuat anda merasa segar kembali. Minum air putih dapat merangsang sel-sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat, yang dapat menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

9. Membersihkan Usus Besar

Minum segelas air putih saat perut kosong dapat membantu membersihkan usus besar dan memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih cepat seperti pada manfaat pisang. Hal ini membuat usus dan tubuh lebih sehat.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa minum air putih memiliki banyak manfaat / khasiat ketika keadaan perut sedang kosong. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Jus Apel Untuk Kesehatan dan Nilai Gizinya dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

4 Comments