7 Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Minyak zaitun adalah minyak yang dapat diperoleh dari buah zaitun. Buah zaitun ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Manfaat dan khasiat minyak zaitun dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.

Minyak zaitun dapat biasanya digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Namun, khasiat minyak zaitun juga berperan penting bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi.

7 Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

1. Diet Minyak Zaitun Mengurasi Risko Diabetes Tipe 2

Selama ini diet rendah lemak telah di terapkan untuk mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes. Makanan yang kaya akan lemak tak jenuh dapat ditemukan dalam minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian yang dapat melindungi dari berbagai penyakit kronis.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Diabetes Care menunjukkan bahwa pola diet minyak zaitun dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hampir mencapai 50 persen dibandingkan dengan diet rendah lemak biasa.

2. Minyak Zaitun Dapat Membantu Mencegah Penyakit Stroke

Menurut sebuah studi dari Prancis yang diterbitkan dalam edisi online Neurology, orang tua yang mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari memiliki kemungkinan dapat terhindar dari penyakit stroke.

3. Minyak Zaitun Membuat Jantung Sehat dan Awet Muda

Faktanya bahwa saat kita beranjak tua, jantung juga melewati proses penuaan yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Diet minyak zaitun atau diet lemak tak jenuh ternyata dapat memperlambat penuaan jantung karena dapat meningkatkan fungsi arteri pada usia lanjut.

4. Minyak Zaitun Dapat Melawan Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan penurunan massa tulang, yang menyebabkan penipisan dan pelemahan tulang. Kondisi ini dianggap sangat berbahaya karena efek yang dihasilkannya terhadap pergerakan dan gaya hidup pasien. Pada kenyataannya, suplementasi minyak zaitun ditemukan positif dalam mempengaruhi ketebalan tulang.

5. Minyak Zaitun Dapat Mengurasi Risiko Depresi

Minyak zaitun ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan tubuh, termasuk memberikan khasiat minyak zaitun untuk kesehatan emosional. Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa asupan tinggi dari minyak zaitun dan lemak tak jenuh ganda dapat ditemukan dalam lemak ikan dan minyak nabati yang dikaitkan dengan rendahnya risiko depresi.

6. Minyak Zaitun Dapat Membantu Mencegah Kanker Kulit

Penggunaan tabir surya merupakan cara terbaik untuk mencegah kulit terbakar dan melindungi kulit dari efek berbahaya dari sinar UVA dan UVB sinar matahari. Namun, dengan mengkonsumsi minyak zaitun dan makanan pokok lainnya, bisa membantu mengatasi efek oksidasi dari matahari.

Artikel terkait: Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

7. Minyak Zaitun Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kandungan oleocanthal dalam minyak zaitun extra virgin memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif yang datang karena penuaan. Polifenol minyak zaitun diketahui memiliki antioksidan kuat yang dapat membantu untuk membalikkan kerusakan oksidatif yang terjadi pada proses penuaan.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa minyak zaitun memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, selain kegunaan minyak zaitun untuk kehidupan sehari-hari. Kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

7 Comments