16 Khasiat Kumis Kucing untuk Kesehatan

Kumis kucing merupakan salah satu jenis tanaman obat yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional atau herbal. Dimana kumis kucing paling umum digunakan untuk mengobati sakit ginjal dan memperlancar buang air kecil. Namun tidak hanya itu saja, karena kumis kucing memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Lalu apa saja khasiat dan manfaat kumis kucing untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Kumis Kucing
Kumis kucing via davesgarden.com

Menurut wikipedia, tanaman kumis kucing memiliki nama ilmiah orthosiphon aristatus dan dikenal dengan berbagai nama, seperti kidney tea plants atau java tea (Inggris), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur), dan songot koneng (Madura). Meskipun dikenal dengan berbagai nama, kumis kucing biasa diolah dengan cara yang sama, yaitu sebagai air rebusan daun kumis kucing yang menyehatkan.

Manfaat Kumis Kucing

Berikut 16 manfaat kumis kucing bagi kesehatan:

1. Mengobati Sakit Pinggang

Manfaat kumis kucing yang pertama yaitu dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk air rebusan daun kumis kucing secara rutin. Untuk hasil yang optimal, Anda juga perlu mengimbanginya dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging.

2. Mengobati Rematik

Manfaat kumis kucing yang kedua yaitu dapat digunakan untuk pengobatan rematik dan nyeri pada persendian. Hal ini dikarenakan kumis kucing mengandung kadar kalsium yang cukup tinggi, yang dapat berperan untuk menjaga dan mengembalikan kesehatan tulang Anda.

3. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Seperti yang telah diketahui bahwa tekanan darah tinggi terjadi akibat pola makan yang tidak, mengkonsumsinya makanan yang berlemak secara berlebihan, ataupun karena mendapat asupan garam yang berlebihan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing secara rutin untuk menormalkan tekanan darah.

4. Mengobati Demam dan Masuk Angin

Selain menjalani pola hidup yang lebih sehat, serta menghindari aktivitas berat yang membuat tubuh Anda terlalu lelah. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan kumis kucing agar dapat terhindar dari masuk angin dan digunakan untuk menurunkan demam tinggi.

5. Mengobati Penyakit Albuminuria

Menurut wikipedia, albuminuria adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya albumin (protein) pada urine. Dimana penyakit ini disebabkan karena terjadinya infeksi pada saluran kencing dan melakukan aktivitas atau olahraga berat yang terlalu sering. Untuk mengobatinya, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing secara rutin.

6. Menurunkan Kadar Glukosa Darah

Seperti yang telah diketahui bahwa penyakit diabetes terjadi akibat pola makan yang tidak sehat, asupan gula di dalam tubuh yang berlebihan, dan rendahnya produksi hormon insulin. Untuk mengobati diabetes dengan menggunakan kumis kucing, Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk air rebusan daun kumis kucing dan menghindari makanan yang mengandung gula untuk menjaga kadar gula darah.

7. Mengobati Rasa Gatal Akibat Alergi

Khasiat kumis kucing yang berikutnya yaitu dapat digunakan sebagai pengobatan rasa gatal akibat alergi. Anda dapat meminum ramuan yang terbuat dari air rebusan daun kumis kucing secara rutin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang selanjutnya dapat mencegah dan mengobati gatal akibat alergi.

8. Mencegah dan Mengobati Sembelit

Seperti yang Anda tahu, bahwa sembelit merupakan suatu kondisi yang membuat Anda sulit buang air besar. Untuk mencegah sembelit, Anda dapat memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat, minum air putih yang cukup, serta olahraga. Disamping tersebut, ramuan yang terbuat dari daun kumis kucing juga dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit.

Artikel terkait tanaman obat:

Selain 8 manfaat daun kumis kucing yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari daun kumis kucing yang perlu untuk Anda ketahui. Berikut berbagai manfaat daun kumis kucing lainnya:

9. Mengobati Batu Ginjal

10. Mengobati Sakit Asam Urat

11. Mengatasi Keputihan pada Wanita

12. Mengobati Sakit Syphilis

13. Menyembuhkan Radang Ginjal

14. Mengobati Sakit Batuk

15. Memperlancar Pengeluaran Air Kemih (Diuretik)

16. Memperlancar Haid pada Wanita


Efek Samping Kumis Kucing

Pada dasarnya tanaman kumis kucing sebagai tumbuhan obat dapat memberikan beragam khasiat dan manfaat dalam menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Namun kumis kucing ternyata juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Sakit Perut
  • Keracunan
  • Sesak Nafas
  • Menyebabkan Darah Rendah

Berbagai efek samping tersebut dapat terjadi karena pemakaian yang tidak sesuai anjuran atau konsumsi yang berlebihan. Selain itu, ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk tidak menggunakan kumis kucing sebagai pengobatan. Oleh karena itu, dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan kumis kucing sebagai pengobatan merupakan langkah yang tepat.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman kumis kucing memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Pinang atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.