9 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Asam folat merupakan jenis vitamin B yang dapat berperan dalam membantu tubuh Anda memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru, serta dapat membantu mencegah perubahan DNA yang dapat menimbulkan kanker. Tidak hanya itu saja, asam folat ternyata memiliki beragam manfaat lainnya. Lalu apa saja manfaat asam folat untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Asam Folat
Ilustrasi manfaat asam folat

Manfaat Asam Folat

Berikut 9 manfaat asam folat untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Mencegah Anemia

Manfaat asam folat yang pertama yaitu memiliki fungsi dalam membentuk sel darah merah. Jika asam folat dalam tubuh tidak tercukupi, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal, yang selanjutnya dapat memicu timbulnya penyakit anemia.

2. Memproduksi dan Memperbaiki DNA

Asam folat bekerjasama dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, serta membentuk protein baru. Senyawa protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA. Selain memproduksi, asam folat juga memiliki peran penting dalam memperbaiki DNA dan RNA.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam folat juga dapat membantu jantung agar tetap sehat dan dapat berfungsi secara optimal. Dimana kekurangan folat dapat menyebabkan peningkatan risiko terhadap penyakit jantung koroner, komplikasi, dan stroke. Selain itu, folat juga dapat membantu menghilangkan homosistein, yaitu senyawa beracun yang dapat menyebabkan kerusakan pada arteri.

4. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Asam folat ternyata dapat berfungsi sebagai peningkat daya ingat. Sering mengalami mudah lupa merupakan suatu pertanda bahwa terdapat suatu gangguan pada aliran oksigen dan aliran sel darah merah ke otak. Hal ini dapat Anda atasi diatasi dengan cara mendapat asupan asam folat yang cukup.

5. Mengatasi Depresi

Terdapat temuan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa orang yang kekurangan asam folat akan mudah mengalami depresi. Tidak hanya itu saja, penelitian tersebut juga menyatakan bahwa mendapat asupan asam folat yang cukup ternyata dapat digunakan untuk mengatasi depresi pada manusia.

6. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Asam folat yang dikonsumsi oleh tubuh dapat berfungsi sebagai media detoks. Seperti yang Anda ketahui bahwa detoksifikasi merupakan proses mengeluarkan atau mengurangi kadar racun yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

7. Mencegah Penyakit Alzheimer

Sebuah studi yang dilakukan di California menunjukkan bahwa pria yang memiliki sedikitnya 400 mcg asam folat didalam tubuhnya secara signifikan dapat terhindar dari penyakit alzheimer. Hal ini dikarenakan asam folat dapat berfungsi dalam mencegah kerusakan otak dan cacat otak, misalnya saja seperti kerusakan otak yang disebabkan karena penyakit alzheimer.

8. Mencegah Osteoporosis

Manfaat asam folat untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat berguna untuk mencegah tulang keropos (osteoporosis). Tidak hanya itu saja, asam folat juga mampu menurunkan kadar homosistein di dalam tubuh sebagai penyebab timbulnya penyakit osteoporosis.

9. Baik untuk Ibu Hamil

Kurangnya asupan asam folat selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan sumsum tulang belakang. Dimana hal ini dapat mengakibatkan kelumpuhan, kerusakan otak, hingga keguguran pada janin yang dikandung. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat tentu sangat penting bagi ibu hamil.


MAKANAN KAYA AKAN ASAM FOLAT

Pada dasarnya terdapat banyak jenis makanan yang mengandung asam folat dengan kadar yang cukup tinggi. Beberapa jenis makanan kaya asam folat tersebut antara lain:

Artikel terkait: Manfaat Vitamin B

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat asam folat untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment