11 Khasiat Vitamin C untuk Kesehatan

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, banyak terkandung dalam sayuran dan buah buahan. Vitamin C merupakan sebuah vitamin yang larut dalam air dan berperan sebagai antioksidan yang kuat, yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga mampu memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut artikel mengenai manfaat vitamin C untuk kesehatan.

Manfaat Vitamin C

Berapa banyak vitamin C yang dibutuhkan?

Jumlah vitamin C yang dibutuhkan orang-orang akan berbeda dari yang satu dengan yang lain, dengan faktor-faktor seperti usia dan kondisi. Menurut National Institutes of Health (NIH), asupan harian vitamin C yang direkomendasikan untuk orang dewasa di atas usia 19 tahun adalah:

  • Laki-laki, 90 mg per hari
  • Wanita, 75 mg per hari
  • Wanita hamil, 85 mg per hari
  • Wanita menyusui, 120 mg per hari

Untuk anak-anak dan remaja adalah:

  • Balita berusia 1-3 tahun, 15 mg per hari
  • Anak-anak berusia 4-8 tahun, 25 mg per hari
  • Anak-anak berusia 9-13 tahun, 45 mg per hari
  • Remaja laki-laki berusia 14-18 tahun, 75 mg per hari
  • Remaja perempuan berusia 14-18 tahun, 65 mg per hari

Sumber Vitamin C

Vitamin C mudah diperoleh melalui konsumsi buah buahan dan sayur sayuran. Beberapa sumber vitamin C yang baik, yaitu:

Buah Buahan

Buah Jambu, Buah Melon ( Termasuk Buah Semangka dan Buah Blewah ), Buah Jeruk ( Termasuk Buah Lemon dan Buah Jeruk Nipis ), Buah KiwiBuah PepayaBuah Strawberry, dan lain-lain.

Sayur Sayuran

BrokoliKubisKembang KolKangkungBayam, Asparagus,  dan lain-lain.

Manfaat Vitamin C

Berikut 11 manfaat vitamin C bagi kesehatan :

1. Membantu Mencegah Pilek

Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat melindungi dari sakit pilek dan batuk. Vitamin C juga dapat mempermudah penyerapan zat besi, oleh karena itu vitamin C dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan infeksi dan virus.

2. Mencegah Kanker

Para peneliti telah menyatakan bahwa mengkonsumsi sayuran segar dan buah buahan memiliki hubungan dengan meminimalkan risiko terhadap berbagai jenis kanker. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin C terhubung dengan penurunan risiko kanker paru-paru, mulut, dan usus besar.

3. Mencegah Stroke

Vitamin C juga dapat membantu dalam mengurangi risiko stroke. Mengkonsumsi sayur sayuran dan buah buahan dapat memberikan asupan yang baik dari vitamin C, yang juga dapat mempertahankan tingkat tekanan darah yang normal sehingga dapat mencegah stroke.

4. Mood yang Lebih Baik

Vitamin C memainkan peran kunci dalam produksi neurotransmiter, seperti norepinefrin, yang dapat berperan dalam mempengaruhi suasana hati seseorang dan sangat penting untuk berfungsinya otak.

5. Mencegah Penuaan Dini

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikatikan dengan kemungkinan lebih rendah mengalami penuaan dini.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan

Vitamin C merupakan faktor penting yang diperlukan untuk produksi kolagen. Oleh karena itu, vitamin C sangat membantu dalam proses penyembuhan luka dari berbagai kondisi. Seperti luka ringan untuk luka dalam, patah tulang, dan luka bakar. Dengan begitu vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan dan membantu Anda untuk pulih lebih cepat.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dengan tercukupi asupan vitamin C pada tubuh dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tubuh, dan mengurangi kemungkinan hipertensi serta masalah kesehatan lain yang terkait dengan tekanan darah tinggi.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Vitamin C pada buah buahan terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan yang sehat. Beberapa peneliti telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin C pada buah dapat menurunkan insulin. Sehingga, bukan menyimpan gula dan mengubahnya menjadi lemak, tetapi sebagai bahan bakar yang mengarah ke penurunan berat badan.

9. Mencegah Katarak

Pupil mata membutuhkan vitamin C untuk dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan katarak, yang menyebabkan pandangan menjadi kabur dan mengarah kebutaan yang sering dialami orang dewasa. Sehingga dengan tercukupi asupan vitamin C dapat mencegah katarak.

10. Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes juga dapat memperoleh keuntungan dari vitamin C, karena dapat membantu dalam mengatur kadar gula darah dan juga melindungi terhadap komplikasi diabetes.

11. Mencegah Asma

Asam askorbat atau vitamin C juga dapat membantu untuk mengurangi gejala asma. Vitamin C dapat membantu untuk melindungi tubuh terhadap efek berbahaya dari polusi dalam tubuh manusia, yang sering menyebabkan gejala asma.

Peringatan dan Efek Samping Vitamin C

Ketika dikonsumsi dan mendapat asupan vitamin C sesuai dosis yang dianjurkan atau tidak berlebihan, vitamin C umumnya dianggap aman. Namun, menurut situs drweil, asupan vitamin C yang berlebihan (lebih besar dari 2.000 mg/hari) dapat mengakibatkan pembentukan batu ginjal, serta menyebabkan diare, mual, dan gastritis.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa vitamin memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat vitamin C untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Omega 3 serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat vitamin C untuk kesehatan :

www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c#1

www.organicfacts.net/health-benefits/vitamins/health-benefits-of-vitamin-c-or-ascorbic-acid.html

www.drweil.com/vitamins-supplements-herbs/vitamins/vitamin-c-benefits/

www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-vitamin-c-for-skin-hair-and-health/#gref

www.thehealthsite.com/fitness/health-benefits-of-vitamin-c-sh214/

www.globalhealingcenter.com/natural-health/benefits-of-vitamin-c/

One Comment