12 Khasiat Daun Selada untuk Kesehatan

Selada (Lactuca sativa) merupakan tanaman tahunan yang menjadi bagian dari keluarga Asteraceae. Daun selada paling sering digunakan untuk salad, sup, sandwich dan juga dapat di panggang. Selain penggunaan utamanya sebagai pelengkap makanan, selada telah digunakan untuk kepentingan keagamaan dan obat selama berabad-abad yang lalu. Berikut artikel mengenai manfaat daun selada untuk kesehatan.

Asal Usul Selada

Budidaya selada pertama kali dilakukan di Mesir kuno untuk produksi minyak dari bijinya. Tanaman ini mungkin secara selektif dibesarkan oleh orang Mesir menjadi tanaman yang ditanam untuk dimakan daunnya pada awal 2680 SM. Selada dianggap sebagai tanaman suci dari reproduksi dewa Min dan sering digunakan dalam upacara keagamaan.

Selada dibudidayakan oleh orang-orang Mesir dan kemudian diperkenalkan kepada orang Yunani dan Romawi. Selanjutnya selada mulai muncul dalam berbagai tulisan di abad pertengahan, terutama manfaatnya sebagai ramuan alami.

Selada pertama kali dibawa ke Amerika dari Eropa oleh Christopher Columbus pada akhir abad ke-15 dan antara akhir abad ke-16 dan awal abad ke-18, banyak varietas selada yang dikembangkan di Eropa, khususnya di Belanda. Selada sangat mudah tumbuh, pada akhir abad ke-19 selada sudah berkembang begitu pesat dengan berbagai jenis varietas. Berikut ini beberapa khasiat daun selada bagi kesehatan.

12 Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Daun Selada

Berikut 12 manfaat selada untuk kesehatan.

1. Mengontrol Peradangan

Selada memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam mengendalikan peradangan. Dalam model eksperimental, ekstrak daun selada telah menunjukkan kekuatan pengendali signifikan atas peradangan yang disebabkan oleh biocatalysts seperti lipoxygenase dan karagenan.

2. Melindungi Sel Neuron

Neuron adalah sel-sel otak yang membentuk koneksi fisik untuk membuat memori. Kematian neuron pada sambungan tertentu dapat mengakibatkan hilangnya memori. Dalam beberapa kasus ekstrim, kematian neuronal signifikan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit seperti Alzheimer. Ekstrak dari daun selada memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat untuk penyakit neurodegenerative.

3. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Selada dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol yang sering menyebabkan penyakit jantung dan kondisi berbahaya lainnya. Kadar kolesterol tinggi, terutama LDL atau kolesterol jahat sangat berbahaya karena dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

4. Mencegah Radikal Bebas

Penelitian telah menunjukkan bahwa selada memiliki antioksidan yang bertindak sebagai penghambat radikal bebas yang dapat menyebabkan sel-sel sehat menjadi sel kanker.

5. Kesehatan Mata

Selada mengandung beta-karoten tinggi, yang membuat mata sehat dan mencegah berbagai jenis gangguan mata. Makan selada dapat membantu mencegah degenerasi makula mata. Hal ini juga berguna untuk pencegahan katarak.

6. Menurunkan Berat Badan

Selada adalah penurun berat badan yang sangat baik bagi orang-orang yang mengalami obesitas dan kelebihan berat badan. Selada memiliki kalori dan gula yang sangat sedikit dan tidak mengandung banyak lemak sehingga mengontrol obesitas. Selain itu, selada juga kaya serat sehingga akan membuat Anda merasa kenyang.

7. Kesehatan Kulit

Stres, polusi dan pola makan yang buruk adalah penyebab dari banyak masalah kulit. Makan selada membantu dalam mencegah dan menyembuhkan masalah ini. Selada memiliki banyak nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit bebas dari penyakit.

Selada memiliki banyak vitamin seperti Vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang dapat membantu menyembuhkan masalah kulit akibat paparan sinar matahari. Selada juga bermanfaat meningkatkan produksi kolagen yang menjagakesehatan kulit.

8. Mencegah dan Mengobati Anemia

Selada dapat membantu mencegah dan mengobati anemia. Selada juga mengandung zat besi yang membantu pasien anemia dalam mengatasi penyakit mereka. Zat besi membantu dalam meningkatkan produksi darah, transportasi nutrisi dan oksigen dalam tubuh.

9. Kesehatan Tulang

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan tulang Anda, Anda dapat memulainya dengan makan selada. Selada kaya akan kalsium, nutrisi yang diperlukan untuk membuat tulang sehat. Sayur selada juga dapat membantu mencegah penyakit tulang.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selada membantu dalam mencegah dan menyembuhkan penyakit jantung karena selada memiliki nutrisi seperti kalium yang mencegah kenaikan tekanan darah. Selain itu selada juga mengandung serat, yang membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah di jantung, mengandung Vitamin C yang merupakan vitamin yang baik bagi jantung, mengandung beta-karoten yang mencegah pengendapan plak di dalam hati, dan mengandung Vitamin K, yang mencegah aterosklerosis. Oleh karena itu, makan selada dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

11. Mengatasi Penuaan Dini

Selada memiliki sifat anti-penuaan, yang membantu dalam mencegah dan menyembuhkan masalah yang disebabkan oleh penuaan dini. Selada kaya akan nutrisi yang dikenal sebagai zeaxanthin, yang merupakan nutrisi antioksidan.

12. Kesehatan Rambut

Selada memiliki nutrisi yang membantu dalam membuat rambut sehat. Mineral  yang ada dalam selada termasuk sulfur, silikon, fosfor sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan membantu mencegah rambut rontok.


Efek Samping Selada

Selada mungkin tidak cocok untuk semua orang. Karena selada dapat menyebabkan nyeri di perut. Bahkan ternyata mengkombinasikan selada dan roti sangat buruk karena keduanya tinggi serat. Gas dapat terjebak dalam usus. Dimana hal ini akan menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan. Sebagian besar rasa sakit yang dirasakan adalah rasa nyeri.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daun selada memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun selada untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Pala serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daun selada :

  • en.wikipedia.org/wiki/Lettuce
  • www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-lettuce.html
  • herbpathy.com/Uses-and-Benefits-of-Lettuce-Cid2914
  • www.diyhealthremedy.com/15-amazing-health-benefits-of-lettuce/
2 Comments