10 Khasiat Daun Bambu untuk Kesehatan

Bagi masyarakat Asia, bambu telah dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Negara-negara seperti Cina, Korea Selatan dan bahkan Jepang telah mengkonsumsi bambu sejak zaman kuno. Hampir semua bagian dari pohon bambu dapat digunakan, tak terkecuali daun bambu. Berikut artikel mengenai manfaat daun bambu untuk kesehatan.

Manfaat Daun Bambu

Bagian dari pohon (batang) bambu dapat digunakan untuk material membuat rumah, perabot rumah tangga, kerajinan, dan berbagai jenis alat kesenian. Sedangkan tunasnya atau rebung dapat menjadi hidangan lezat yang kaya akan berbagai nutrisi. Daun bambu yang terlihat seperti tidak memiliki manfaat, tetapi ternyata setelah diproses dapat dimanfaatkan untuk pengobatan beberapa penyakit.

Daun bambu segar kaya akan serat, antioksidan dan berbagai senyawa yang tidak dapat ditemukan pada tanaman lain. Namun, pengolahan daun bambu segar tidak dapat dilakukan secara manual. Pengolahan daun bambu sering diolah menjadi produk minuman seperti teh. Berikut ini beberapa manfaat daun bambu bagi kesehatan.

Manfaat Daun Bambu

Berikut 10 manfaat daun bambu bagi kesehatan :

1. Kesehatan Pencernaan

Daun bambu mengandung serat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit dan masalah perut.

2. Kesehatan Pernapasan

Teh daun bambu yang dicampur dengan madu dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah pernapasan karena mengandung protein, vitamin, mineral, asam amino, karbohidrat dan senyawa menguntungkan lainnya.

3. Anti-tumor

Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa ekstrak daun bambu dapat memberikan efek anti-tumor.

4. Mengontrol Gula Darah

Daun bambu telah terbukti secara efektif dapat menurunkan dan  menyeimbangkan tingkat gula darah karena adanya kandungan serat di dalamnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa daun bambu mengandung serat larut yang berguna untuk mengontrol gula darah dan membantu detoksifikasi.

Baca juga : Manfaat Rebung

5. Mencegah Radikal Bebas

Daun bambu mengandung antioksidan yang sangat efektif untuk mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Selain itu, beberapa studi juga menunjukkan bahwa mineral dan vitamin  pada daun bambu juga berfungsi mencegah serangan radikal bebas.

6. Kesehatan Kuku dan Rambut

Pohon bambu sebagian besar tumbuh tanpa bahan kimia atau pestisida. Itulah sebabnya bambu sangat baik untuk dikonsumsi sebagai obat alami. Beberapa studi juga mengungkapkan bahwa daun bambu mengandung silika yang dapat memperkuat semua sel tubuh manusia terutama bagi kesehatan kuku dan rambut. Kandungan vitamin E dan senyawa antioksidan pada daun bambu mampu meningkatkan pertumbuhan jaringan rambut baru yang lebih subur dan memperkuat lapisan kuku.

7. Baik Untuk Wanita Hamil

Teh daun bambu dapat mencegah hypothyroxinemia ibu selama masa kehamilan. Hal ini akan membantu perubahan morfologi di otak janin dan dapat memerangi masalah seperti autisme. Mengkonsumsi daun bambu dan tunas bambu sangat penting untuk memperkuat sel-sel saraf bayi dan mencegah cacat lahir.

8. Anti-bakteri

Daun bambu sangat bermanfaat sebagai antibakteri terhadap aureus staphylococcus yang berasal dari produk kosmetik karena hal tersebut akan menyebabkan jerawat, komedo, selulitis dan bahkan alergi. Anda dapat menggunakan daun bambu yang akan diekstraksi dengan air panas dan meminumnya seperti ketika minum teh.

9. Membantu Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Zat isoorientin yang ada dalam daun bambu dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Penelitian tentang manfaat ini juga telah dilakukan oleh para ahli medis di Cina dan Jepang.

10. Meringankan Nyeri Haid

Ketika haid maka biasanya wanita akan merasa tidak nyaman terutama karena sakit perut, nyeri punggung, nyeri tulang, dan penurunan kadar hemoglobin sehingga tubuh menjadi lemah. Untuk mengatasi masalah ini maka dapat menggunakan rebusan daun bambu segar sebanyak 5 lembar, lalu dicuci sampai bersih. Kemudian direbus dengan air sebanyak 4 cangkir hingga menjadi satu gelas. Setelah itu, minum di malam hari sebelum tidur.


Efek Samping Mengkonsumsi Daun Bambu

1. Bagi Anda yang mudah mengalami alergi maka mengkonsumsi daun bambu hendaknya lebih berhati-hati karena daun bambu juga dapat menyebabkan alergi yang pada kasus ekstrim dapat membahayakan kesehatan.

2. Daun bambu memang bermanfaat bagi perkembangan janin, akan tetapi konsumsi yang berlebihan juga dapat membahayakan kehamilan Anda dan bahkan dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jumlah asupan daun bambu.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daun bambu ini memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun bambu untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Tanaman Pacar Kuku serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daun bambu bagi kesehatan :

drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-bamboo-leaves

hanchunk.blogspot.co.id/2015/04/bamboo-leaves-benefits-for-health.html

One Comment