10 Khasiat Tanaman Pacar Kuku untuk Kesehatan

Pacar kuku merupakan tanaman berbunga dan satu-satunya spesies dari genus Lawsonia. Tanaman pacar kuku atau biasa juga disebut tanaman pacar henna telah digunakan sejak zaman kuno untuk mewarnai tangan ( henna tangan ), kulit, rambut dan kuku ( kutek kuku atau henna kuku ), serta kain termasuk sutra, wol dan kulit. Berikut ini artikel mengenai beberapa manfaat tanaman pacar kuku yang belum banyak diketahui.

Manfaat Tanaman Pacar Kuku

Asal Usul Tanaman Pacar Kuku

Secara historis, pacar kuku berasal dari Semenanjung Arab, Asia Selatan, bagian dari Asia Tenggara, Carthage, bagian lain dari Afrika Utara dan Tanduk Afrika. Pacar kuku telah digunakan sebagai pewarna rambut kosmetik selama 6.000 tahun sejak masa Mesir Kuno.

Di Eropa, pacar kuku sangat populer di kalangan wanita yang dihubungkan dengan gerakan estetika dan seniman Pre-Raphaelite dari Inggris di tahun 1800-an. Kini, di Indonesia sendiri pacar kuku telah menjadi salah satu seni indah yang tidak mengenal batas dalam budaya, etnis, gender, agama atau keyakinan spiritual.

Manfaat Tanaman Pacar Kuku

Berikut 10 manfaat tanaman pacar kuku bagi kesehatan :

1. Penyembuhan Luka

Salah satu penggunaan yang paling menonjol dari pacar kuku adalah untuk melindungi kulit terhadap infeksi dan menghilangkan peradangan. pacar kuku telah banyak digunakan untuk mengobati luka bakar, luka, dan goresan karena memiliki kemampuan pendinginan alami yang benar-benar dapat menyerap panas dari kulit. Hal ini juga membuat pacar kuku sangat berguna sebagai sunburn yang dalam kapasitasnya sama seperti gel lidah buaya. Baca juga : Manfaat Lidah Buaya

2. Membantu Menurunkan Demam

Sifat pendinginan alami pacar kuku juga membuat pacar kuku memiliki kemampuan untuk menurunkan demam, seperti yang telah diterapkan pada pengobatan Ayurvedic. Disamping itu, pacar kuku dapat menginduksi keringat yang akan mempercepat proses penyembuhan demam.

3. Membantu Mengobati Sakit Kepala

Efek anti-inflamasi yang ditemukan dalam pacar kuku dapat membantu mengurangi ketegangan dan memperlancar aliran darah yang sehat di kapiler, yang merupakan penyebab umum sakit kepala dan migrain.

4. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam tanaman pacar kuku ini sangat bermanfaat untuk masalah tulang dan otot yang dapat mengakibatkan peradangan yang menyakitkan di banyak bagian tubuh yang berbeda. Dengan menerapkan minyak pacar kuku ke daerah meradang, akan mengurangi gejala yang dirasakan akibat peradangan tersebut.

5. Kesehatan Kulit

Efek anti-virus dan anti-bakteri dalam pacar kuku dapat membantu melindungi organ-organ penting pada tubuh, khususnya kulit. pacar kuku dapat mengurangi tanda-tanda penuaan atau keriput serta menyamarkan bekas-bekas luka yang sulit dihilangkan.

6. Mengatasi Masalah Tidur

Minyak pacar kuku dapat membantu Anda mengurangi gangguan tidur, seperti insomnia atau kegelisahan kronis. Dengan minyak pacar kuku, Anda dapat menenangkan tubuh dan pikiran, sehingga Anda akan merasa rileks sebelum tidur.

7. Kesehatan Hati

Tanaman pacar kuku turut berperan menjaga kesehatan limpa dan hati. Hal ini dapat diterapkan dengan cara merendam kulit atau daun pacar kuku dalam air dan kemudian meminumnya. Dengan demikian, tanaman pacar kuku akan membantu menghilangkan racun yang ada dalam tubuh sehingga mengoptimalkan fungsi hati.

8. Kesehatan Rambut

Pacar kuku telah terbukti dapat meningkatkan kekuatan rambut dan karena pacar kuku merupakan pewarna rambut alami yang aman yang tidak mepengaruhi kesehatan folikel rambut. Pacar kuku juga membantu menutup kutikula rambut, mencegah kerontokan rambut atau kebotakan.

9. Kesehatan Kuku

Pacar kuku juga bermanfaat mencegah kuku retak dan mengurangi peradangan yang terjadi pada kuku. Hal ini akan turut mecegah iritasi, nyeri, dan infeksi pada kuku.

10. Menjaga Tekanan Darah

Pacar kuku memiliki efek hipotensi yang mengurangi stres pada sistem kardiovaskular dan efektif menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat membantu mencegah plak, mencegah serangan jantung dan mencegah stroke.


Efek Samping Tanaman Pacar Kuku

Pacar kuku merupakan tanaman yang sangat aman dan tidak beracun, akan tetapi juga memiliki beberapa potensi alergi, sebagaimana dibuktikan oleh ruam kulit dan ketidaknyamanan internal bagi beberapa pengguna. Oleh karena itu sebelum mengkonsumsi pacar kuku atau obat herbal lainnya untuk kepentingan rutinitas Anda, sebaikknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli medis.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa pacar kuku atau pacar henna ini memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat tanaman pacar kuku untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Kacang Edamame serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat tanaman pacar kuku untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/other/henna.html

en.wikipedia.org/wiki/henna

hennaartconnection.com/history-of-henna